Kamu yang bergaji UMR juga bisa punya rumah dengan cara-cara berikut ini!

gaji umr - rumah123.com

Hampir semua orang menganggap bahwa rumah merupakan sebuah barang mewah yang hanya bisa dibeli oleh orang-orang berpenghasilan tinggi. Tapi faktanya, pemikiran tersebut justru salah. Banyak kok orang bergaji UMR yang berhasil membeli rumah. 

Banyak cara yang bisa ditempuh untuk membeli rumah, baik untuk karyawan dengan gaji UMR sekalipun

Untuk kamu yang masih ragu, sebaiknya baca sampai selesai artikel ini. Rumah123.com akan memberi tips membeli rumah untuk kamu yang punya gaji UMR. Setelah itu kamu pun akan percaya, bahwa gaji UMR bukan halangan untuk bisa memiliki rumah. 

Ikut program KPR rumah subsidi

Pemerintah telah meluncurkan program dalam bidang perumahan yang diberi nama KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Program ini juga biasa disebut sebagai program KPR rumah subsidi.

KPR subsidi dirancang agar masyarakat Indonesia, baik yang berpenghasilan rendah sekalipun, masih memiliki akses untuk membeli rumah pribadi. Rumah yang dijual umumnya tipe 36 hingga tipe 72, dengan kisaran harga Rp 100 jutaan.

Syarat-syarat cicilan rumah subsidi pemerintah lewat skema FLPP pun tak rumit. Beberapa di antaranya misalnya sudah bekerja selama 1 tahun dan berpenghasilan maksimal Rp 4 juta.

Pertimbangkan untuk membeli rumah lelang

Masih ada cara lain untuk membeli rumah dengan gaji minimal, yaitu melalui lelang rumah. Rumah yang dijual secara lelang merupakan rumah sitaan milik nasabah bank yang tidak mampu melunasi cicilan KPR yang harus dibayarkan setiap bulan.

Maka dari itu, harganya lebih murah dari harga rumah di pasaran, bahkan hingga 10% perbedaannya. Beberapa bank juga mengadakan program KPR untuk rumah lelang. Kamu bisa mengecek situs resmi mereka secara berkala untuk tahu informasi terbaru.

Cari KPR yang menawarkan DP 0%

Saat ini, Bank Indonesia memiliki aturan yang membebaskan bank menentukan uang muka yang harus dibayar nasabah, bahkan hingga 0 persen atau 10 persen untuk rumah pertama.

Kamu bisa menabung untuk mengumpulkan DP sebesar 10%, atau mencari bank yang menyediakan KPR sebesar 0%. Untuk kamu yang punya gaji UMR, tak perlu menunggu waktu lama deh untuk mengumpulkan uang muka. Kesempatan untuk punya rumah pun terbuka lebar!

Alokasikan pengeluaran untuk cicilan rumah

Mencicil rumah adalah tanggung jawab yang akan berlangsung dalam jangka waktu panjang. Apabila kamu tak terbiasa menyisihkan uang dalam waktu lama seperti untuk KPR, maka sebaiknya kamu mulai membiasakan diri. Supaya bisa memproyeksikan berapa jumlah cicilan yang harus dibayarkan kelak, kamu bisa coba manfaatkan kalkulator KPR di sini. 

Banyak jalan menuju Roma, banyak juga cara untuk memiliki rumah bagi karyawan dengan gaji UMR sekalipun. Jangan patah semangat dan semoga kamu semakin termotivasi untuk membeli rumah ya!

Bagikan: 8082 kali