Ilustrasi Rumah dengan Pohon dalam Jumlah yang Banyak (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Setiap orang memiliki rumah impian. Banyak yang ingin mempunyai rumah dengan halaman luas dengan pohon yang rindang. Namun, sebaiknya kamu tidak membeli hunian seperti ini.

Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah besar dengan halaman luas, apalagi dengan sejumlah tanaman dan pohon. Rumah bisa menjadi lebih nyaman dan adem dengan keberadaan pohon dan tanaman.

Kamu bisa bersantai menikmati hijaunya tanaman dan pohon, putra putri kamu bisa bermain di halaman, dan banyak lagi aktivitas yang dapat dilakukan.

Baca juga: Tips Beli Rumah: 6 Tanda Kalau Kamu Harus Beli Rumah Baru

Namun, ada sejumlah alasan kenapa memiliki rumah dengan halaman yang penuh tanaman malah merugikan bagi kamu. Situs properti Realtor.com mengulas tujuh alasannya. Mau tahu apa saja.

Pertama, pohon besar bisa berbahaya. Pohon besar berpotensi tumbang, mungkin saja hal ini terjadi ketika ada angin kencang.

Kedua, perlu ada pemeriksaan lebih lanjut. Kamu memerlukan ahli botani untuk memeriksa kondisi terutama pohon berukuran besar.

Baca juga: Tips Beli Rumah: 4 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Kalau Pelihara Hewan

Ketiga, pohon akan terus tumbuh. Pohon terus tumbuh besar lantas menjadi sarang serangga, akarnya merusak pagar atau pondasi rumah.

Keempat, bersiap untuk kondisi berantakan. Pohon bisa memiliki dahan yang banyak. Lantas ada burung yang bertengger dan kemudian membuang kotoran sehingga membuat halaman menjadi kotor. Atau dahan dan ranting membuat halaman menjadi kotor lantaran daun berguguran.

Kelima, masalah akar. Salah satu masalah krusial dari pohon besar adalah akar. Saat pohon tumbuh besar, akar bisa merusak segalanya termasuk pondasi rumah.

Baca juga: Tips Beli Rumah: 7 Tanda Lokasi Rumah Kamu Memang Ga Bagus

Keenam, pohon besar bisa menjadi sarang serangga dan nyamuk. Kamu nggak mau kan kalau ada nyamuk, semut, rayap, dan serangga lainnya membuat sarang di pohon yang ada di halaman kamu.

Ketujuh, pohon menghalangi cahaya matahari. Pohon memang membuat lingkungan sekitar menjadi lebih sejuk, tetapi kalau menghalangi cahaya tentu tidak baik. Mungkin sebaiknya kamu tidak memiliki pohon di halaman rumah.

Bagikan: 2459 kali