OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

7 Pidato tentang Kemerdekaan 17 Agustus 2023 Singkat, Semarakkan HUT ke-78 RI!

13 Agustus 2023 · 9 min read Author: Rulfhi Alimudin Pratama S

pidato tentang kemerdekaan

Sedang mencari referensi teks pidato tentang kemerdekaan 17 Agustus 2023 terbaik? Temukan berbagai tema yang telah dipilih oleh Rumah123.com.

Property People, seluruh warga Indonesia bakal memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023.

Tahun ini HUT Kemerdekaan RI mengusung tema ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’.

Tema tersebut dipilih sebagai representasi atas pencapaian yang telah diraih menjadikan posisi Indonesia menguntungkan dalam melanjutkan gerak pembangunan negara.

Dengan tema itu, diharapkan seluruh elemen bangsa Indonesia terus bergerak maju ke  arah yang lebih baik lagi.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, ada agenda wajib yang diselenggarakan pada HUT RI yakni pengibaran bendera merah putih.

Dalam upacara bendera ini akan diisi dengan berbagai acara, salah satu di antaranya adalah penyampaian pidato tentang kemerdekaan oleh pembina upacara.

Nah, untuk kamu yang diamanahkan menjadi pembina upacara dan bingung membuat teks pidato kemerdekaan yang bagus dan menarik, tak perlu khawatir.

Sebab, Rumah123.com telah siapkan beberapa referensi contoh teks pidato bertema kemerdekaan yang bisa dijadikan inspirasi.

Berikut ini kumpulan naskah pidato kemerdekaan singkat dan menarik.

Contoh Teks Pidato tentang Kemerdekaan 17 Agustus Singkat

1. Teks Pidato tentang Kemerdekaan 17 Agustus

Hormat yang terhormat,

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Swt, yang telah memberikan rahmat-Nya kepada kita sehingga pada hari ini, tanggal 17 Agustus 2023, kita dapat berkumpul dalam kebahagiaan untuk merayakan momen bersejarah bagi bangsa dan negara kita, yaitu Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Hari yang bersejarah ini tidak bisa lepas dari perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang dengan gigih melawan penjajahan untuk mencapai kemerdekaan. Kita harus mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah mengorbankan nyawa, jiwa, dan raga, untuk mewujudkan impian bersama, kemerdekaan bagi tanah air tercinta.

Kemerdekaan 17 Agustus bukanlah sekadar momen perayaan semata, tetapi juga momentum yang penting untuk merefleksikan perjalanan panjang dan mengenang sejarah perjuangan para pahlawan. Semangat juang mereka menginspirasi kita untuk tetap berpegang teguh pada nilai-nilai luhur bangsa ini, seperti gotong royong, persatuan, dan toleransi.

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragam, dengan berbagai suku, agama, dan budaya. Namun, inilah kekuatan kita sebagai sebuah bangsa. Marilah kita terus menjaga kerukunan dan keberagaman ini sebagai modal berharga dalam membangun masa depan Indonesia yang lebih baik.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, mari kita berkomitmen untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab, menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan, dan berkontribusi nyata bagi kemajuan bangsa dan negara. Kita semua memiliki peran penting dalam membangun Indonesia yang sejahtera, adil, dan merata bagi seluruh rakyat.

Tantangan di masa depan mungkin berat, tetapi jika semangat perjuangan para pahlawan tetap menyala dalam diri kita, tak ada hal yang tidak mungkin diatasi. Marilah kita bersama-sama melangkah maju, dengan semangat proaktif, inovatif, dan berani menghadapi setiap tantangan demi masa depan Indonesia yang gemilang.

Di era globalisasi ini, mari kita juga menjunjung tinggi nilai-nilai kebhinekaan dan menghargai perbedaan pendapat. Dengan cara ini, kita akan menjadi negara yang dihormati di dunia internasional, bukan hanya karena kekayaan alamnya, tetapi juga karena kekayaan budaya dan semangat masyarakatnya.

Saudaraku sebangsa dan setanah air,

Kemerdekaan adalah anugerah yang harus kita syukuri dan pelihara dengan baik. Mari kita jaga keutuhan NKRI ini, dan bersatu padu menghadapi setiap rintangan yang menghadang. Jadikan semangat kemerdekaan ini sebagai inspirasi dan kekuatan dalam menjalani perjalanan hidup.

Akhir kata, marilah kita tingkatkan semangat persatuan dan gotong royong, serta tingkatkan kepedulian terhadap sesama, bangsa, dan lingkungan sekitar. Semoga negara kita terus berjaya, menjadi tempat yang aman, damai, dan sejahtera bagi seluruh rakyat Indonesia.

Merdeka! Merdeka!

