OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Disebut Sarang Kuntilanak, Ahli Tata Kota Tolak Wisma Atlet Jadi Rusun. Ini Alasannya!

06 Februari 2023 · 3 min read Author: Nik Nik Fadlah

wisma atlet kemayoran

Diusulkan dijadikan sebagai rusun, Ahli Tata Kota sebut jika Wisma Atlet lebih baik dipersiapkan untuk gelaran internasional. Berikut informasinya!

Setelah tak lagi difungsikan sebagai Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC), muncul sebuah wacana terkait dengan alih fungsi Wisma Atlet sebagai rumah susun (rusun). 

Wacana tersebut muncul setelah Ketua Komisi D DPRD Jakarta Ida Mahmudah mengusulkan agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengambil alih bangunan tersebut untuk difungsikan sebagai rusun. 

“Wisma atlet daripada mangkrak banyak kuntilanaknya, Pemda DKI memproses itu untuk kita minta jadikan rusun atasnya, bawahnya kita buat rumah sakit anaklah, kita kan butuh,” kata Ida Mahmudah dikutip dari Metrotvnews.com. 

Sontak saja, hal ini pun menuai kontra dari banyak kalangan, termasuk Ahli Tata Kota.

Ahli Tata Kota Tak Setuju Wisma Atlet Dijadikan Rusun

kondisi wisma atlet

Sumber: Kompas.com

Terkait dengan wacana tersebut, Ahli Tata Kota Universitas Trisakti Nirwono Joga tak setuju dengan usulan itu. 

Menurutnya, di Kota Jakarta tidak ada fasilitas yang mumpuni. Terlebih lagi dalam beberapa waktu ke depan, akan ada banyak agenda olahraga internasional yang diselenggarakan di Jakarta. 

Seperti, Piala Dunia U20, Formula E, Olimpiade, dan lain sebagainya. 

Alih-alih dijadikan sebagai rusun, Nirwono mengatakan akan lebih baik jika Wisma Atlet difungsikan kembali sesuai dengan rencana semula. 

“Lebih baik kembali ke rencana semula dibangunnya gedung-gedung itu, namanya Wisma Atlet berarti tetap dan diutamakan untuk para atlet dan kegiatan-kegiatan olahraga internasional,” kata Nirwono seperti dilansir Detik.com. 

Perlu Ada Pengkajian Ulang

wisma atlet jadi rusun

Sumber: Kompas.com

Nirwono juga menjelaskan, jika memang pernah ada wacana dari pemerintah pusat untuk mengalihfungsikan Wisma Atlet sebagai rusunawa bagi ASN Kementerian

Bahkan, wacana tersebut muncul sebelum diungkapkan oleh anggota legislatif DKI Jakarta.

Menurut Nirwono, diperlukan pengkajian ulang terhadap rencana kota Jakarta ke depannya jika bangunan ini ingin dialihfungsikan. 

“Jika pemerintah berencana menjadikan Jakarta kota olahraga dunia dengan berbagai kalender kegiatan olahraga internasional bahkan menargetkan menjadi tuan rumah olimpiade, maka keberadaan Wisma Atlet harus dipertahankan dan dipelihara dengan baik,” kata Direktur Eksekutif Pusat Studi Perkotaan itu.

Ia juga menambahkan, jika ada kebutuhan rusun untuk masyarakat, akan lebih baik jika Pemprov DKI Jakarta mendirikan sendiri bangunan rusun dengan melihat kemampuan anggaran daerah. 

“Jadi jangan ada kesan Pemda DKI mau gampangnya saja, harusnya Pemda DKI membangun lebih banyak rumah susun untuk warga DKI sendiri dengan APBD DKI yang cukup besar,” tutupnya. 

***

Itulah sejumlah informasi mengenai wacana Wisma Atlet yang akan dialihfungsikan sebagai rusun. 

Bagaimana tanggapan Property People terkait hal ini?

Baca juga informasi menarik lainnya seputar kabar properti hanya di artikel.rumah123.com.

Jangan lupa untuk selalu mengikuti akun Google News kami agar tak ketinggalan berita terbaru, ya.

Yuk, segera wujudkan kemudahan untuk memiliki rumah impian bersama Rumah123.com karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA