Bisnis sampingan karyawan ini bisa kamu lakukan di akhir pekan. Lumayan banget buat nambahin gaji yang masih kurang!

Open trip bisa menjadi bisnis sampingan karyawan yang menjanjikan sekaligus menyenangkan - Rumah123.com Open trip bisa menjadi bisnis sampingan karyawan yang menjanjikan sekaligus menyenangkan - 9Rumah123.com/Getty Images)

Biaya kebutuhan yang makin mahal sering membuat gaji bulanan cepat habis. Sebaik apapun perencanaan keuangan yang disusun, tapi jika sumber dananya kurang, tentu tak akan pernah cukup kan? Untuk mengatasinya, para pekerja kantoran bisa saja melakukan bisnis sampingan. Tenang, gak selamanya kok bisnis sampingan memakan waktu karyawan. Nyatanya, ada banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan hanya di akhir pekan, dan menghasilkan cuan yang lumayan!

Kira-kira, bisnis sampingan apa saja ya yang bisa dilakukan karyawan di akhir pekan? Yuk simak satu per satu di artikel ini!

Buka lapak di pasar kaget

Apakah di dekat rumahmu ada taman olahraga? Atau kamu gemar mendatangi Car Free Day? Biasanya di akhir pekan seringkali diselenggarakan pasar kaget di sejumlah lokasi tersebut. Nah, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk berdagang. Biasanya, lapak di pasar kaget bebas biaya alias gratis. Jenis barang yang dijual pun bisa sangat beragam.

Jika kamu punya modal, bisa menjual makanan dan minuman, atau barang-barang kekinian yang banyak dicari orang. Bagaimana jika kamu tak punya cukup modal? Jangan khawatir, banyak juga lho yang mencari pakaian-pakaian bekas pakai di momen seperti ini. Lumayan kan, daripada dibiarkan saja di rumah, sebaiknya barang-barang yang tak terpakai tersebut kamu jadikan uang.

Baca juga: Dengan 3 Cara Ini, Karyawan Gaji UMR Juga Bisa Punya Rumah!

Menjadi guru privat

Kamu yang punya keahlian cukup spesifik, seperti misalnya bermusik, berbahasa Inggris, olahraga, atau keahlian lainnya, sebaiknya manfaatkan skill-mu tersebut. Bagikan ilmu dan keahlian yang kamu miliki tersebut dengan menjadi guru bagi orang lain yang memerlukannya, dan tentu saja, hasilkan uang tambahan dari kegiatan tersebut. 

Mengambil project lepasan

Saat ini, banyak sekali perusahaan yang mempekerjakan freelancer alias pekerja lepas untuk berbagai posisi. Mulai dari penulis, desainer grafis, fotorgrafer, penerjemah, dan berbagai posisi lainnya. Umumnya, mereka akan memberikan pekerjaan berdasarkan project yang sedang berjalan.

Apabila kamu mempunyai kemampuan tersebut dan memiliki waktu luang di akhir pekan, maka tak ada salahnya mengambil project lepasan tersebut. Untungnya lagi, kamu bisa bekerja untuk berbagai project sekaligus. Coba deh, cek situs freelancer, dan temukan yang paling cocok untukmu. 

Membuat agensi open trip khusus akhir pekan

Bisnis sampingan karyawan satu ini cocok banget untukmu yang punya jiwa petualang. Saat ini, ada banyak agensi travel yang fokus membuat perjalanan open trip khusus akhir pekan. Konsepnya, kamu menentukan kota tujuan dan menyiapkan rangkaian rencana perjalanannya. Ajak orang lain hingga kuota terpenuhi, dan pada tanggal yang telah ditentukan, kamu tinggal memimpin perjalanan tersebut sesuai rencana. Kamu bisa mendulang uang sembari jalan-jalan deh!

Bagikan: 2604 kali