suku bunga kpr

Suku bunga KPR menjadi salah satu bagian terpenting dalam mengambil keputusan untuk beli rumah secara kredit.

Pasalnya, bunga merupakan hal yang sangat sensitif, sekalipun konsumen diharuskan untuk mencari yang paling rendah supaya lebih menguntungkan.

Perlu diketahui, acuan suku bunga KPR pada tahun ini turun menjadi 3,75% sejak 20 Januari 2020, sehingga menjadi lebih elastis.

Bukan hanya faktor acuan suku bunga saja, efek pandemi juga menjadi hal terpenting sehingga penurunan tingkat suku bunga menjadi lebih elastis, sekalipun lebih kompetitif untuk pembeli rumah.

Untuk meningkatkan daya beli masyarakat terhadap hunian, ada beberapa referensi bank yang melakukan berbagai strategi dan promosi untuk meningkatkan jumlah nasabah KPR dengan bunga menarik.

Lantas, bank mana saja yang memberikan program kredit rumah terbaik untuk jangka panjang? Simak pembahasannya bersama-sama!

Daftar suku bunga KPR terupdate 2021 dari beberapa bank umum di Indonesia

Sebagai referensi, ada beberapa daftar bank penyedia KPR yang bisa kamu jadikan pilihan untuk beli rumah baru sebagai berikut : 

1. Bank Mandiri 

Pada bulan Januari 2021, Bank Mandiri menawarkan suku bunga KPR yang cukup kompetitif untuk calon pembeli properti dengan promo yang cukup menarik.

Pasalnya, KPR Bank Mandiri menawarkan suku bunga fix mulai dari 4,59% untuk angsuran satu tahun, 5,99% untuk fix tiga tahun,6,88% fix lima tahun. 

Sementara, untuk angsuran selama 10 tahun, Bank Mandiri memberikan promo mulai 8,88% fix dan 9,99% fix. 

Batas promo dan pencairan KPR fix tersebut memiliki syarat dan ketentuan berlaku dengan akhir program sampai 31 Januari 2021.

2. Bank Maybank 

Maybank Indonesia menawarkan suku bunga KPR yang cukup menjanjikan baik untuk pembelian rumah baru, take over maupun top up KPR.

Salah satu promosi yang bisa kamu aplikasikan adalah special rate mulai dari 4,99% yang berlaku sampai 31 Januari 2021 khusus untuk fix dan floating. 

Ada beberapa pilihan KPR sebagai dasar pengambilan keputusan, berikut adalah suku bunga KPR Maybank bersifat fix sebagai berikut: 

- Untuk KPR Primary, bunga tetap yang ditawarkan adalah 8,99% selama lima tahun. - Sedangkan secondary bunga yang ditawarkan oleh Maybank senilai 9,49% dengan tempo yang sama.

3.  Bank BTN 

Kerap dikenal sebagai salah satu bank penyalur KPR terbesar di Indonesia, Bank BTN juga menawarkan bunga spesial untuk 2021, baik untuk pembelian rumah maupun take over KPR dari bank lain.

Ada beberapa pilihan suku bunga fixed KPR BTN yang dapat dijelaskan sebagai berikut :

- KPR fixed 2 tahun dikenakan bunga sebesar 8,88% dengan plafon mulai Rp250 juta sampai dengan Rp1,5 miliar berpenghasilan tetap.  - Fixed 3 tahun dikenakan bunga sebesar 8,88% untuk nasabah prioritas Bank BTN secara kolektif, termasuk ASN maupun TNI/POLRI. - Fixed 2 tahun dengan suku bunga senilai 9,49% untuk maksimal kredit di bawah Rp250 juta.

4.  BNI Griya 

Untuk kaum milenial, rasanya tidak boleh untuk melewatkan promo dari BNI Griya Gue yang sangat menjanjikan.

Pasalnya, suku bunga KPR yang ditawarkan pun tergolong sangat ringan yakni 4,74%  fix satu tahun pertama, dan 6,74% fix dua tahun pertama.

Jangka waktu kredit yang ditawarkan juga sangat menjanjikan, hingga 30 tahun dengan fitur angsuran suka-suka.

Angsuran suka-suka tersebut yakni, cicilan akan menjadi lebih ringan di awal kredit dan dapat disesuaikan dengan penghasilan.

5.  KPR BRI 

Untuk memudahkan masyarakat, KPR BRI memiliki promo menarik dengan bunga KPR yang sangat rendah, yakni mulai 3,76% fix satu tahun, 8,15% fix tiga tahun, dan 10% fix 10 tahun.

Tak hanya sekadar bunga ringan, KPR BRI juga memberikan program cashback maksimal Rp3 juta apabila plafon telah disetujui.

Promo yang ditawarkan oleh KPR BRI berlaku mulai 26 Januari sampai dengan 26 Maret 2021.

6.  Bank BCA 

KPR Bank BCA menawarkan kemudahan pembiayaan untuk pembelian properti terbaru baik seken maupun kredit multiguna. 

Khusus untuk bunga fix, Bank BCA menawarkan program KPR dengan ketentuan suku bunga terbaik mulai dari 7,00 % untuk satu tahun pertama.

Sementara, untuk fix 2 tahun senilai 7,50%, fix 3 tahun 8,00% dan fix 5 tahun senilai 8,50%.

Apabila masa bunga fix telah berakhir, berlaku suku bunga floating senilai 11% efektif per annum dan tidak berlaku untuk debitur baru. 

Itulah beberapa referensi dasar suku bunga KPR terupdate 2021 dari beberapa bank besar yang bisa kamu jadikan untuk mengambil keputusan beli rumah.

Temukan referensi kebutuhan hunian dan literasi keuangan, selengkapnya di Rumah123

"Temukan apartemen idaman dengan fasilitas terbaik bersama Vasanta Innopark Bekasi selengkapnya."

Bagikan:
2823 kali