tol balikpapan samarinda- rumah123.com Ilustrasi Jalan Tol. Pemerintah Akan Mengoperasikan Sejumlah Jalan Tol Baru Secara Fungsional Pada Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Masyarakat Bisa Menggunakan Jalan Tol Secara Gratis (Foto: Rumah123/Getty Images)

Sejumlah ruas jalan tol akan difungsikan secara operasional atau gratis selama libur Natal dan Tahun Baru. Tol ini tersebar di sejumlah wilayah.

Pemerintah akan memberlakukan operasi fungsional pada sederetan ruas jalan tol. Ruas ini masih dalam tahap pembangunan.

Makna dioperasikan secara fungsional artinya pengendara bisa menggunakan tol secara gratis atau tidak perlu membayar. Total panjang ruas tol yang akan dioperasikan secara fungsional pada libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 mencapai 134,5 kilometer (km).

Baca juga: Percepat Pengerjaan Proyek, Pemerintah Indonesia Akan Ambil Alih Tol Cisumdawu

Laman berita online Kumparan.com melansir pernyataan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Dia memaparkan sejumlah ruas tol yang akan beroperasi secara fungsional.

Salah satunya adalah Tol Kayu Agung-Palembang-Betung. Tol yang berada di Sumatera Selatan ini memiliki rute sepanjang 33 km. Exit ruas tol ini berada di Jakabaring. By the way, Jakabaring memiliki salah satu kawasan fasilitas olahraga terbesar di Indonesia.

Tol Kayu Agung-Palembang-Betung ini merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera. Sebelumnya, ruas tol dari Lampung hingga Sumatera Selatan telah selesai masa pembangunannya.

Baca juga: Tol Balikpapan-Samarinda Ditargetkan Beroperasi Pada Desember 2019

Ruas tol lain yang termasuk bagian dari Tol Trans Sumatera yang beroperasi secara fungsional adalah Tol Pekan Baru-Dumai. Tol yang berada di Riau ini memiliki rute sepanjang 9,5 km.

Tol Pertama di Kalimantan Juga Beroperasi Secara Fungsional

Ruas jalan tol pertama di Kalimantan juga direncanakan akan beroperasi secara fungsional. Masyarakat bisa menikmati Tol Balikpapan-Samarinda (Tol Balsam).

Tol ini menghubungkan dua kota terbesar di Kalimantan Timur. Samarinda adalah ibu kota Kalimantan Timur, sementara Balikpapan adalah kota industri perminyakan.

Nantinya, ruas tol ini akan menghubungkan kedua kota ini dengan ibu kota negara yang baru. Ibu kota pengganti Jakarta ini akan berada di dua kabupaten yaitu Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

Baca juga: Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung Gratis Selama 1 Bulan

Basuki menyatakan Tol Balikpapan-Samarinda yang akan dioperasikan secara fungsional adalah seksi 2 dan seksi 4. Ruas yang dioperasikan memiliki rute sepanjang 66 km.

Selanjutnya, ada Tol Manado-Bitung yang dioperasikan secara fungsional. Tol yang dapat digunakan adalah seksi 1 dari Manado ke Danowudu yang berada di Kota Bitung. Ruas yang dioperasikan mempunyai rute sepanjang 26 km. Tol ini berada di Sulawesi Utara.

Tol Jakarta-Cikampek II Elevated Juga Dioperasikan Secara Gratis

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga menyatakan ruas tol lainnya yang beroperasi secara fungsional adalah Tol Jakarta-Cikampek II Elevated. Ruas jalan tol layang ini memiliki rute sepanjang 36 km.

Rencananya, tol ini akan diresmikan dan beroperasi pada pekan kedua Desember 2019. Basuki menyatakan Tol layang Jakarta-Cikampek ini akan gratis hingga liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Tol yang akan diresmikan dalam waktu dekat dalam Tol Kunciran-Serpong. Ruas ini mempunyai rute sepanjang 11 km. Tol ini berada di Tangerang, Banten.

Basuki menyatakan ruas tol ini direncanakan akan diresmikan dan beroperasi pada minggu kedua Desember 2019. Tol Kunciran-Serpong merupakan bagian dari JORR 2 (Jakarta Outer Ring Road). Ruas ini menghubungkan Cibitung, Kabupaten Bekasi dengan Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang.

Baca juga: 5.200 Kilometer Jalan Tol Akan Dibangun Hingga 2024, Mau Investasi Properti Di Mana?

Bagikan: 1829 kali