OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

17 Cerita Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak yang Penuh Pesan Moral

07 Desember 2023 · 18 min read Author: Nik Nik Fadlah · Editor: Kartika Ratnasari

cerita dongeng sebelum tidur

Sumber: Istockphotos.com

Ingin menceritakan kisah inspiratif kepada anak sebelum tidur? Ini sejumlah kumpulan cerita dongeng sebelum tidur yang bermakna!

Menceritakan sebuah dongeng merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan oleh orang tua kepada anak-anak sebelum tidur. 

Kegiatan tersebut bukan hanya menjadi alternatif yang ampuh untuk mengatasi susah tidur, melainkan juga bisa membantu membiasakan si Kecil untuk rajin membaca. 

Kendati demikian, sangat disarankan bagi para orang tua untuk memilih cerita dongeng sebelum tidur yang penuh makna dan pesan moral. 

Hal tersebut dilakukan agar anak bisa mengambil pembelajaran dari kisah yang diceritakan. 

Lantas, apa saja dongeng pendek penuh makna yang bisa dibacakan?

Kumpulan Cerita Dongeng Sebelum Tidur

Dilansir dari berbagai sumber ini contoh cerita tidur yang menarik.

1. Cerita Dongeng Pendek Sebelum Tidur yang Menarik

Peri Air

Alkisah, terdapat sebuah kampung dengan tanah subur yang dihuni banyak warga.

Suatu hari, kemarau panjang melanda. Sawah-sawah gagal panen karena tidak ada air dan kebun pun tidak menghasilkan buah. 

Di pinggiran kampung, ada suatu sumur di taman belakang rumah seorang nenek.

Si Nenek hidup bersama cucu laki-lakinya. Sumur nenek ini airnya sangat sedikit. Saat itu, cucunya sedang sakit karena kurang minum. Si Nenek pun menimba air sedikit demi sedikit untuk diberikan kepada cucunya.

Lama-kelamaan tubuh si Nenek melemah. Untungnya, si Cucu mulai membaik. Sekarang, gantian sang Cucu yang merawat si Nenek. Si Cucu merawat sang Nenek dengan penuh kasih sayang.

Pada suatu hari, datanglah peri cantik bersayap biru.

“Saya ingin memberikan ini,” kata si Peri sambil menyodorkan botol kecil berisi air.

“Tuangkan semua airnya ke dalam sumur kalian.”

Sesuai perintah si Peri, sang Cucu menuangkan isi botol ke dalam sumur. Tiba-tiba, sumur yang kering itu penuh dengan air. Ia bersorak gembira dan bersyukur kepada Tuhan. Tak lupa, mereka membagikan air sumur itu kepada semua orang.

Jenis sumur air itu tak pernah kering.

Pesan Moral

Dongeng sebelum tidur yang panjang ini mengajarkan kita untuk menolong seseorang dengan ikhlas dan tanpa pamrih.

Niscaya, keikhlasan tersebut akan membawamu mendapatkan bantuan orang lain ketika sedang kesulitan.

2. Cerita Dongeng Sebelum Tidur yang Panjang 

Kancil dan Buaya

Kancil, merupakan binatang yang terkenal cerdik di hutan. Suatu hari, Kancil ingin menyebrangi sungai dan mencari makanan di daratan sebelah sungai.

Namun, jembatan yang biasa dipakai untuk menyebrang rusak terkena gempa bumi yang mematikan tadi malam. Kancil yang kebingungan tiba-tiba memiliki ide.

Ia mencari Pak Buaya yang terkenal galak dan kejam. Dengan ketakutan, ia mendekati Pak Buaya.

Pak Buaya yang melihat Kancil pun langsung menerkam kaki si Kancil.

Kancil berteriak kaget, “Pak Buayaa…. tolong jangan makan saya sekarang…. tolong”

Katanya “Kenapa memangnya? Saya sangat lapar. Dan kamu terlihat enak sekali.”

“Beri saya waktu beberapa jam untuk menggendutkan tubuh saya terlebih dahulu, supaya daging saya lebih banyak, dan Pak Buaya bisa lebih puas memakannya,” mohon si Kancil pada Buaya.

“Tidak, kamu pasti mau menipuku dan melarikan diri,” tolak Buaya.

“Saya berjanji pak, selagi saya membesarkan badan, bapak bisa panggil teman-teman yang lain juga untuk menyantap saya. Tentu tubuh saya akan semakin besar dan bisa dibagi-bagikan pada teman-teman bapak. Namun saya harus mencari makanan di seberang. Karena makanan di daerah sini sudah sangat sedikit, saya tidak bisa menggendut disini. Ada berapa banyak teman yang bapak punya?” tanya Kancil.

“Banyak sekali” ujar Buaya.

“Kalau begitu coba panggil semuanya dan minta mereka berjajar supaya saya bisa menghitungnya. Jadi saya tahu akan dibagi berapa badan saya, setelah saya gemuk nanti” kata Si Kancil lagi pada Buaya.

Dengan polosnya, Buaya menuruti Kancil dan memanggil semua temannya, dan memintanya berjajar supaya Kancil bisa menghitung.

Setelah semua berkumpul, dan berjajar, Kancil menaiki satu per satu buaya-buaya itu sambil menghitungnya.

Kancil terus menjajaki buaya hingga ke sebrang sungai, dan kemudian berlari secepat mungkin untuk menghindari kawanan buaya, sebelum ia menjadi santapan.

Buaya-buaya itu merasa sangat bodoh, dan menyadarinya jika mereka hanya ditipu dan diperdaya oleh Kancil.

Sedangkan Kancil? Dia berhasil menyebrang dan tidak dijadikan santapan buaya-buaya itu.

Pesan Moral

Dongeng anak sebelum tidur kancil dan buaya memiliki pesan moral bahwa kecerdikan dapat mengalahkan kekuatan.

3. Cerita Dongeng Sebelum Tidur Lucu 

Kelinci dan Kura-Kura

Suatu hari, hiduplah kura-kura dan seekor kelinci di hutan.

Kura-kura yang rendah hati, menerima ajakan si Kelinci, tanpa tahu maksud jelek di belakangnya.

Si Kelinci yang sudah yakin sekali menang, sangat bersemangat dan mengabarkan ke seluruh hutan jika ia akan mengikuti lomba lari dengan kura-kura.

Dengan sombongnya ia menyuruh seisi hutan untuk melihat kemenangannya.

Pada hari perlombaan, seperti yang sudah dibayangkan, Kelinci melesat dengan cepat di awal.

Sedangkan, kura-kura yang berjalan lambat dengan santainya terus berlari sebisa mungkin mengejar kelinci.

Mendekati garis akhir, Kelinci memutuskan untuk tertidur sejenak di bawah pohon, karena yakin sekali kura-kura tidak akan mungkin menyusulnya.

Namun ternyata, Kelinci tertidur pulas lebih lama dari yang ia rencanakan dan kura-kura pun menyusul serta memenangkan lomba.

Pesan Moral

Dongeng panjang sebelum tidur ini mengajarkan kita bahwa sifat kerja keras dan pantang meyerah akan membawamu pada kesuksesan. Meskipun, hal tersebut nampaknya mustahil untuk diraih.

4. Cerita Dongeng Sebelum Tidur Panjang yang Populer

Bawang Merah dan Bawang Putih

Dahulu kala, hiduplah Bawang Putih dan saudara tirinya, Bawang Merah.

Ibu Bawang Putih meninggal ketika ia masih bayi. Kemudian ayahnya menikah lagi dengan wanita lain dan memiliki anak bernama Bawang Merah.

Tak berselang lama, ayahnya pun meninggal.

Setelah itu, kehidupan Bawang Putih amat menyedihkan. Kesehariannya, Bawang Putih selalu diminta untuk mengerjakan seluruh pekerjaan rumah termasuk mencuci baju.

Suatu hari ketika sedang mencuci, baju ibu tiri Bawang Putih hanyut.

Bawang Putih pun bingung sampai akhirnya bertemu dengan seorang nenek yang mengatakan kalau ia menyimpan baju yang hanyut itu dan akan mengembalikannya dengan satu syarat.

Bawang Putih harus membantu mengerjakan pekerjaan rumah.

Alhasil, Bawang Putih pun menuruti permintaannya tersebut.

Setelah selesai, nenek itu mengembalikan baju milik ibu tirinya. Nenek itu juga memberinya hadiah. Bawang Putih harus memilih salah satu labu untuk dibawa pulang, ada labu besar dan labu kecil.

Bawang Putih memilih yang kecil. Sesampainya di rumah alangkah terkejutnya ia beserta ibu dan saudara tirinya, ternyata labu itu berisi banyak perhiasan.

Esok hari, Bawang Merah melakukan hal yang sama seperti Bawang Putih. Ia pura-pura menghanyutkan pakaiannya. Kemudian, memilih labu yang besar. Ketika dibuka labu itu malah berisi ular.

Bawang Merah dan ibunya pun merasa itu adalah bentuk teguran dari Tuhan untuk mereka karena sudah memperlakukan Bawang Putih layaknya seorang pembantu.

Mereka menyadari semua kesalahannya selama ini pada Bawang Putih dan meminta maaf.

Pesan Moral

Kepada sesama, janganlah untuk beperilaku buruk dan memiliki sifat serakah. Sebab, keduanya merupakan sifat tak terpuji yang tidak disukai oleh Allah Swt.

5. Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur Penuh Nilai

Malin Kundang

Di sebuah desa nelayan di tepi pantai Sumatera Barat, tinggalah Malin Kundang dan ibunya yang hidup dalam kemiskinan. Malin Kundang dikenal sebagai anak yang durhaka kepada ibunya. Setiap hari, ia bekerja keras untuk membantu ibunya memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Suatu hari, Malin Kundang memutuskan untuk merantau ke negeri seberang untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Ia meninggalkan ibunya dengan janji akan kembali setelah berhasil.

Tahun-tahun berlalu, Malin Kundang berhasil menjadi pedagang kaya raya. Ia memiliki banyak kapal dan anak buah. Namun, kesuksesannya itu mengubah hatinya menjadi sombong dan lupa akan ibunya.

Suatu hari, Malin Kundang beserta kapal-kapalnya berlabuh di desanya. Ibunya yang sudah tua dan renta mendengar kabar tersebut dan bergegas menuju pantai untuk menemui anaknya.

Melihat ibunya yang sudah tua dan miskin, Malin Kundang merasa malu. Ia menyangkal bahwa wanita tua itu adalah ibunya. Ia bahkan mengusir ibunya dan menyuruhnya pergi.

Ibu Malin Kundang sangat sedih dan kecewa mendengar perkataan anaknya. Ia mengutuk Malin Kundang menjadi batu karena telah durhaka kepada ibunya.

Pesan Moral

Cerita dongeng panjang Malin Kundang memiliki pesan moral agar kita selalu berbakti kepada kedua orangtua.

Tak hanya itu pesan moral Malin Kundang juga mengajarkan untuk jangan memiliki sifat durhaka seperti halnya Malin Kundang. Sebab, sifat tersebut bisa mendatangkan bahaya kepada diri sendiri.

6. Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur dari Kisah Legenda

Batu Menangis

Dahulu kala, di sebuah desa terpencil hiduplah seorang janda tua bersama dengan putrinya yang cantik jelita bernama Darmi.

Keduanya tinggal di sebuah gubuk yang terletak di ujung desa.

