Eropa timur selalu menjadi referensi destinasi terbaik yang bisa kamu kunjungi setelah masa pandemi Covid-19.

Sebab, negara di Eropa timur memiliki sejarah yang kuat, sekalipun kini memiliki keindahan alam yang sangat menarik.

Selain Uni Soviet, negara di Eropa timur juga merujuk pada Pakta Warsawa sebagai salah satu aliansi kekuatan militer pasca Perang Dunia II.

Lantas, negara mana saja yang menjadi anggota blok timur selain Uni Soviet?

Simak pembahasannya bersama-sama!

Eropa timur selalu menjadi destinasi terbaik, simak beberapa daftar negara yang bisa kamu kunjungi

Ada beberapa daftar negara di Eropa timur yang selalu menjadi destinasi favorit bagi wisatawan asing, sekalipun menjadi referensi menarik setelah masa pandemi.

Beberapa negara berikut merupakan referensi wilayah Eropa Timur berdasarkan pakta warsawa berikut ini. 

  1. Jerman Timur 

Sumber : handluggageonly.co.uk

Untuk diketahui, Jerman Timur dan Jerman Barat sebelum 1990-an merupakan negara yang terpisah oleh tembok.

Tak hanya sekadar tembok, paham ideologi pun juga sangat berbeda, dimana Jerman Barat berada dalam blok barat, sementara Jerman Timur berada dengan blok timur dengan paham komunis.

Ada beberapa lokasi wilayah yang berada di bawah naungan Jerman Timur, seperti Berlin Timur, Dresden, maupun Leipzig. 

Baca Juga : 15 Daftar Negara Pecahan Uni Soviet, Mana yang Kamu Masih Ingat?

2.  Bulgaria

Sumber : vagrantsoftheworld.com

Ada di wilayah Tenggara, Bulgaria juga merupakan salah satu bagian penting dari Eropa Timur setelah masa Perang Dunia ke-2.

Paham komunis dari negara ini sudah berubah menjadi sistem demokrasi setelah keruntuhan Uni Soviet dan Blok Timur.

Untuk diketahui, Negara ini merupakan bagian terpenting dari negara balkan yang berbatasan dengan Makedonia, Serbia dan Bosnia baik pada sisi timur maupun bagian barat dari negara ini.

3.  Rumania 

Sumber : @urbanigeo

Berada di semenanjung Balkan, Rumania merupakan salah satu negara di Eropa timur yang menjadi bagian penting dari Perang Dunia kedua.

Adapun, negara ini berbatasan dengan Hungaria, Serbia, Bulgaria maupun Moldova di sekeliling wilayah.

Meski menjadi negara Blok Timur, saat ini Rumania sudah berkomunikasi baik dengan negara-negara berpaham Liberal, seiring masuknya negara ini dengan Uni Eropa sejak 2007 silam.

4.  Albania 

Sumber : travellingbalkans.com

Perlu kamu ketahui, Albania merupakan salah satu negara bekas Blok Timur yang sangat dipengaruhi oleh Russia.

Negara ini juga menjadi bagian penting dari kekaisaran Bizantium yang menguasai Balkan dan Anatolia.

Meski menjadi bekas negara blok timur, Albania merupakan salah satu negara di Eropa dengan populasi Agama Islam terbesar dengan total 54,95% penduduk.

5.  Hungaria

Sumber : urban-wanders.com

Dari beberapa negara di Eropa Timur, Hungaria merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi pariwisata yang sangat tinggi.

Pasalnya, Budapest yang menjadi Ibukota negara ini memiliki pesona pariwisata yang sangat kuat, sekalipun bagi wisatawan di daratan Eropa dengan jumlah wisatawan mencapai 10,2 juta pengunjung.

Setelah keruntuhan Blok Timur, Hungaria menjadi salah satu negara berkembang dengan sistem pemerintahan demokrasi parlementer.

6.  Polandia

Sumber : Thediscoverer

Menjadi salah satu bagian dari negara paling maju di timur Eropa, Polandia merupakan negara blok timur yang sangat dipengaruhi oleh Jerman dari segi budaya maupun kekuatan politiknya.

Tidak hanya menjadi negara maju, indeks pembangunan manusia di Polandia juga menjadi yang tertinggi di Eropa timur dengan standar hidup yang cukup tinggi.

Selain memiliki indeks pembangunan manusia yang tinggi, Polandia juga kerap menjadi destinasi bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi, selain Jerman dan Belanda.

7.  Ceko 

Sumber : Solosophie.com

Meski sebagai salah satu negara blok timur, Ceko merupakan salah satu negara yang sangat indah, sekalipun memiliki hubungan diplomatik yang sangat baik dengan Indonesia.

Untuk diketahui, pada masa orde lama Ceko kerap menjadi negara yang diminati oleh pelajar Indonesia karena digratiskan oleh pemerintah setempat bagi warga yang berprestasi.

Seiring berjalannya waktu, Ceko pun sudah berubah dari negara pelajar menjadi negara pariwisata yang sangat kuat di Eropa timur.

8.  Slowakia 

Sumber : Cosmopolitan.co.uk

Pasca runtuhnya Cekoslowakia, negara ini menjadi wilayah tersendiri di bagian barat dengan luas tanah 49,000 Km2 dengan penduduk lebih dari 5,6 juta jiwa.

Seiring berjalannya waktu, negara ini pun terus berkembang secara cepat menjadi bagian terpenting di Uni Eropa.

Adapun, sejarah membuktikan jika Slowakia merupakan salah satu negara yang didirikan pasca Perang Dunia kedua oleh Uni Soviet.

Baca Juga : 10 Negara Terluas di Dunia, Indonesia Masuk Gak Yah?

Demikian beberapa referensi negara eropa timur yang perlu kamu ketahui sebagai salah satu wilayah terkuat pasca Perang Dunia II.

Yuk, cari tahu referensi menarik seputar dunia internasional dan properti, selengkapnya di artikel.rumah123.com.

"Sedang cari hunian idaman? Kamu bisa cek Vida Bekasi di sini selengkapnya."

Bagikan:
2861 kali