OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Cara Menghitung Cicilan KPR untuk Milenial dengan Mudah dan Cepat

08 September 2022 · 3 min read Author: Reyhan Apriathama

Cara Menghitung Cicilan KPR

Supaya tak mengalami kredit macet, penting untuk mengetahui cara menghitung cicilan KPR. Tak perlu manual, ada cara mudah dan cepatnya di sini!

Hampir semua milenial mendambakan untuk membeli rumah sendiri, khususnya yang sudah berkeluarga. 

Meski minat milenial untuk mewujudkan impian membeli rumah terbilang tinggi, kondisi keuangan kerap tak mendukung. 

Untuk itu, sebelum mengajukan KPR, kemampuan terhadap cicilannya menjadi hal penting yang perlu diperhatikan.

Bukan hanya agar pengajuan aplikasi kredit diterima oleh perbankan, cara menghitung cicilan KPR wajib dipahami sehingga nantinya tidak besar pasak daripada tiang saat cicilan sudah berjalan.

Apabila tidak direncanakan dengan baik, bukan tak mungkin kamu mengalami kredit macet sehingga skor kredit menjadi buruk.

Jika skor kredit di SLIK OJK sudah buruk, kamu akan kesulitan untuk mengajukan pinjaman lainnya di masa depan. 

Supaya hal tersebut tidak terjadi, menghitung cicilan KPR kini semakin mudah bahkan tidak perlu dilakukan secara manual.

Rumah123.com kini menyediakan fitur simulasi KPR secara otomatis yang memudahkan milenial dalam merencanakan keuangan.

Seperti apa fitur tersebut? Simak pembahasannya bersama-sama!

Apa Itu Simulasi KPR Rumah123.com? 

simulasi gaji kpr fitur rumah123

Simulasi KPR Rumah123.com adalah fitur terbaru yang siap membantu untuk menghitung secara otomatis kemampuan kamu mencicil KPR setiap bulannya.

Dengan menggunakan Simulasi KPR Rumah123.com, kamu bisa memperkirakan harga properti yang sesuai dengan penghasilanmu. 

Terdapat berbagai fitur terbaik pada Simulasi KPR Rumah123.com, mulai dari profil finansial hingga jenis KPR yang akan kamu gunakan.

Dengan tabel dan Simulasi KPR Rumah123.com, pastinya akan semakin mudah dalam mengambil keputusan untuk wujudkan rumah impian.

Cara Menghitung Cicilan KPR Melalui Simulasi KPR Rumah123.com

Proses dan cara menghitung cicilan KPR dengan Simulasi KPR Rumah123 yang bisa kamu lakukan ini sangat mudah dengan berbagai fitur lengkap.

Simak cara beserta langkah mudahnya berikut ini: 

1. ,Masukkan Profil Finansial Kamu 

Cara menghitung cicilan KPR langkah pertama

Untuk mengetahui kemampuan kamu dalam mengatur keuangan dan KPR pastikan kamu telah menyisipkan profil finansial terlebih dahulu.

Profil finansial tersebut berisi penghasilan bulanan, uang muka, cicilan lain, dan tenor alias lamanya masa KPR yang diinginkan. 

Sebagai contoh, profil finansial pada tabel ini untuk orang berpenghasilan Rp12,5 juta per bulan, dengan DP rumah Rp150 juta.

Tenor yang diinginkan 20 tahun, dengan persentase cicilan maksimum 25% dari gaji.

2. Pilih Jenis KPR 

menghitung bunga KPR

Pada bagian berikutnya, kamu bisa memilih jenis KPR yang ingin dituju baik KPR konvensional maupun KPR syariah.

Untuk jenis KPR konvensional, kamu bisa bisa menganalisis suku bunga KPR dari Bank Konvensional baik fixed dan floating.

Sementara untuk KPR syariah, kamu bisa memilih untuk margin setiap tahunnya sesuai ketentuan yang telah berlaku menurut akad KPR.

Contoh pada cara menghitung cicilan KPR ini menggunakan sistem konvensional dengan suku bunga tetap 3,95% selama 5 tahun, kemudian bunga floating 9,50% setelah masa cicilan tetap.

3. Mengetahui Hasil Perhitungan 

Hasil perhitungan KPR

Selanjutnya, setelah memilih jenis KPR dan menghitung analisis kemampuan KPR akan ditampilkan hasil perhitungannya secara otomatis. 

Berdasarkan hasil perhitungan, harga rumah yang bisa kamu beli berdasarkan perencanaan keuangan tersebut adalah Rp462,525,905 dengan DP minimum yang perlu dipersiapkan senilai Rp92,505,019.

Untuk pinjaman pokok yang diperoleh untuk mewujudkan rumah idaman adalah Rp370,020,076 dengan angsuran maksimal Rp3,125,000.

Dasar perhitungan KPR

Selanjutnya, kamu juga harus mempersiapkan berbagai biaya properti senilai 6% dari nominal pinjaman untuk kebutuhan administrasi hingga proses balik nama sertifikat tanah.

Semoga tips ini bermanfaat untuk Property People yang ingin mewujudkan rumah idaman dengan mudah, dan rencanakan pembiayaan kamu di sini. 

Itulah cara menghitung cicilan KPR untuk milenial beserta simulasinya secara lengkap sesuai gaji.

Temukan informasi menarik seputar properti, selengkapnya di artikel.rumah123.com dan hitung rencana biaya rumah idaman kamu di sini. 

Wujudkan rumah impian berwawasan lingkungan bersama  Summarecon Mutiara Makassar  selengkapnya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!

 


Tag: , , ,


Reyhan Apriathama
Seorang mas-mas penulis Rumah123.com yang suka otomotif, sepak bola, gadget, dan musik-musik lawas.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA