OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

APBN 2024 Kembali Dukung Program Rumah Murah untuk MBR Lewat FLPP

28 Nopember 2023 · 3 min read Author: Nik Nik Fadlah

flpp untuk mbr

Sumber: Asbanda.co.id

Program rumah murah untuk MBR lewat KPR FLPP terus dijalankan di tahun 2024, kembali dapat dorongan dari APBN.

Backlog perumahan yang cukup besar membuat pemerintah terus berupaya memberikan program khususnya bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) agar dapat memiliki hunian layak. 

Salah satu program yang efektif dalam menekan angka backlog tersebut adalah Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP). 

Secara tidak langsung FLPP dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memberikan akses kepada MBR untuk mendapatkan rumah layak huni. 

Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28H ayat 1. 

Dalam pasal tersebut disebutkan bahwa setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan Kesehatan. 

APBN Kembali Dorong Program Rumah Murah untuk MBR Tahun 2024

rumah murah untuk mbr program flpp

Sumber: Kompas.com

Pemerintahan Presiden Jokowi sendiri akan melanjutkan program KPR FLPP bagi masyarakat berpenghasilan rendah di tahun 2024 mendatang. 

Seperti yang diketahui, menyediakan hunian layak bagi seluruh masyarakat bukanlah pekerjaan yang mudah. 

Terlebih lagi, saat ini mayoritas kalangan muda di Indonesia bertempat tinggal di area perkotaan. 

Hal tersebut menjadikan akses tempat tinggal di wilayah perkotaan menjadi mendesak untuk disiapkan, sebagai ancang-ancang dari bonus demografi yang akan terjadi. 

Hingga tahun 2023, APBN telah mendorong program rumah murah KPR FLPP untuk MBR dengan mengalokasikan dana sebesar Rp108,5 triliun melalui dana bergulir dan Penyertaan Modal Negara (PMN).

Nominal tersebut setara dengan penyediaan untuk 1.289.748 unit rumah yang dilaksanakan oleh PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) (SMF). 

Salah satu Special Mission Vehicle (SMV) yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan ini menjalankan komitmen untuk mengurangi beban fiskal pemerintah melalui dukungan pembiayaan porsi sebesar 25 persen FLPP. 

25 persen dana yang bersumber dari APBN tersebut nantinya akan disalurkan kepada masyarakat melalui bank penyalur. 

SMF melakukan leverage atas Penyetaraan Modal Negara (PMN) yang diterima dengan menerbitkan surat utang. 

Dari PMN yang diterima dengan nominal Rp7,8 triliun, SMF sudah berhasil menyalurkan pembiayaan KPR FLPP sebesar Rp17,25 triliun setara dengan 481.188 unit rumah. 

Sebagai informasi, pada semester I tahun 2023 SMF sudah menyalurkan dana dukungan mencapai Rp2,21 triliun untuk sebanyak 59.538 rumah. 

Untuk tahun 2024 sendiri, pemerintah akan mengalokasikan dana tambahan kepada SMF dengan nominal sebesar Rp1.891,0 miliar untuk memberikan dukungan kembali guna terlaksananya program rumah murah KPR FLPP untuk MBR.

Dengan dana yang diberikan tersebut, diharapkan bisa mendorong angka kepemilikan rumah layak dan terjangkau bagi MBR sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat.

***

Demikianlah informasi mengenai rumah murah untuk MBR dari program FLPP yang akan kembali membantu masyarakat di tahun depan.

Baca juga ulasan lain mengenai kabar properti hanya di artikel.rumah123.com.

Agar tak ketinggalan berita terbaru, ikuti terus Google News kami, ya.

Yuk, segera dapatkan berbagai kemudahan untuk memiliki rumah nyaman di kawasan Bandung bersama Rumah123 karena kami selalu #AdaBuatKamu!


Tag: ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya