Ruang Makan Alfresco- Rumah123.com Desainer Interior Lana Taylor Memberikan Sejumlah Tips Bagaimana Mendesain Ruang Makan Outdoor Ala Alfresco (Foto: Rumah123/Three Birds Renovations/Realestate.com.au)

Kalau punya beranda yang cukup, waktunya untuk mengubah area ini menjadi ruang makan outdoor ala alfresco. Ada sejumlah tips yang bisa diaplikasikan.

Beranda berukuran kecil atau pun besar bisa dimanfaatkan untuk area makan ala alfresco. Tidak peduli soal ukuran, yang terpenting adalah kreativitas pemilik rumah.

Alfresco berarti makan di luar ruangan. Frasa kata ini diambil dari bahasa Italia, meski tidak bermakna yang sama.

Baca juga: Mau Suasana Berbeda Di Ruang Makan? Atur Lampu Dong Ah

Bagi kamu yang sering berwisata kuliner, pastinya sering menjumpai alfresco dining. Ini maksudnya adalah bersantap di luar ruangan, di tempat terbuka.

Kamu bisa menciptakan area makan alfresco di rumah. Manfaatkan beranda meski tidak terlalu luas. Sebelum mengubahnya, ada sejumlah tips yang bisa dipraktikkan.

Situs properti Realestate.com.au menanyakan hal ini kepada Lana Taylor, seorang desainer interior. Realestate.com.au adalah laman milik REA Group Australia, induk perusahaan situs properti Rumah123.com.

Baca juga: Ingin Selalu Menyantap Makanan Sehat? Pasang Cermin di Ruang Makan!

Taylor merupakan salah satu dari tiga desainer interior yang terkenal dengan Three Birds Renovations. Trio ini baru saja merenovasi rumah kesepuluh.

Trio ini terdiri dari Lana Taylor, Bonnie Hindmarsh, dan Erin Cayless. Mereka merenovasi sejumlah rumah di Australia. Trio ini juga membuat buku mengenai desain interior.

Dia memberikan tips dan trik bagaimana memberikan warna baru pada beranda. Apa saja sih yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Yuk, Pasang Lukisan Vintage di Ruang Makan

 

Membuat Daftar Pertanyaan

Taylor memberikan tips dengan membuat daftar pertanyaan bagi mereka yang ingin mengubah beranda menjadi ruang makan ala alfresco. Ada sejumlah pertanyaan yaitu area alfresco ini digunakan untuk apa, berapa lama saya akan menggunakannya.

Saya akan mendesain area ini untuk diri sendiri atau menjamu orang, apakah sinar matahari ada kaitannya dengan ruang, kapan saya akan menggunakan ruangan ini-pagi, siang, sore, atau malam.

Apakah saya akan menggunakan area ini setiap saat termasuk musim hujan, apakah ada pohon yang daunnya jatuh ke area ini, apakah saya perlu penutup atap agar area ini tidak terkena hujan.

Taylor menyatakan saat mendekorasi area alfresco, sebaiknya memilih peralatan dan furnitur dengan tekstur lembut. Jangan lupa untuk menambahkan bantal kursi atau cushion, karpet, dan juga dekorasi lainnya dengan tekstur yang membuat area luar ruangan ini menjadi bagian yang menyenangkan.

Kehadiran tanaman bisa menyempurnakan sentuhan sesungguhnya dalam desain area makan alfresco. Tempatkan tanaman dalam pot. Penempatan bisa ditaruh di bawah atau digantung.

 

Menyatukan Suasana Indoor dan Outdoor

“Area alfresco ideal bagi saya adalah area yang menciptakan koneksi tanpa batas antara indoor (dalam ruangan) dan outdoor (luar ruangan),” ujar Taylor seperti dikutip dari Realestate.com.au.

“Desain outdoor alfresco seharusnya memiliki banyak fitur area berdiri, beberapa opsi untuk duduk, kamu bisa duduk dengan santai dan juga akses mudah ke dapur,” lanjutnya.

“Untuk rumah keluarga, juga sangat ideal kalau area alfresco bisa melihat halaman belakang, mudah-mudahan ada area rumput untuk anak-anak bermain,” kata Taylor lagi.

Bagikan: 2149 kali