Banyak yang menganggap dispenser galon bawah lebih boros. Padahal merek-merek ini menawarkannya dengan watt rendah!

dispenser galon bawah - rumah123.com

Dispenser merupakan solusi terbaik untuk menampung persediaan air minum di rumah. Terutama dispenser listrik yang memiliki beberapa tombol suhu air sekaligus. Ketika membutuhkan air panas, kamu tak perlu lagi memasaknya terlebih dahulu.

Begitu juga ketika kamu membutuhkan air dingin, tak perlu memasukkan air ke dalam kulkas lagi. Kamu tinggal memasang galon air di atas dispenser yang sudah tersambung listrik, lalu air minum dengan berbagai suhu siap dikonsumsi.

Tetapi, memang cukup merepotkan untuk mengangkat galon seberat 19 kilogram ke atas dispenser. Butuh tenaga yang kuat, dan pemasangan yang tepat. Jika galon tak tertancap dengan benar, bisa-bisa air dari dalam galon akan bocor. Hal ini tentu berbahaya karena air bisa tersambung langsung dengan aliran listrik, dan berisiko terjadinya korslet. 

Untungnya, saat ini produsen barang elektronik semakin memikirkan hal-hal kecil seperti ini. Untuk memudahkan konsumen, kini banyak tersedia dispenser galon bawah. Bagaimana cara kerjanya?

Cara kerja dispenser galon bawah

Seperti namanya, dispenser ini memiliki ruang penempatan galon yang berbeda dari dispenser pada umumnya. Jika galon di dispenser biasa diletakkan pada bagian atas, ruang penempatan galon pada dispenser satu ini ada di bagian bawah. Dengan begitu, kamu tak perlu berat mengangkat galon ke atas dispenser. 

Namun, meskipun sudah ada solusinya, masih ada yang menyangka bahwa dispenser dengan ruang penempatan galon di bagian bawah cenderung lebih boros listrik. Sebab, untuk mengalirkan air dari galon ke dispenser, terdapat pompa yang menyambungkannya. Pompa tersebut digerakkan oleh listrik. Artinya, ada daya listrik tambahan yang digunakan, sehingga biayanya cenderung lebih boros ketimbang dispenser klasik. 

Walaupun hal tersebut ada benarnya, tapi bukan berarti semua dispenser galon bawah itu boros. Masih ada kok yang watt-nya sedikit sehingga daya listrik yang digunakan tak seberapa. Penasaran merek dispenser apa saja yang dimaksud? Berikut ulasannya!

Baca juga: Merek 3 Barang Elektronik yang Hemat Listrik: AC, Mesin Cuci, Hingga Kulkas

Mito MD 777

Mito merupakan salah satu produsen elektronik lokal yang cukup terkenal dengan produk smartphone-nya di Indonesia. Selain smartphone, Mito juga memproduksi sejumlah barang lainnya, salah satunya adalah dispenser. Mito MD 777 adalah tipe dispenser galon bawah yang memakan sedikit daya listrik. Untuk mode air panas, dayanya sebesar 190 watt dengan kapasitas air sebanyak 5 liter per jam. Sedangkan untuk air dingin, dayanya sebesar 90 watt, dengan kapasitas air 2 liter per jam. Harga jualnya mulai dari Rp 1,5 juta. 

Denpoo DDB-29

Selanjutnya juga datang dari merek lokal. Denpoo, perusahaan yang memproduksi berbagai barang elektronik ini juga memiliki produk dispenser galon bawah yang hemat listrik. Daya yang dibutuhkan hanya 190 watt. Dispenser ini juga dilengkapi dengan tiga kran, yaitu panas, normal, dan dingin. Suhu panas yang dihasilkan dari Denpoo sekitar 85-95 derajat, sementara untuk air dingin sekitar 5-15 derajat. Terdapat pula tombol pengaman air panas sehingga aman di taruh di dalam ruangan yang berisi anak-anak. Dispenser satu ini bisa dibeli dengan bujet sekitar Rp 1,2 jutaan.

Baca juga: Serba-Serbi Daun Sirih: Kandungan, Manfaat, Hingga Cara Konsumsi Terbaik

Modena DD 7301 L

Merek satu ini merupakan produsen alat-alat rumah tangga yang berasal dari Italia. Memiliki 3 pilihan suhu air, kran Modena DD 7301 L terbuat dari stainless steel yang tahan lama dipakai bertahun-tahun. Selain itu, terdapat pula fitur pengaman air panas dari jangkauan anak-anak, CFC Free Compressor yang ramah lingkungan, dan Thermostat. Thermostat adalah alat untuk membatasi suhu tertentu sehingga mencegah terjadinya kebakaran. Dispenser satu ini hanya memakan daya sebesar 290 watt. Harganya dibanderol mulai dari Rp 2 jutaan.

Bagikan: 2782 kali