Solusi banjir yang terbukti ampuh dan praktis, kamu bisa membuat sumur resapan sendiri di rumah dengan cara yang mudah seperti berikut!

sumur resapan Sumber: Republika

Setiap tahunnya menjelang musim penghujan, para warga ibukota kerap ditakutkan dengan risiko banjir yang selalu datang menghampiri. 

Maka dari, berbagai langkah seperti meninggikan pondasi rumah atau membuat bantalan karung berisi pasir untuk mencegah masuknya air ke area interior. 

Sayangnya, mayoritas cara tersebut justru tidak membawa efek yang signifikan untuk mengurangi dampak banjir. 

Padahal ada cara yang lebih efektif dan terbukti efisien, yaitu dengan membangun sumur resapan. 

Pengertian Sumur Resapan 

sumur resapan Sumber: dlh.lumajangkab.co.id

Masalah yang kerap dihadapi di daerah perkotaan adalah berkurangnya daya resap air tanah akibat kurangnya lahan hijau di lokasi pemukiman penduduk. 

Akibat yang paling jelas terasa adalah meningkatnya resiko banjir saat debit air semakin tinggi di kala musim hujan tiba. 

Fenomena ini juga berdampak pada berkurangnya ketersediaan cadangan air untuk keperluan sanitasi yang dapat digunakan oleh warga. 

Untuk mengatasinya, perlu dilakukan penerapan teknik konservasi air yang tepat, salah satunya adalah dengan menggunakan sumur resapan. 

Sumur resapan adalah metode yang diterapkan untuk mengurangi aliran air di permukaan tanah lewat lubang yang dibuat di beberapa titik tertentu. 

Dengan adanya sumur resapan air hujan, resiko banjir dapat lebih diminimalisir sekaligus membantu mempertahankan dan meningkatkan cadangan air tanah.  

Cara Membuat Sumur Resapan 

sumur resapan Sumber: Beritajakarta.id

Jika kamu ingin rumah terbebas dari banjir, membangun sumur resapan di halaman atau di lokasi dekat kompleks bisa jadi solusi yang paling tepat untuk dicoba. 

Cara membuatnya tidak terlalu sulit, asalkan kamu bisa memenuhi ketentuan dan standar perhitungan sumur resapan berikut ini: 

- Area tanah yang akan jadi tempat pembuatan sumur harus memiliki kontur yang datar, tidak bergelombang atau labil. 

- Idealnya sumur dibuat di titik tanah dengan posisi paling rendah dari sekelilingnya, untuk mempermudah aliran air di kala hujan. 

- Trik yang bisa digunakan untuk mengetahui titik terendah tersebut bisa kamu amati ketika hujan turun dan mulai menggenang. Area pertama yang tergenang tersebut merupakan titik tanah terendah. 

- Selain kontur lahan, kemampuan menyerap air atau permeabilitas tanah juga harus memenuhi standar lebih besar atau sama dengan 2 cm per jam. Artinya, air yang menggenang setinggi 2 cm dapat surut dalam kurun waktu 1 jam saja. 

- Pastikan titik pembuatan sumur resapan berada setidaknya 5 meter dari tepi ujung septic tank, minimal 1 meter dari pondasi bangunan rumah, dan 10 meter dari tempat pembuangan sampah, baik organik maupun anorganik.  

Langkah-Langkah Pembuatan Sumur Resapan 

Setelah beberapa standar di atas sudah terpenuhi, kamu bisa mulai membuat sumur resapan di titik yang telah ditentukan. 

1. Buat lubang pada tanah dengan kedalaman 1,5 meter dan diameter 80-100 cm. Hindari membuat galian yang terlalu dalam hingga mencapai bahkan melebihi sumber air tanah.

2. Lapisan dinding sumur resapan diperkuat dengan menggunakan material buis beton yang dikombinasikan dengan batu bata untuk menahan tekanan dari tanah agar tidak longsor. 

3. Untuk mengalirkan air hujan dari talang ke dalam sumur, jangan lupa untuk membuat saluran air memakai bantuan water inlet yang dihubungkan dengan pipa paralon. 

4. Guna mencegah kemungkinan sumur resapan meluap akibat aliran air yang terlalu tinggi, kamu perlu membuat saluran pembuangan tambahan menuju ke selokan. Pastikan pipa pembuangan dibuat lebih tinggi agar air selokan tidak mengalir ke dalam sumur ketika hujan deras. 

5. Tambahkan bebatuan koral dengan ketebalan minimal 15 cm pada dasar sumur.

6. Alas penutup berupa plat beton dapat digunakan dengan tambahan lapisan tanah secukupnya supaya struktur sumur jadi lebih terlindungi. 

Itu dia tadi cara membuat sumur resapan dengan mudah di rumah. 

Temukan beragam informasi menarik dan bermanfaat lainnya di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terbaru di Vida Bekasi Botanica!

Bagikan:
12083 kali