Sandiaga Uno dan Istrinya. Calon Wakil Presiden, Sandiaga Uno Mengalami Cegukan Terus Menerus Usai Pemilihan Presiden. Ada Sejumlah Tips untuk Mengatasi Cegukan Seperti Ini (Foto: Rumah123/Haibunda.com)

Masyarakat tidak hanya heboh soal kisruh penghitungan Pemilihan Presiden 2019, tetapi juga ketidakhadiran calon wakil presiden Sandiaga Uno saat Prabowo Subianto menggelar jumpa pers. Sandiaga dikabarkan mengalami cegukan secara terus menerus. Sebenarnya bagaimana sih untuk mengatasinya?

Publik memang masih menanti penghitungan suara Pemilihan Presiden 2019 antara Joko Widodo dan K.H. Ma’ruf Amin dengan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Saat Prabowo menggelar jumpa pers, Sandiaga tidak terlihat.

Sejumlah media mengutip pernyataan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga yang menyatakan kalau Sandiaga mengalami cegukan terus menerus. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini beristirahat di kediaman Prabowo.

Baca juga: Tips Rumah Sehat: Kamar Berantakan Bikin Tidur Kamu Ga Karuan

Sebenarnya, berbahaya nggak sih cegukan terus menerus seperti Sandiaga? Sebelumnya, cari tahu dulu soal cegukan.

Situs kesehatan doktersehat.com melansir bahwa cegukan merupakan kondisi yang membuat pita suara tertutup tiba-tiba akibat adanya kontraksi pada diafragma, otot pemisah antara rongga dada dan rongga perut.

Cegukan dapat disebabkan oleh kebiasaan menyantap makanan pedas, minum minuman bersoda, minum minuman panas, menenggak minuman beralkohol, kebiasaan merokok, suhu yang berubah sangat cepat, hingga kebiasaan makan terlalu cepat.

Baca juga: Tips Sehat: Biasakan Bawa Tempat Makan dan Minum Sendiri Ya

Saat kondisi stres atau tertekan, cegukan bisa terjadi dalam waktu yang cukup lama dan sukar untuk diatasi. Kalau cegukan sudah lebih dua hari, jangan lupa untuk menemui dokter.

Bisa jadi ada kemungkinan cegukan dipicu oleh iritasi gendang telinga, radang tenggorokan, pembengkakan pada kelenjar tiroid, tumor pada tenggorokan, gangguan asam lambung, atau gangguan ketidakseimbangan elektrorit pada tumbuh.

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menangani cegukan yaitu menahan napas, minum air hangat, minum dengan menggunakan sedotan, menggigit jeruk nipis, menelan gula, hingga menelan cuka. Nah, jadi kalau kamu cegukan, coba saja beberapa cara ini. Yuk, mulai hidup sehat dari rumah.

Baca juga: Tips Sehat di Rumah: Ingat Ya, Handuk Harus Diganti Setelah 2 Tahun

Bagikan: 296 kali