panglipuran

Desa wisata merupakan kini menjadi salah satu bagian terpenting dari industri pariwisata di Indonesia, terlebih masa adaptasi kebiasaan baru sudah siap untuk dimulai.

Untuk diketahui, pandemi telah memukul telak industri pariwisata di Indonesia sehingga hal ini berdampak terhadap pendapatan devisa negara.

Di masa pandemi seperti saat ini, Menparekraf Sandiaga Uno pun menggalakkan program desa wisata sebagai salah satu destinasi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Adapun, 16 desa wisata di Indonesia saat ini telah memperoleh sertifikasi yang diberikan pada hari Selasa (02/03/2021) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

“Menparekraf @sandiuno memberikan sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan untuk mewujudkan pariwisata yang lestari dan sejahtera.

Sertifikasi ini merupakan bentuk terlaksananya wisata berkualitas di masa pandemi covid-19 dengan menerapkan 4K, yakni Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan,” bunyi pernyataan resmi di Instagram pada Rabu (03/03/2021).

Lebih lanjut, sudah ada 16 desa yang mendapatkan sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan, dan ditargetkan ada lebih dari 200 desa untuk menjadi wisata Mandiri di 2024. 

Sandiaga juga percaya, desa tersebut akan menjadi bentuk pariwisata yang sesuai dengan motto baru Kemenparekraf yakni quality and sustainability tourism. 

Daftar desa wisata di Indonesia yang sudah mendapatkan sertifikasi 

Wisata alam di pedesaan merupakan sesuatu hal yang menyenangkan, kamu pun bisa mengunjungi beberapa lokasi pedesaan indah sebagai berikut : 

  1. Batulayang, Kabupaten Bogor

2. Kandri, Semarang

3. Lerep, Kabupaten Semarang

4.  Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul 

5.  Pentingsari, Kabupaten Sleman

6.  Candirejo, Kabupaten Magelang

7.  Karangrejo, Kabupaten Magelang

8.  Jatimulyo, Kabupaten Kulon Progo

9.   Pujon Kidul, Kabupaten Malang

10.  Osing Kemiren, Kabupaten Banyuwangi 

11.  Penglipuran, Kabupaten Bangli

12.  Pemuteran, Kabupaten Buleleng. 

13.  Sesaot, Kabupaten Lombok Barat

14.  Kembang Kuning, Kabupaten Lombok Timur

15.  Bilebante, Kabupaten Lombok Tengah

16.  Liang Ndara, Kabupaten Manggarai Barat 

Definisi Desa Wisata 

Desa wisata merupakan komunitas atau masyarakat yang terdiri dari para penduduk suatu wilayah terbatas saling berinteraksi langsung dibawah sebuah pengelolaan dengan kepedulian untuk berperan serta secara individu.

Umumnya, desa tersebut memberdayakan masyarakat setempat sebagai pelaku dalam meningkatkan kesiapan dan kepedulian menyikapi potensi pariwisata di wilayah desa. 

Selain potensi pariwisata, pedesaan tersebut juga meningkatkan peran masyarakat sebagai pelaku ekonomi kerakyatan dalam membangun desa sebagai wilayah ekonomi yang bersifat mandiri. 

Tingkat keharmonisan di desa tersebut tidak hanya menarik minat untuk berlibur, sekalipun juga berkaitan dengan aktivitas sosial maupun prinsip ekologi sebagai bagian terpenting dari industri pariwisata saat ini. 

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai potensi pedesaan sebagai salah satu destinasi berlibur bagi wisatawan domestik dan mancanegara. 

Temukan referensi menarik seputar inspirasi hunian, selengkapnya di Rumah123.

"Sedang mencari apartemen mewah? Kamu bisa pilih Vasaka Solterra."
Bagikan:
1551 kali