Keinginan untuk memiliki hunian idaman bisa sulit terwujud bagi para karyawan non tetap. Solusinya bisa kamu simak dari cara KPR rumah berikut ini!

cara kpr rumah

Berbeda dengan pekerja tetap yang dapat mengajukan aplikasi kredit hunian setelah minimal 1 tahun di perusahaan, para karyawan kontrak dan freelance perlu memperhatikan beberapa hal penting lain. 

Jangan khawatir, impian memiliki hunian idaman bagi para pekerja non tetap dapat terwujud dengan cara KPR rumah yang ampuh berikut.  

Tips dan Cara KPR Rumah untuk Pekerja Freelance dan Karyawan Kontrak

1. Pastikan Kondisi Finansial Mencukupi

Sebelum kamu memutuskan untuk mencoba cara KPR rumah lewat bank, pastikan dulu kondisi keuangan pribadimu sudah ‘sehat’. 

Kondisi keuangan yang sehat berarti kamu memiliki manajemen finansial yang baik dengan pengelolaan hutang yang berjalan lancar tanpa kendala. 

Rasio hutang yang dimiliki calon kreditur akan jadi pertimbangan bank dalam memutuskan menerima atau menolak aplikasi KPR. 

Usahakan untuk melunasi seluruh hutang-hutang yang kamu miliki supaya siap membayar cicilan KPR rumah baru nanti. 

2. Tingkatkan Rasio Pendapatan 

Sebagai seorang pekerja tidak tetap, karyawan kontrak dan freelance memiliki resiko yang lebih besar untuk mengalami hambatan dalam cara KPR rumah. 

Ketidakadaannya status pekerjaan permanen yang mengikat pada instansi tertentu membuat pendapat karyawan kontrak dan freelance lebih tidak stabil sehingga kurang meyakinkan untuk bank. 

Solusinya bisa kamu tempuh dengan cara meningkatkan rasio pendapatan supaya kesempatan pengajuan KPR disetujui oleh bank akan semakin tinggi. 

Pada umumnya bank akan menerima KPR dengan cicilan yang tidak melebihi 30% jumlah pendapatan. 

3. Dapatkan Sumber Penghasilan Tambahan 

Faktor penting lain dalam cara KPR rumah bagi pekerja non tetap adalah menunjukkan bukti sumber pendapatan lainnya. 

Untuk dapat memperbesar rasio pendapatan, salah satu langkah yang bisa kamu coba adalah dengan mencari pekerjaan sampingan atau bisnis yang dijadikan sebagai pundi-pundi uang baru. 

Nantinya kamu dapat menyertakan bukti penerimaan gaji atau pendapatan kedua, ketiga, dan seterusnya ketika mengajukan syarat KPR rumah

4. Memilih Harga Rumah yang Sesuai dengan Kemampuan

Harga rumah yang kamu taksir juga dapat menentukan kesempatan diterimanya pengajuan cicilanmu. 

Cermati dengan seksama harga rumah dengan perbandingan jumlah pendapat yang kamu terima setiap bulannya. 

Jangan sampai kamu tergiur tampilan hunian yang menawan dan nyaman, namun dapat memberatkan tanggungan keuanganmu. 

5. Lakukan Simulasi KPR 

Cara KPR rumah yang terbukti ampuh untuk dicoba adalah dengan melakukan perhitungan besaran cicilan per bulannya. 

Cobalah melakukan simulasi KPR dengan menggunakan fitur kalkulator yang ada di Rumah123 untuk mengetahui besaran yang perlu kamu bayarkan sesuai dengan harga properti yang diinginkan.  

6. Cari Sistem Cicilan Terbaik 

Setiap bank memiliki kebijakan dan ketentuannya sendiri dalam menentukan sistem pembayaran serta kisaran cicilan dalam produk KPR-nya. 

Bandingkan beberapa bank yang menawarkan program cicilan ringan yang sesuai dengan kemampuan finansialmu agar terhindar dari kemungkinan telat atau gagal bayar. 

7. Siapkan Uang Muka Rumah 

Aspek lain jadi dapat menentukan pengajuan KPR kamu diterima atau tidak oleh bank adalah besar uang muka atau DP yang dibayarkan. 

Cara KPR rumah lewat sistem perbankan pada umumnya hanya mampu menutupi maksimal 80% dari total harga properti yang diincar. 

Sehingga sisa 20% tersebut harus dibayarkan langsung sebagai uang muka kepada developer

Jadi pastikan kamu sudah mempersiapkan uang muka yang cukup guna ‘meminang’ hunian idamanmu. 

Semakin besar DP yang dibayarkan, maka akan semakin tinggi juga kesempatan pengajuan KPR kamu diterima. 

8. Investasi dan Tabungan 

Kalau yang ini jadi cara KPR rumah yang pasti efektif untuk seluruh jenis pekerjaan baik tetap maupun kontrak. 

Memiliki investasi yang cocok untuk pemula bisa membantumu memulai persiapan dana yang akan dipakai untuk membayar DP dan cicilan rumah impian. 

Tabungan yang kamu miliki juga sebaiknya dibuka di bank yang nantinya jadi tujuan pengajuan kredit rumah. 

Dapatkan penawaran hunian terbaik hanya Mandiri Festival Properti Indonesia yang akan hadir mulai tanggal 9 September 2020 nanti di Rumah123.com.

Bagikan:
2028 kali