Darmi adalah seorang gadis yang cantik. Namun, hal tersebut berbanding terbalik dengan tingkah lakunya.

Sehari-hari Darmi selalu bersolek di kamarnya. Saking cinta terhadap parasnya, ia tak pernah mau membantu ibunya untuk membereskan rumah.

Meskipun kamarnya selalu berantakan Darmi tidak peduli.

Sementara, sang ibu sudah cukup berumur, setiap hari selalu bekerja keras demi mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Darmi selalu memperlakukan sang ibu seperti pembantu. Setiap ditanya siapa yang berjalan di belakangnya, ia selalu menjawab bahwa ibunya adalah budaknya.

Perlakukan Darmi yang selalu seperti itu membuat sang ibu sakit hati. Sang ibu pun mengutuk putri semata wayangnya tersebut.

Secara perlahan Darmi berubah menjadi batu. Ia terus menangis dan memohon kepada ibunya.

Namun, semua sudah terlambat. Kini tubuhnya berubah menjadi batu yang terus mengeluarkan air mata.

Pesan Moral

Cerita dongeng panjang Batu Menangis memiliki pesan moral untuk tidak menyakiti hati orang tua kita.

Sebab, kedua orang tua telah memberikan cinta dan kasih sayang kepada kita.

7. Cerita Anak Sebelum Tidur Tema Fantasi

Semut dan Belalang

Di sebuah padang rumput yang luas, hiduplah seekor semut bernama Semut Rajin dan seekor belalang bernama Belalang Pemalas. Semut Rajin selalu bekerja keras, mengumpulkan makanan dan mempersiapkan diri untuk menghadapi musim dingin yang panjang. Sementara itu, Belalang Pemalas hanya bersenang-senang dan menghabiskan waktunya untuk bermain tanpa peduli dengan masa depan.

Suatu hari, Semut Rajin mengajak Belalang Pemalas untuk membantunya mengumpulkan makanan. Namun, Belalang Pemalas menolak dengan nada angkuh. “Untuk apa bekerja keras? Musim dingin masih jauh. Lebih baik kita bersenang-senang,” katanya sambil tertawa terbahak-bahak.

Semut Rajin hanya menggelengkan kepalanya dan melanjutkan pekerjaannya. Ia tahu bahwa Belalang Pemalas akan menyesali sikapnya nanti.

Ketika musim dingin tiba, Belalang Pemalas mulai kelaparan. Ia tidak memiliki persediaan makanan dan tidak tahu harus mencari kemana. Ia pun mendatangi Semut Rajin dan meminta bantuannya.

Semut Rajin kasihan melihat Belalang Pemalas yang kelaparan. Ia memberinya sedikit makanan dan berkata, “Lihatlah apa akibatnya jika kamu tidak bekerja keras dan mempersiapkan diri untuk masa depan.”

Belalang Pemalas sangat menyesali sikapnya yang dulu. Ia berterima kasih kepada Semut Rajin dan berjanji akan lebih rajin di masa depan.

Pesan Moral

Cerita anak sebelum tidur ini memiliki pesan moral untuk tidak pernah meremehkan kerja keras orang lain.

Selain itu, cerita ini pun mengajarkan kita untuk tidak memiliki sifat malas.

8. Cerita Dongeng Sebelum Tidur Panjang Fabel

Beruang dan Lebah

Di tengah hutan yang rimbun dan sunyi, tinggalah seekor beruang bernama Bruno. Bruno dikenal sebagai beruang yang rakus dan suka memakan madu. Setiap hari, ia berkeliling hutan mencari sarang lebah untuk memuaskan keinginannya.

Suatu hari, Bruno menemukan sarang lebah yang sangat besar dan penuh dengan madu. Ia menggosok-gosokkan tangannya dengan penuh semangat dan bersiap untuk mencicipi madu lezat itu.

Namun, saat Bruno hendak meraih madu, kawanan lebah yang marah langsung menyerangnya. Mereka menyengat Bruno dengan sengatan mereka yang tajam, membuat Bruno kesakitan dan menjerit-jerit.

Bruno berusaha melarikan diri dari serangan lebah, tetapi mereka terus mengejarnya. Bruno berlari secepat mungkin, tetapi lebah-lebah itu terus menyengatnya.

Akhirnya, Bruno terjatuh ke dalam sungai. Lebah-lebah pun berhenti mengejarnya karena tidak bisa terbang di dekat air. Bruno pun terengah-engah dan merasa sangat lelah.

Setelah lebah-lebah pergi, Bruno keluar dari sungai. Ia merasa sangat menyesal karena telah mengusik sarang lebah. Ia menyadari bahwa keserakahannya telah menyebabkan dirinya celaka.

Bruno pun berjanji pada dirinya sendiri bahwa ia tidak akan lagi mengusik sarang lebah dan akan lebih menghargai hewan-hewan lain di hutan. Ia pun belajar untuk bersyukur dengan apa yang ia miliki.

Pesan Moral

Dongeng sebelum tidur panjang ini mengajarkan kita untuk lebih bijaksana dalam menahan diri. Sebab, sifat gegabah hanya akan mendatangkan hal buruk kepada kita.

9. Cerita Sebelum Tidur yang Bermakna

Pulau Kapal

Dahulu, di Kepulauan Bangka Belitung hiduplah keluarga yang sangat miskin.

Pada suatu hari, sang Ayah dari keluarga tersebut menemukan sebatang tongkat berhias permata yang nilainya sangat mahal.

Tak berpikir lama, tongkat tersebut pun dibawanya pulang dan ditunjukkan kepada sang Istri dan anak laki-lakinya.

Mereka sepakat untuk menjual tongkat tersebut, nanti uang itu akan digunakan untuk modal usaha.

Kemudian, sang anak berangkat ke seberang pulau untuk menjual tongkat. Sang anak mendapatkan beratus-ratus keping emas.

Bukannya pulang ke rumah, ia malah pergi berlayar untuk berdagang. Kedua orang tuanya terus menunggu dan mengira kalau putra mereka sudah tewas.

Beberapa tahun berlalu, datanglah kapal mewah milik saudagar kaya bersama 15 orang istrinya.

Sang anak pun menghampiri kedua orang tuanya sembari memberikan sekantung uang, tetapi salah satu istrinya merasa tidak senang.

Ketika ditanya siapa kedua orang itu, ia menjawab mereka adalah pengemis. Jawaban ini terdengar oleh kedua orang tuanya.

Orang tuanya pun merasa sakit hati diperlakukan demikian.

Tak berselang lama, terjadilah badai dan kapal yang ditumpangi sang anak dan para istrinya pun karam.

Bangkai kapal yang mewah menjelma menjadi sebuah pulau. Konon sang saudagar bersama para istrinya menjelma menjadi monyet penunggu pulau yang diberi nama Pulau Kapal tersebut.

Pesan Moral

Dongeng anak sebelum tidur terbaru ini mengajarkan kita untuk tidak boleh menyakiti hati kedua orang tua. Karena mereka sangat berjasa dalam kehidupan kita.

10. Cerita Dongeng Panjang Sebelum Tidur yang Melegenda

Cinderella

Alkisah, hiduplah seorang gadis cantik bernama Cinderella. Ia tinggal bersama ibu tiri dan dua saudara tirinya yang kejam.

Setiap harinya, Cinderella harus bekerja keras mengerjakan pekerjaan rumah tangga, sementara ibu tiri dan saudara tirinya bersenang-senang.

Pada suatu hari, raja mengadakan pesta dansa di istana untuk pangerannya. Semua gadis di kerajaan diundang, termasuk ibu tiri dan saudara tiri Cinderella.

Namun, Cinderella tidak diizinkan pergi ke pesta karena harus bekerja.

