Setiap orang akan selalu membutuhkan makanan. Maka nggak heran jika bisnis kuliner tak akan mati.

Tapi perlu diketahui juga, bahwa bukan berarti setiap makanan yang dijual sudah pasti laku. Pelaku usaha makanan wajib tahu strategi bisnis yang tepat agar bisa bertahan di tengah banyaknya kompetitor. 

Salah satu trik dalam berbisnis kuliner adalah mengetahui jenis makanan yang sedang tren. Masyarakat Indonesia cenderung sering penasaran dengan apa yang sering mereka temui di media sosial. Pelaku bisnis harus pintar-pintar melihat peluang ini untuk mendulang cuan.

Lalu, apa makanan kekinian yang kira-kira bisa laku di pasaran? Nah, dalam artikel kali ini, kamu nggak cuma bakal menemukan bisnis kuliner yang laku di pasaran, melainkan juga yang memberikan omzet menjanjikan. Penasaran? Langsung saja simak sampai selesai artikel ini!

Dessert box

bisnis kuliner - rumah123.com Sumber: https://www.instagram.com/bittersweet_by_najla/

Setahun belakangan, makanan satu ini sering berseliweran di media sosial. Nggak heran banyak yang tertarik dengan dessert box. Kue sponge yang dilapisi krim keju dan coklat ganache di bagian atasnya memang sangat menggugah selera.

Cara pembuatannya pun sangat gampang, kamu tinggal membuat masing-masing bahan di atas satu per satu, lalu susun ke dalam sebuah kotak makan bening. Satu kotak dessert box bisa dijual dengan harga Rp75.000.

Baca juga: 4 Cara Paling Gampang Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Cinnamon roll banyak topping

bisnis kuliner - rumah123.com Sumber: https://www.instagram.com/mammadis_kitchen/

Cinnamon roll memang santapan klasik khas Amerika Serikat. Namun, berkat kreativitas netizen Instagram, roti yang aslinya hanya memiliki rasa kayu manis ini kemudian dimodifikasi dengan berbagai topping kekinian seperti green tea, cream cheese, chocomaltine, dan beragam topping lainnya.

Proses pembuatannya memang sedikit lebih lama dibandingkan dengan dessert box. Agar rasanya empuk dan lembut, kamu harus cukup sabar untuk menguleni adonan roti. Namun tentu saja, usahamu bisa terbayar mahal kok.

Sebab, rata-rata penjual cinnamon roll kekinian membanderol produk ini di kisaran harga Rp100.000-Rp200.000 untuk satu loyang yang berisi 9 pcs roti, tergantung dari topping yang diberikan. Lumayan kan?

Baca juga: 5 Jenis Usaha dengan Modal Kecil Ini Ternyata Janjikan Keuntungan Besar!

Banoffee pie

bisnis kuliner - rumah123.com

Konsep banoffee pie sebenarnya mirip-mirip dengan dessert box. Dihidangkan dalam sebuah kontainer plastik bening, banoffee terbuat dari bahan dasar biskuit, karamel, whip cream, pisang, dan bubuk cocoa.

Proses pembuatannya pun sebelas dua belas dengan dessert box, namun cenderung lebih mudah karena kamu tak perlu memanggang kue sebelumnya. Cukup menumpuk setiap bahan dalam kontainer plastik yang telah dipersiapkan dan banoffee pun siap disajikan. Satu kotak banoffee berukuran 18x18 dijual dengan harga Rp175.000-Rp200.000.

Salmon mentai

bisnis kuliner - rumah123.com Sumber: https://www.instagram.com/KokoKitchen.id/

Makanan yang satu ini sudah populer sejak dua tahun belakangan. Namun kenikmatannya membuat banyak orang masih mencari-cari menu satu ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menu satu ini memang cukup mahal lantaran cukup susah dicari.

Kamu perlu menyiapkan potongan salmon, mayonaise, selai keju, rumput laut, dan telur ikan terbang untuk membuat seporsi mentai. Namun tenang saja, pasar salmon mentai hingga kini masih ramai kok. Kamu bisa menjual seporsi salmon mentai dengan harga Rp60.000-Rp70.000. Kamu juga bisa mengganti topping salmon dengan yang lain loh, misalnya seperti ikan dori, crabstick, ayam, atau daging. 

Salad buah

bisnis kuliner - rumah123.com Sumber: https://www.instagram.com/frugile_sby/

Salad buah memang bukan jenis makanan baru di Indonesia. Tapi, popularitasnya tetap tinggi lho hingga sekarang. Bahkan, banyak orang yang memodifikasi salad buah dengan menambahkan mayonaise dan keju di dalamnya.

Cara membuat salad buah sangat lah mudah. Berbagai potongan buah, dicampur dengan yoghurt, mayonaise, dan keju, maka jadilah seporsi salad buah. Semakin variatif jenis buah yang ada di dalamnya, tentu semakin mahal pula harga jualnya.

Buat kamu yang mau bisnis kuliner tanpa ribet, bisa menjual menu satu ini. Di pasaran, harga salad buah cup kecil mulai dari Rp35.000, sedangkan untuk yang berukuran besar bisa mencapai Rp70.000.

Itu dia sejumlah menu makanan yang bisa dipilih untuk kamu yang baru mau mulai bisnis kuliner. Tak perlu menyewa toko, semua proses, mulai dari pembuatan produk hingga penjualan bisa dijalankan dari rumah.

Sebelum tren tersebut berakhir, sebaiknya kamu segera memulainya! Yuk, jadi pengusaha sekarang juga dan kerajaan bisnismu sendiri!

Bagikan: 2694 kali