Setiap pasangan suami istri pastinya selalu menemani, bahkan pemufakatan jahat bisa saja dilakukan secara berjamaah termasuk pasangan koruptor Indonesia.

Meraup kekayaan dan keuntungan sebagai penguasa kerap dilakukan untuk memenuhi gaya hidup jetset mereka .

Pasalnya, untuk menjadi seorang abdi negara maupun pejabat memerlukan mahar yang tidak sedikit sehingga mengharuskan ia untuk balik modal. 

Kasus korupsi yang terjadi bagi pasangan suami istri tersebut tidak hanya sekadar kasus suap, bisa saja kasus lain termasuk pencucian uang maupun lelang jabatan dan lainnya.

Lantas, pasangan suami istri koruptor Indonesia siapa saja yang dijerat oleh KPK dan berada di sel bersama? Simak pembahasannya bersama-sama!

Pemufakatan Jahat Bisa dilakukan secara Berpasangan, Simak Daftar Suami Istri Koruptor Indonesia Berikut Ini 

Tidak melakukannya sendiri, pasangan suami istri berikut ini melakukan mufakat jahat untuk mengambil duit rakyat.

Simak koruptor Indonesia yang notabene merupakan pasangan suami istri berikut ini. 

1. Nazaruddin dan Neneng Sri Wahyuni 

Nazaruddin dan Neneng Sri Wahyuni Sumber: RMOL

Mantan bendahara umum Partai Demokrat, Nazaruddin dan istrinya Neneng Sri Wahyuni ditangkap oleh KPK namun dengan kasus berbeda.

Pasalnya, Nazaruddin ditangkap terlebih dahulu oleh Lembaga Anti Rasuah dengan kasus Wisma Atlet Hambalang, sementara sang istri terjerat kasus korupsi pengadaan PLTS di Kemenakertrans.

Apabila Nazaruddin sempat buron sampai Kolombia, Neneng juga sempat menjadi buronan Interpol hingga akhirnya ditangkap oleh KPK di kediamannya pada 2012 silam.

2. Mantan Bupati Karawang dan Istri 

Ade Swara dan Nurlatifah Sumber: Kompasiana

Pasangan suami istri selanjutnya yang ditangkap oleh KPK adalah mantan Bupati Karawang Ade Swara dan istrinya Nurlatifah juga dijerat melakukan tindak pidana korupsi.

Adapun, pasangan koruptor Indonesia ini dituding melakukan pemerasan terhadap PT Tatar Kertabumi saat melakukan pengurusan penggunaan lahan perbelanjaan di Karawang.

Selain itu, koruptor Indonesia ini juga melakukan tindak pidana pencucian uang hasil korupsi dalam rentang Desember 2011 sampai Juli 2014 dan ditangkap dalam OTT KPK.

Kedua pasutri ini pada akhirnya sudah menghirup udara bebas. 

3. Mantan Walikota Palembang 

Romi Herton masyitoh Sumber: Tribunnews

Koruptor Indonesia yang berpasangan termasuk Walikota Palembang nonaktif Romi Herton bersama sang istri Masyitoh dalam kasus penyuapan mantan Ketua MK Akil Mochtar.

Romi menyerahkan uang suap lewat perantara istri kepada Akil Mochtar agar MK menggagalkan penetapan KPU yang menyatakan Sarimuda sebagai Walikota Palembang terpilih.

Selain terjerat kasus rasuah, kedua pasangan koruptor Indonesia ini juga disangka oleh KPK memberikan keterangan palsu.

4. Mantan Gubernur Sumatera Utara 

gatot pujo nugroho evy susanti Sumber: Tribunnews.com

Mantan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dan istri Evy Susanti divonis hukuman pidana selama 2,5 tahun, namun Gatot pada akhirnya disunat menjadi empat tahun penjara.

Keduanya terbukti melakukan tindakan suap terhadap tiga hakim dan satu panitera di PTUN Kota Medan, termasuk Sekjen Nasdem Patrice Rio Capella.

Aksi suap ini diketahui berkaitan dengan kasus korupsi yang dilakukan oleh Gatot. Pasangan koruptor Indonesia ini juga dibantu oleh pengacara kondang O.C Kaligis dan M Yagari Bhastara.

5. Mantan Bupati Empat Lawang 

Budi Antoni Aljufri suzanna Sumber: Jawa Pos

Kasus koruptor Indonesia yang menjerat pasangan suami istri berikutnya adalah pasangan Budi Antoni Aljufri dan istri Suzanna.

Adapun, kedua pasangan ini ditangkap oleh lembaga Anti Rasuah atas kasus yang berkaitan dengan Akil Mochtar.

6. Mantan Walikota Cimahi

Aty Suharti Ithoc Sumber: Pojok Bandung

Korupsi yang menjerat pasangan suami istri berikutnya dilakukan oleh mantan Wali Kota Cimahi Atty Suharti dan Itoc suaminya.

Untuk diketahui, Atty menerima uang komitmen secara bertahap dengan total Rp3,9 miliar dari pengusaha Hendriza Soleh Triswara dan Samiran periode 2015-2016.

Dalam hal ini, mantan Walikota Cimahi ini terjaring OTT KPK pada 2016 silam saat menerima uang Rp500 juta yang ditransfer ke rekening suaminya Itoc Tochija.

7. Mantan Gubernur Bengkulu

ridwan mukti dan istri Sumber: Kumparan

Pada Oktober 2018, pasangan koruptor Indonesia yang terjaring KPK adalah mantan Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti dan istri dalam kasus korupsi Kota Bengkulu.

Keduanya diketahui secara sah terbukti dan menerima uang senilai Rp1 miliar dari pihak kontraktor proyek jalan di Bengkulu.

8. Mantan Bupati Bengkulu Selatan 

Dirwan Mahmud dan hendrati Sumber: Antara Foto

Selain Gubernur Bengkulu, mantan Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud beserta istri Hendrati dan keponakannya ditetapkan sebagai tersangka kasus proyek proyek lima jembatan.

Total anggaran dari proyek pengerjaan lima jembatan tersebut menembus angka kurang lebih Rp750 juta. 

9. Bupati Probolinggo dan Suaminya

Puput Tantriana Sari aminuddin Sumber: Pikiran Rakyat

Baru-baru ini OTT KPK mengamankan pasangan koruptor Indonesia yakni Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan suaminya Hasan Aminuddin.

Bupati Probolinggo tersebut terjaring dalam OTT KPK terkait jual beli jabatan Kepala Desa di wilayah Pemkab Probolinggo.

Adapun, total uang yang telah diamankan sebanyak Rp362,5 juta dan keduanya berstatus tersangka kemudian langsung ditahan selama 20 hari ke depan.

Itulah beberapa daftar kompilasi pasangan suami istri koruptor Indonesia yang saling menemani di kala suka dan duka.

Temukan inspirasi menarik seputar gaya hidup dan hunian di Rumah123

"Cari tahu keunggulan Jababeka Residence di sini."

Bagikan:
587 kali