Mau menambah suasana segar di rumah minimalismu? Buat aja taman kecil depan rumah seperti ini!

Rumah minimalis memang jadi solusi tepat di tengah lahan yang semakin terbatas ini. Ukurannya yang kecil dengan sentuhan furniture sederhana menjadi salah satu ciri khas rumah dengan konsep minimalis. Sayangnya, rumah minimalis kerap terasa membosankan karena suasananya yang memang monoton. Untuk itu, supaya rumah semakin terasa hidup, kamu bisa menambahkan sentuhan taman kecil depan rumah.

Tapi bagaimana kalau lahan rumahmu sempit dan terbatas? Apakah masih memungkinkan untuk membangun taman kecil depan rumah? Tentu saja mungkin! Supaya kamu punya gambaran, berikut 5 inspirasi taman kecil depan rumah yang bisa kamu contoh.

Buat taman yang rapi dengan jalan setapak

taman kecil depan rumah - rumah123.com Sumber: Pinterest

Supaya area masuk rumah gak membosankan, kamu bisa membuat jalan setapak yang membelah taman kecil depan rumah. Buat jalan setapak tersebut dari cetakan beton atau batu untuk menciptakan alur cantik di taman.

Selain memperindah tampilan taman, rumput pun jadi gak gampang rusak karena aman dari injakan kaki. Supaya lebih menarik, tambahkan satu atau dua tanaman dengan warna mencolok yang kontras dengan warna taman.

Pot buatan di sekitar balkon

taman kecil depan rumah - rumah123.com Sumber: Pinterest

Gak punya cukup ruang untuk membuat taman kecil? Siasati dengan membuat pot dari semen yang membentuk balkon di sisi dinding. Tambahkan juga elemen air dengan pancuran mini di tengahnya. Konsep taman seperti ini gak cuma menghemat lahan, tapi sekaligus memudahkanmu dalam membersihkan dan merawatnya.

Baca juga: Tips Desain: Memadukan Furnitur Denmark dengan Taman Jepang

Beri efek lampu dramatis untuk memberikan kesan mewah

taman kecil depan rumah - rumah123.com Sumber: Pinterest

Tambahkan efek lampu untuk menciptakan kesan dramatis dan megah pada tamanmu. Pemilihan lampu bisa beragam, tergantung luas area taman. Untuk ukuran taman yang kecil seperti gambar di atas, cukup gunakan satu lampu diri berukuran sedang, dengan bentuk yang cantik.

Perbanyak tanaman gantung untuk menghemat lahan

taman kecil depan rumah - rumah123.com Sumber: Pinterest

Gak masalah kalau kamu hanya memanfaatkan sedikit lahan untuk rerumputan. Untuk mempercantik tampilan tanpa memakan lahan, kamu bisa memperbanyak tanaman gantung.

Baca juga: Rumah Ga Akan Terasa Panas Kalau Punya Taman dan Ventilasi Udara

Gunakan tanaman merambat untuk meramaikan tampilan taman yang sederhana

taman kecil depan rumah - rumah123.com Sumber: Pinterest

Selain tanaman gantung, kamu juga bisa mengakali area taman kecil depan rumah dengan menggunakan tanaman merambat. Beberapa contoh tanaman merambat yang banyak digunakan di rumah-rumah Indonesia misalnya tanaman dolar atau air mata pengantin.

Keduanya mampu tumbuh dengan cepat sehingga rumah akan terasa sejuk. Jika kamu gak mau repot, bisa memanfaatkan tanaman hias sebagai penggantinya.

Selain membuat suasana rumah menjadi terasa hidup, dengan adanya taman, kamu bisa ikut berpatisipasi menghijaukan lingkungan. Jadi, selamat membuat taman kecil idamanmu!

Bagikan: 6688 kali