OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Apa Itu KPR? Ini Pengertian, Syarat, dan Contoh Simulasinya

13 Juli 2023 · 4 min read Author: Nik Nik Fadlah

kpr kredit pemilikan rumah

KPR menjadi istilah yang saat ini ramai diperbincangkan bagi mereka yang ingin membeli rumah. Tapi sebenarnya, apa itu KPR? Apa saja syaratnya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Memiliki rumah sendiri saat ini bukan sekadar impian. Kamu bisa mewujukannya dengan menggunakan fasilitas yang telah disediakan oleh pihak perbankan.

Seperti halnya Kredit Pemilikan Rumah atau KPR.

KPR mungkin saja menjadi istilah yang tidak asing terdengar. Terutama, bagi kamu yang berencana untuk membeli atau memperbaiki rumah. 

Secara garis besar, KPR adalah istilah produk dalam kredit perumahan. Fasilitas ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1976 oleh Bank Tabungan Negara (BTN).

Saat ini, penyalur KPR bukan hanya terbatas pada bank BTN saja. Bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara), bank swasta nasional, hingga bank asing pun ikut andil dalam bagian, misalnya KPR Bank BRI.

Bagi kamu yang ingin membeli rumah, sangat wajib untuk mengetahui apa itu KPR beserta dengan syarat dan contoh simulasinya. 

Simak informasi lengkapnya di bawah ini, ya!

Apa Itu KPR?

apa itu kpr rumah

Sumber: Trenasia.com

Sebenarnya, apa itu KPR? Nah, Kredit Pemilikan Rumah alias KPR adalah suatu fasilitas kredit yang diberikan oleh pihak perbankan kepada nasabah perorangan untuk membeli atau memperbaiki rumah.

Ketika ingin membeli atau memperbaiki rumah, besaran dana menjadi hambatan utama, bukan? Sehingga, tak jarang membuatmu mengurungkan niat untuk melakukan hal tersebut.

Tapi, saat ini terdapat suatu solusi bagi kamu yang ingin membeli rumah tanpa terbebani dengan biaya, yakni fasilitas KPR.

Sesuai dengan namanya, KPR memang menggunakan sistem cicilan. Jadi, kamu bisa membeli rumah dengan cara mencicil setiap bulannya dalam jangka waktu dan bunga tertentu berdasarkan perjanjian.

Untuk mengajukan KPR, kamu tidak perlu menyiapkan uang tunai yang besar. 

Cukup dengan membayar down payment (DP) atau uang muka serta menyanggupi cicilan per bulannya kamu sudah bisa menggunakan fasilitas ini. 

KPR rumah juga terdiri dari dua jenis, yakni KPR subsidi dan non subdisi.

KPR subsidi adalah kredit yang ditunjukkan pada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk memenuhi kebutuhan akan hunian yang layak.

Sementara itu, KPR nonsubsidi adalah fasilitas yang bisa digunakan oleh seluruh masyarakat. 

Syarat KPR Rumah

syarat kpr rumah

Sumber: Cermati.com

Hampir seluruh bank menetapkan persyaratan dan ketentuan yang relatif sama untuk nasabah yang ingin mengajukan KPR.

Bukan hanya dari sisi administrasinya saja, namun juga penentuan besaran kredit yang harus dibayarkan. 

Agar lebih jelas, berikut adalah syarat-syarat KPR secara umum.

Contoh Simulasi KPR

Sebelum mengajukan KPR, para nasabah diharuskan melakukan simulasi KPR terlebih dahulu.

Lantas, apa itu simulasi KPR? Simulasi KPR bertujuan untuk memperkirakan jumlah biaya yang harus dikeluarkan, mulai dari pembayaran uang muka, cicilan per bulan, serta biaya lainnya. 

Bagi kamu yang ingin melakukan simulasi KPR, tak perlu khawatir, Rumah123.com menyediakan Kalkulator Kredit Rumah yang bisa digunakan untuk mengetahui anggaran yang perlu disiapkan.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengisi harga properti, besaran uang muka, jangka waktu cicilan, serta suku bunga yang dipilih.

Contoh simulasi berikut ini adalah untuk sebuah properti dengan harga Rp500 juta dengan DP 20 persen dan masa cicilan selama 20 tahun.

contoh simulasi kpr

Sumber: Rumah123.com

Pada kasus ini, cicilan per bulannya atau masa kredit fix yakni sekitar Rp3.2 jutaan. Untuk masa kredit floating-nya sendiri sekitar Rp4.2 jutaan. 

Perlu dicatat bahwa angka tersebut merupakan perkiraan biaya saja. Data perhitungan dapat bervariasi sesuai dengan penyedia bank. 

Kamu pun bisa melakukan simulasi KPR dengan menggunakan kalkulator khusus yang sudah disediakan oleh masing-masing bank.

Nah, itulah informasi mengenai apa itu KPR, mulai dari pengertian, persyaratan, hingga contoh simulasinya. 

Semoga informasi ini bisa bermanfaat, ya!

Baca juga ulasan artikel gaya hidup, kabar properti hingga inspirasi desain, hanya di artikel.rumah123.com.

Bila kamu ingin cari rumah impian, yuk temukan beragam rekomendasi terbaiknya di Rumah123.comkarena kami #AdaBuatKamu.

Rekomendasi terbaik untuk memiliki rumah klasik mewah di kawasan Makassar, pastinya Summarecon Mutiara Makassar.


Tag: , ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya