Bau badan tak sedap ternyata bisa disebabkan karena 5 makanan ini - Rumah123.com Bau badan tak sedap ternyata bisa disebabkan karena 5 makanan ini - Rumah123.com

Bau badan memang bikin rasa percaya diri turun dan minder seharian! Kenapa ya? Padahal kamu sudah menjaga kebersihan diri dan pakai deodoran setiap hari. Tapi kok, masih muncul aroma tak sedap dari tubuh? Bisa jadi penyebabnya adalah makanan yang kamu konsumsi. 

Daripada pusing mencari berbagai cara untuk menghilangkan bau badan, namun tak pernah berhasil, sebaiknya coba dulu untuk hindari sejumlah makanan berikut ini! 

Bawang putih dan bawang merah

Sayang sekali, bahan dapur yang hampir selalu ada di setiap jenis masakan ini masuk ke daftar makanan pemicu bau badan. Zat allicin yang terkandung di dalam bawang putih bisa menghasilkan gas sulfur yang diserap oleh darah dan dieliminasi melalui paru-paru dan pori-pori kulit. Akibatnya, timbul bakteri yang bercampur dengan keringat, sehingga aroma yang keluar dari tubuh menjadi kurang sedap. Apabila kamu tak mau mengurangi jumlah bawang untuk dikonsumsi, sebaiknya minum susu setelahnya. Menurut sebuah studi, cara ini bisa membantu mengurangi timbulnya aroma tak sedap.

Daging merah

Sebuah penelitian di dalam jurnal Chemical Sense, menyatakan bahwa pria yang mengonsumsi banyak daging merah secara terus-terusan dalam waktu dua minggu, memiliki bau badan yang tak sedap. Hal ini berkaitan dengan proses pencernaan daging di dalam tubuh kita.

Di dalam tubuh, daging merah dicerna lebih lama dibandingkan makanan lain sehingga memberi waktu lebih lama bagi bakteri untuk memicu pembusukan. Proses pencernaan yang tak berjalan sempurna ini bisa menimbulkan racun yang disertai gas beraroma busuk. Gas tersebut lah yang memicu bau keringat di seluruh badan. 

Makanan olahan & junk food

Mengonsumsi makanan olahan dan junk food terus-terusan tanpa disertai olahraga bisa menimbulkan penumpukan lemak pada tubuh. Akumulasi sel-sel lemak inilah yang menyebabkan timbulnya keringat berlebih. Selain itu, makanan olahan serta junk food juga sulit dicerna, sehingga muncul bau badan yang tak sedap. 

Gorengan

Rasanya sulit sekali untuk lepas dari gorengan. Tapi sebaiknya mulai sekarang, kamu harus segera meninggalkan makanan rendah gizi yang bisa menimbulkan banyak penyakit ini. Apalagi bukan cuma penyakit, gorengan juga bisa menimbulkan bau badan tak sedap lho ternyata.

Minyak yang digunakan untuk menggoreng memiliki kadar lemak tinggi. Belum lagi minyak goreng yang dipakai tukang gorengan kebanyakan tak sehat dan dipakai ulang hingga berkali-kali. Proses pencernaan bisa terganggu jika kamu sering mengonsumsi gorengan. Dan ketika pencernaan terganggu, bau badan bisa jadi salah satu akibatnya. 

Kafein

Kafein berlebih bisa menyebabkan bau ketiak tak sedap. Sebab, kafein bisa menstimulasi saraf pusat dan meningkatkan denyut. Efek kafein akan membuat tubuh seperti sedang berlari dan jantung berdebar. Inilah salah satu penyebab dari produksi keringat ekstra serta bau ketiak kurang sedap.

Makanan pedas

Para penggemar pedas, hati-hati karena makanan yang sering kamu konsumsi juga bisa memicu terjadinya bau badan. Makanan pedas biasanya mengandung banyak cabe dan rempah lainnya yang memiliki gas mengandung belerang. Ketika gas ini dipecah di dalam tubuh dan dilepaskan melalui pori-pori, bau yang timbul menjadi tak sedap. Apalagi makanan pedas memicu tubuhmu untuk mengeluarkan lebih banyak keringat.

Bagikan: 24638 kali