Biro Arsitek Jepang, Ikawaya Architects Mendesain Rumah dengan Tujuh Taman (Foto: Rumah123/Designboom)

Studio arsitektur asal Jepang, Ikawaya Architects mendesain rumah dan taman dengan pola seperti papan catur. Setiap bagian rumah menghadap taman.

Jangan bayangkan papan catur yang berwarna hitam putih ya. Ikawaya Architects merancang rumah dengan pola rumah dan taman dengan jeda, mirip papan catur.

Hunian ini berada di kawasan perumahan Kunitachi City di ibu kota Jepang, Tokyo. Area perumahan ini kebetulan tidak terlalu ramai.

Baca juga: Keindahan Taman Jepang di Tengah Hunian Modern Meksiko

Setiap ruangan dalam rumah terhubung dengan taman atau halaman. Hal ini membuat ruangan menjadi terang dan lingkungan sekitar menjadi lebih terbuka.

Rumah ini memiliki nama seven garden house atau hunian dengan tujuh taman. Rumah ini memang mempunyai tujuh taman.

Ikawaya Architects mendesain rumah satu lantai ini memiliki ketinggian yang sama dengan taman. Studio arsitek punya alasan tersendiri untuk hal tersebut.

Baca juga:  Rumah Kotak dengan Sederetan Taman dan Teras

Saat pemilik ingin mengembangkan taman atau halaman yang ada untuk pengembangan ruangan, dia bisa memiliki area yang cukup lapang untuk mewujudkannya.

Hunian ini memenangkan penghargaan arsitektur G-Mark Japan Good Design Award 2018 untuk kategori rumah tinggal pribadi.

Asyik juga ya kalau rumah memiliki akses ke taman dan halaman. Usai bangun tidur, makan, memasak, atau bekerja, penghuni bisa melihat taman dan halaman.

Baca juga:  Tips Desain: Memadukan Furnitur Denmark dengan Taman Jepang

Setiap Bagian Rumah Menghadap ke Taman (Foto: Rumah123/Designboom)
Bagikan: 2310 kali