Salam kemerdekaan!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Naskah Pidato tentang Kemerdekaan di Sekolah

pidato tentang kemerdekaan

contoh pidato tentang kemerdekaan hut RI ke-78

3. Pidato tentang Kemerdekaan Indonesia Ke-78

Ibu dan bapak dan seluruh hadirin yang saya muliakan,

Pada hari ini, tanggal 17 Agustus 2023, kita semua berkumpul dalam kebahagiaan dan penuh semangat untuk merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Momen bersejarah ini mengingatkan kita akan perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah meneguhkan kemerdekaan negara ini. Kita patut berbangga dan bersyukur atas anugerah kemerdekaan ini, yang telah membawa kita hingga saat ini.

Tema peringatan kemerdekaan kita kali ini adalah “Terus Melaju untuk Indonesia Maju.” Tema ini menggambarkan semangat kita untuk terus maju, berinovasi, dan berkarya demi kemajuan bangsa dan negara. Indonesia adalah negeri yang kaya akan potensi dan keberagaman. Mari kita jadikan kekayaan ini sebagai modal untuk meraih prestasi yang gemilang.

Sebagai generasi penerus bangsa, kita memiliki peran besar dalam membangun Indonesia yang lebih baik dan maju. Marilah kita mengambil pelajaran dari sejarah, memahami perjuangan para pendahulu kita, dan mengaplikasikan semangat kemerdekaan dalam setiap langkah kita.

Pertama, mari kita tingkatkan semangat gotong royong dan persatuan. Kita harus bersatu padu dalam menghadapi setiap tantangan dan mengatasi perbedaan-perbedaan yang mungkin ada. Persatuan adalah kekuatan kita, dan dengan bersama-sama, tidak ada hal yang tidak bisa kita capai.

Kedua, tingkatkan kualitas pendidikan. Pendidikan adalah kunci untuk meraih kemajuan. Marilah kita berkomitmen untuk terus belajar, mengembangkan potensi diri, dan menciptakan generasi yang cerdas, kreatif, dan inovatif.

Ketiga, dukung pengembangan ekonomi dan wirausaha. Kita memiliki banyak sumber daya alam dan manusia yang harus dimanfaatkan secara optimal untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Mari jadikan diri kita sebagai agen perubahan untuk menciptakan lapangan kerja dan mengurangi angka pengangguran.

Keempat, mari kita tingkatkan kesadaran akan pentingnya keberlanjutan lingkungan. Alam adalah aset berharga yang harus kita jaga dan lestarikan untuk generasi mendatang. Mari kita berkomitmen untuk hidup berkelanjutan dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Kelima, dukung dan promosikan budaya Indonesia. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mencintai dan menghargai budayanya. Marilah kita lestarikan budaya kita sendiri dan menghormati budaya bangsa lain sebagai bentuk penghargaan atas keberagaman budaya.

Teruslah melaju, teruslah berkarya, dan teruslah berkontribusi untuk Indonesia maju. Jangan pernah berhenti bermimpi dan berjuang untuk meraih kesuksesan, karena kesuksesan Indonesia adalah kesuksesan kita semua.

Sebagai penutup, marilah kita tetap membumikan semangat kemerdekaan di hati kita, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur perjuangan para pahlawan, dan terus berkomitmen untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

Merdeka! Merdeka!

Saya akhiri pidato ini dengan mengucapkan terima kasih kepada seluruh hadirin yang telah memberikan perhatian. Semoga kita semua menjadi bagian dari generasi yang akan membawa Indonesia menuju puncak kejayaan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Teks Pidato Tema Kemerdekaan

pidato kemerdekaan 17 agustus

contoh pidato tema kemerdekaan

5. Teks Pidato Kemerdekaan Terbaik

Hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kita semua berkumpul untuk merayakan HUT RI ke-78. Momentum ini mengingatkan kita akan perjuangan besar para pahlawan kita dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, serta membangun fondasi bangsa ini.

78 tahun lalu, para pejuang tanah air dengan semangat yang membara memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Mereka tidak gentar menghadapi rintangan apapun, mengorbankan nyawa dan darah untuk hak kita memiliki negara yang merdeka dan berdaulat. Mereka mewariskan kita semangat juang dan tekad untuk menjaga dan mengembangkan bangsa ini.

Namun, kemerdekaan bukanlah tujuan akhir, melainkan permulaan perjalanan panjang kita. Di usia yang ke-78 ini, mari kita refleksikan bagaimana kita telah mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa. Kita harus bersama-sama membangun Indonesia yang lebih maju, adil, dan sejahtera.

Mari kita tingkatkan mutu pendidikan, agar anak-anak kita memiliki bekal yang kuat untuk menghadapi tuntutan zaman. Kita juga mesti tingkatkan ekonomi yang inklusif, sehingga setiap warga negara merasakan dampak positif dari kemajuan ekonomi. Mari kita jaga keragaman budaya kita, karena dalam perbedaan itulah kita menemukan kekuatan bersama.