Cinderella pun sangat sedih. Ia menangis di kamarnya seorang diri.

Tiba-tiba, muncul seorang ibu peri yang baik hati. Ibu peri mengubah Cinderella menjadi seorang putri yang cantik dan memberinya gaun pesta yang indah.

Cinderella pergi ke pesta dansa dan bertemu dengan pangeran. Pangeran langsung jatuh cinta kepada Cinderella. Mereka berdansa bersama sepanjang malam.

Ketika tengah malam tiba, Cinderella harus pulang karena sihir ibu peri akan hilang. Cinderella berlari meninggalkan istana, tetapi salah satu sepatu kacanya terlepas.

Pangeran menemukan sepatu kaca itu dan berjanji akan menikahi gadis yang kakinya pas dengan sepatu itu.

Pangeran pergi ke seluruh kerajaan untuk mencari gadis yang memiliki sepatu kaca itu.

Akhirnya, pangeran menemukan Cinderella. Cinderella mencoba sepatu kaca itu dan ternyata ukurannya pas dengan kakinya.

Pangeran dan Cinderella pun akhirnya menikah dan hidup bahagia selamanya.

Pesan Moral

Cerita sebelum tidur ini mengajarkan bahwa kebaikan akan dibalas dengan kebaikan, dan kejahatan akan dibalas dengan kejahatan.

11. Cerita Dongeng Sebelum Tidur tentang Pentingnya Sifat Menolong

Gadis Penjual Korek Api

Pada malam Natal yang dingin di sebuah tempat, hiduplah seorang gadis kecil dengan pakaian tipis berjalan di tengah kota.

Ia menjual korek api untuk membantu perekonomian keluarganya.

Gadis itu berjalan dari rumah ke rumah, tetapi tidak ada yang mau membeli korek apinya. Ia pun semakin kedinginan dan lapar.

Akhirnya, gadis itu duduk di sudut jalan dan menyalakan satu korek api. Ia melihat sebuah tungku api yang hangat.

Gadis itu pun membungkuk di atas tungku api itu untuk menghangatkan diri.

Ketika korek api itu padam, tungku api itu pun menghilang. Gadis itu menyalakan korek api lagi, dan kali ini ia melihat sebuah meja makan yang penuh dengan makanan. Gadis itu pun mulai makan.

Ketika korek api itu padam, meja makan pun menghilang. Gadis itu menyalakan korek api lagi, dan kali ini ia melihat sebuah pohon Natal yang indah. Gadis itu pun tersenyum bahagia.

Ketika korek api itu padam, pohon Natal pun menghilang. Gadis itu menyalakan korek api terakhirnya, dan kali ini ia melihat neneknya yang sudah meninggal.

“Nenek,” teriak sang gadis, “Bawa aku pergi bersamamu. Aku tidak tahan dengan dingin dan kelaparan ini.”

Neneknya pun memeluknya erat. Gadis itu pun merasa sangat bahagia.

Keesokan paginya, orang-orang menemukan gadis itu tergeletak di jalan, sudah meninggal. Di tangannya masih tergenggam korek api yang habis terbakar.

Pesan Moral

Dongeng tidur ini mengajarkan kita untuk selalu menolong sesama saat dalam kesusahan. Baik itu, teman, keluarga, maupun orang lain di sekitar.

12. Cerita Dongeng Pendek Sebelum Tidur Sebagai Referensi

Telaga Warna

Dahulu kala, di sebuah desa di Jawa Barat, hiduplah seorang raja dan ratu. Mereka adalah raja dan ratu yang baik hati dan dicintai oleh rakyatnya.

Namun, ada satu hal yang membuat raja dan ratu murung, yaitu mereka belum memiliki anak.

Suatu hari, sang raja memutuskan untuk bertapa di sebuah gua di hutan untuk meminta keturunan kepada Tuhan.

Setelah beberapa bulan bertapa, raja pun kembali ke istana dengan membawa kabar gembira, bahwa sang ratu sedang hamil.

Beberapa bulan kemudian, sang ratu melahirkan seorang putri yang cantik.

Putri tersebut tumbuh menjadi seorang putri yang cantik, baik hati, dan cerdas.

Suatu hari, ketika sang putri berusia 17 tahun, ia mengadakan pesta ulang tahun yang besar. Ia mengundang semua orang di desa untuk datang, termasuk rakyat jelata.

Pada saat pesta, putri memakai kalung yang terbuat dari berbagai macam permata. Kalung tersebut sangat indah dan berharga.

Di tengah-tengah pesta, putri menari dengan riang gembira. Namun, tiba-tiba kalungnya terlepas dan jatuh ke tanah.

Putri sangat marah dan sedih. Ia memerintahkan para pelayannya untuk mencari kalung tersebut.

Namun, kalung tersebut tidak ditemukan di mana pun.

Sang putri pun menangis terisak-isak. Air matanya menetes ke tanah dan membentuk sebuah telaga. Ajaibnya, air telaga tersebut berwarna-warni seperti warna permata kalung milik sang putri.

Sejak saat itu, telaga tersebut dikenal dengan nama Telaga Warna.

Pesan Moral

Cerita ini mengajarkan untuk tidak serakah dan mudah marah serta jagalah selalu barang berharga yang kita miliki.

13. Contoh Cerita Dongeng untuk Anak Kecil Sebelum Tidur

Anak Monyet yang Malang

Pada suatu hari, di sebuah hutan yang jauh dari hiruk pikuk kota, tinggalah seekor ibu monyet dengan anaknya. Ibu monyet tidak memiliki tangan kanan, sehingga ia tidak bisa memanjat pohon.

Ibu monyet selalu berusaha mencari cara untuk mendapatkan makanan untuk diri sendiri dan anaknya.

Terkadang ia menapak dengan sangat hati-hati dari dahan satu ke dahan lainnya, terkadang pula ia melompat-lompat kecil hingga tangan kirinya berhasil mencapai ranting yang terdapat banyak buah.

Anak monyet yang sudah besar, pun mulai pandai memanjat pohon sendiri dan mencari makanannya sendiri. Ibu monyet pun bangga melihat anaknya kini tumbuh dengan sehat.

Suatu pagi, anak monyet ingin mencari makanan. Ibunya memperingatkan agar tidak terlalu jauh, nanti tersesat.

Namun, anak monyet tidak mendengarkan. Ia juga lupa menabur biji-biji jagung yang diberikan ibunya agar tidak tersesat.

Di perjalanan, anak monyet bertemu dengan kawanan monyet lain. Ia pun lupa akan tujuannya dan bergabung dengan mereka.

Setelah bermain seharian, anak monyet merasa lapar. Ia pun memanjat pohon untuk mencari buah pisang.

Tiba-tiba, anak monyet melihat seekor harimau. Ia pun ketakutan dan berlari. Harimau mengejarnya, dan anak monyet pun tersesat.

Dalam kesesataannya, anak monyet teringat ibunya. Ia menyesal tidak mendengarkan perintah ibunya. Ia pun menyadari bahwa tempat ternyamannya adalah berada di dekat ibunya.

Anak monyet pun memutuskan untuk pulang. Ia memanjat pohon dan mengikuti jejak biji-biji jagung yang ditaburkan ibunya. Akhirnya, ia berhasil menemukan jalan pulang.

Ibu monyet sangat senang melihat anaknya kembali. Ia memeluk anaknya erat-erat. Anak monyet pun berjanji akan selalu mendengarkan perintah ibunya.

Pesan Moral

Tugas seorang anak adalah berbakti dan patuh kepada orang tua. Terlebih lagi, ibu yang melahirkan kita ke dunia ini.

14. Cerita Dongeng Lucu Sebelum Tidur Penuh Pesan

Si Kancil dan Pasukan Semut Periang

Pada suatu hari di sebuah hutan yang lebat, hiduplah berbagai jenis hewan. Mereka semua berteman baik, kecuali seekor kancil yang bernama Kancil. Kancil selalu mencuri makanan milik teman-temannya.

Suatu hari, seekor sapi bernama Pak Sapi melihat Kancil sedang membawa wortel milik seekor kelinci. Pak Sapi pun menegur Kancil.

“Kenapa kamu mencuri wortel milik Pak Kelinci?” tanya Pak Sapi.

Kancil kaget dan menjatuhkan wortel-wortel tersebut. Ia pun berbohong kepada Pak Sapi.

“Aku hanya membantu Pak Kelinci membawakan wortelnya,” kata Kancil.

Pak Sapi tidak percaya dengan perkataan Kancil. Ia pun marah dan menyebarkan berita bahwa Kancil adalah pencuri.

Mendengar berita itu, semua hewan di hutan tidak mau lagi berteman dengan Kancil. Kancil pun merasa kesepian.

Suatu hari, Kancil melihat sekelompok semut yang sedang bercanda ria. Ia pun menghampiri mereka dan meminta maaf.

“Aku minta maaf telah mencuri makanan kalian,” kata Kancil.

Ketua pasukan semut pun memaafkan Kancil. Ia pun mengajak Kancil untuk meminta maaf kepada semua hewan di hutan.

Akhirnya, Kancil pun meminta maaf kepada semua hewan di hutan. Semua hewan pun memaafkan Kancil. Mereka pun berteman baik kembali.

Kancil pun berjanji untuk tidak mencuri lagi. Ia pun menjadi kancil yang baik hati dan cerdas.

Pesan Moral

Bersikaplah jujur dan janganlah suka mencuri barang milik orang lain, karena mencuri adalah perbuatan tidak terpuji.

15. Dongeng Sebelum Tidur Anak Tentang Singa dan Tikus

cerita dongeng sebelum tidur menarik

Dongeng sebelum tidur anak

Pesan Moral

Cerita Singa dan Tikus mengajarkan kita untuk selalu baik kepada orang lain.

Tak hanya itu, ketika mendapatkan kebaikan dari orang lain, jangan ragu untuk membalasnya.

16. Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur Terbaru Tentang Petani yang Serakah

cerita dongeng sebelum tidur

Dongeng lucu sebelum tidur

Pesan Moral

Dongeng panjang sebelum tidur tentang petani yang serakah tersebut mengajarkan kita untuk menghindari sifat serakah dan tidak bersyukur pada kehidupan.

Sebab, hal tersebut justru akan membawa malapateka kepada kita.

17. Cerita Dongeng Sebelum Tidur Panjang Kue Ajaib Kasuari 

cerita sebelum tidur yang menarik

Dongeng anak sebelum tidur terbaru

Pesan Moral

Dongeng pendek sebelum tidur ini mengajarkan kita untuk selalu bersedia membantu sesama yang sedang kesusahan. Niscaya, hal tersebut akan berbuah kebaikan.

Video Cerita Dongeng Sebelum Tidur

Berikut ini video cerita dongeng menarik yang bisa diceritakan sebelum tidur:

 

Referensi

Kumpulan Cerita Dongeng Untuk Anak Usia Dini [Daring]. Tautan https://www.google.co.id/books/edition/Kumpulan_Cerita_Dongeng_Untuk_Anak_Usia/49tKEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=cerita+dongeng&printsec=frontcover

***

Itulah kumpulan cerita dongeng sebelum tidur singkat yang menarik.

Baca juga ulasan lainnya seputar cerita dongeng hanya di artikel.rumah123.com.

Agar tak ketinggalan berita terbaru, ikuti terus Google News kami, ya.

Yuk, segera wujudkan keinginan untuk memiliki rumah impian bersama Rumah123.com karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya