Dari sekian banyak pengeluaran, bisa dibilang biaya kebutuhan harian lah yang paling membutuhkan banyak dana.

kebutuhan harian - rumah123.com Rumah123.com punya trik khusus yang bisa diterapkan saat belanja supaya anggaran kebutuhan harian semakin murah! (Rumah123/Getty Images)

Gak heran, dalam perencanaan keuangan, alokasi anggaran untuk biaya hidup bisa memakan hingga 50% penghasilan bulanan. Belum lagi jika tak dikontrol, pengeluaran satu ini bisa saja melenceng dari anggaran yang sudah ditetapkan. Kalau sekali dua kali kecolongan sih mungkin tak jadi masalah besar. Tapi kalau seterusnya terjadi hal seperti ini, bisa-bisa keuangan keluarga ikut berantakan. 

Untungnya, Rumah123.com punya trik khusus yang bisa diterapkan saat belanja rutin harian, mingguan, atau bulanan, supaya anggaran untuk kebutuhan harian-mu semakin murah!

Beli produk kebutuhan rumah tangga dengan private label supermarket

Ketika membeli produk kebutuhan rumah tangga seperti gula, minyak, camilan, tisu, pembersih lantai, dan sebagainya, jangan tergantung pada merek. Biasanya produk dengan private label dari supermarket dijual dengan harga jauh lebih murah. Selama fungsinya sama, tentu tak jadi masalah kan?

Beli produk roti di atas pukul 8 malam

Hobi makan roti? Sebaiknya tahan keinginanmu dan beli produk tersebut pukul 8 malam. Kebanyakan toko roti biasanya menjual produk mereka dengan setengah harga di malam hari karena mereka hanya menyediakan produk baru setiap pagi.

Belanja online bersama teman supaya hemat ongkos kirim

Buat kamu yang suka belanja online, sebaiknya cari teman yang mau membeli barang yang sama. Lalu, bagi ongkos kirimnya supaya kamu lebih hemat.

Baca juga: Siapa Bilang Dispenser Galon Bawah Boros? Ini 3 Merek yang Hemat Listrik

Bawa botol air kemana-mana

Memang sih, air mineral kemasan di luar sana dijual dengan harga murah. Paling tidak Rp5000 per botol. Tapi hal-hal yang kamu anggap ‘receh’ seperti ini justru tak disangka bisa jadi pengeluaran yang lumayan besar jika terus-terusan dilakukan.

Isi daya baterai HP dan laptop di kantor hingga penuh

Jika kamu adalah seorang pekerja kantoran, sebaiknya isi daya smartphone, laptop, dan barang elektronik hingga penuk di kantor. Hitung-hitung, hemat biaya listrik di rumah!

Baca juga: 5 Tips Mendapatkan Harga Sewa Apartemen Murah, Bisa Hemat Banyak!

Tanam tanaman yang bisa dikonsumsi di rumah

Daun bawang, tomat, cabai, dan beberapa jenis tanaman sayur dan buah lainnya yang sering digunakan untuk bahan memasak sebenarnya bisa ditanam sendiri di rumah. Daripada was-was karena harga bahan masakan tersebut naik terus-terusan, kamu bisa lebih praktis dan hemat kalau punya tanamannya di rumah!

Belajar bikin es kopi sendiri

Para pecinta kopi, kamu sadar gak sudah berapa rupiah yang kamu keluarkan untuk segelas es kopi setiap harinya? Kalau dihitung-hitung, uangnya bisa diunakan untuk investasi! Sebaiknya beli kopi giling kemasan dan belajar untuk bikin es kopi sendiri. 

Manfaatkan aplikasi e-wallet yang memberi cashback

Saat ini, banyak sekali fintech e-wallet di luar sana yang memberikan diskon atau pun cashback. Manfaatkan promo-promo tersebut untuk membeli barang kebutuhanmu!

Itu dia sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk menghemat anggaran kebutuhan harian-mu! Kira-kira, kamu punya cara lain apa?

Bagikan: 1633 kali