Hari ini, kita juga harus merenungkan tanggung jawab kita sebagai generasi penerus. Bagaimana kita akan menjaga dan melanjutkan perjuangan para pendahulu kita? Bagaimana kita akan mewujudkan visi bangsa yang lebih gemilang?

Saudara-saudara, sebangsa, setanah air,

Kita memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi dengan semangat gotong royong dan kerja keras, kita dapat mewujudkannya. Marilah kita jadikan Hari Kemerdekaan ini sebagai titik awal untuk berkomitmen lebih dalam dalam membangun bangsa ini. Marilah kita terus berjuang untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik, lebih maju, dan lebih berdaya.

Terima kasih. Merdeka!

6. Pidato Bahasa Indonesia tentang Kemerdekaan

Hormat semua hadirin yang saya cintai,

Pada hari yang bersejarah ini, kita berkumpul untuk merayakan salah satu tonggak penting dalam sejarah bangsa kita – Kemerdekaan Indonesia. Sebuah peristiwa yang telah mengubah nasib dan arah perjalanan bangsa ini menuju kebebasan dan kemajuan. Kita tidak boleh melupakan pengorbanan besar para pahlawan dan pejuang kita yang telah memperjuangkan kemerdekaan ini dengan jiwa, raga, dan semangat tanpa pamrih.

Hari ini, kita merayakan hasil dari perjuangan panjang yang telah dilalui oleh generasi terdahulu. Perjuangan yang tak pernah mudah, penuh dengan rintangan dan tantangan yang menguji tekad dan keberanian mereka. Para pahlawan kita tidak hanya berjuang melawan penjajah asing, tetapi juga melawan rasa ketidaksetaraan, kemiskinan, dan ketidakadilan yang telah menghambat kemajuan bangsa ini selama bertahun-tahun.

Kemerdekaan bukanlah hadiah yang datang dengan sendirinya. Ia adalah hasil dari perjuangan kolektif, persatuan, dan semangat kebangsaan. Kita tidak boleh melupakan makna sebenarnya dari kemerdekaan: hak untuk mengatur negara kita sendiri, hak untuk berkembang dan berkontribusi tanpa hambatan, dan hak untuk hidup dalam perdamaian dan kemakmuran.

Namun, kemerdekaan juga membawa tanggung jawab besar kepada kita. Tanggung jawab untuk membangun bangsa ini lebih baik, untuk menjaga keragaman budaya kita, dan untuk menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, toleransi, dan keadilan. Kita harus bekerja bersama-sama untuk mengatasi tantangan yang masih ada di depan kita, seperti kemiskinan, ketidaksetaraan, dan perubahan iklim.

Sejarah kemerdekaan kita harus menjadi sumber inspirasi bagi kita semua. Kita harus menghargai perjuangan para pahlawan kita dengan menghormati nilai-nilai yang mereka perjuangkan. Kita harus menjadi warga negara yang aktif, terlibat dalam proses demokrasi, dan berusaha untuk menciptakan perubahan positif dalam masyarakat.

Saat kita merayakan kemerdekaan hari ini, mari kita bersatu dalam semangat kebangsaan. Mari kita perkuat persatuan kita, tanpa memandang perbedaan suku, agama, atau budaya. Mari kita jadikan kemerdekaan ini sebagai motivasi untuk terus berjuang demi masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

Terima kasih kepada para pahlawan kita yang telah mengorbankan segalanya demi kemerdekaan ini. Semoga semangat mereka terus hidup dalam diri kita semua. Merdeka!

Terima kasih.

7. Pidato Terus Melaju untuk Indonesia Maju

pidato terus melaju untuk indonesia maju

Sumber teks pidato tema kemerdekaan 17 Agustus: pikiran-rakyat.com

***

Itulah sejumlah teks pidato kemerdekaan dalam rangka HUT RI ke-78 pada 17 Agustus 2023. 

Kamu juga bisa baca materi pidato bahasa Sunda tentang agama hanya di artikel.rumah123.com.

Jangan lupa ikuti terus Google News kami biar kamu selalu up to date!

Jika sedang cari rumah, cari saja di www.rumah123.com.

Kami senantiasa #AdaBuatKamu menemukan rumah impian.

**gambar cover: shutterstock


Tag: , ,


Rulfhi Alimudin Pratama S

Content Writer

Mengawali karier kepenulisan sebagai penulis lepas di beberapa media daring sejak 2016. Kini mencurahkan pikiran untuk menulis properti, gaya hidup, marketing, hingga teknologi di Berita 99 dan Rumah123.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA