OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Popularitas Properti di Bandung Menguat, KCJB Memberikan Dampak!

30 Januari 2024 · 3 min read Author: Alya Zulfikar · Editor: Bobby Agung Prasetyo

gambar kota bandung

Foto Kota Bandung | Ade Lukmanul Hakimmm / Shutterstock.com

Berdasarkan Flash Report Rumah123 edisi Januari 2024, popularitas properti di Bandung mencatatkan penguatan berkat dampak dari kehadiran Kereta Cepat Jakarta–Bandung (KCJB) yang resmi beroperasi per 2 Oktober 2023 lalu.

Melihat pertumbuhan popularitas tahunan, kota-kota di Jakarta dan sekitarnya memang masih memimpin; Jakarta Selatan (1,6 persen), Jakarta Utara (1,4 persen), Tangerang (0,6 persen), Tangerang Selatan (0,5 persen) dan Bogor (0,2 persen).

Namun, apabila ditilik dari pertumbuhan popularitas bulanan, Bandung meraih pertumbuhan tercepat, yakni mencapai 1 persen.

Pertumbuhan tersebut disusul oleh Bekasi (0,5 persen), Depok (0,4 persen), dan Jakarta Timur (0,3 persen).

“Permintaan akan hunian jual dan sewa di Bandung telah mengalami tren peningkatan sejak awal tahun 2023, terutama pada bulan Mei 2023 hingga bulan Agustus 2023 dengan permintaan bulanan tertinggi tercatat di bulan Mei 2023, di mana pertumbuhan minat hunian sewa mencapai 84,4 persen dan hunian jual 29,2%. Secara tahunan, sejak Desember 2022 hingga Desember 2023 pertumbuhan permintaan akan hunian sewa mencapai 68,6 persen dan hunian jual sebesar 37,1 persen,” ungkap Firman Pamungkas Putra, Associate VP Marketing 99 Group Indonesia.

Peminat hunian di Bandung masih cenderung didominasi kalangan yang berasal maupun beraktivitas di Kota Bandung itu sendiri, yakni mencapai 42,3 persen.

Setelah itu disusul peminat dari Jakarta (25,5 persen), Kuta (6,3 persen), dan Surabaya (2,6 persen).

Salah satu alasan kenapa popularitas properti di Bandung mengalami peningkatan adalah karena menarik peminat dari Jakarta dan ditopang kehadiran KCJB.

Pada saat KJCB resmi beroperasi, yakni Oktober lalu, Rumah123 mencatat adanya peningkatan permintaan di Bandung untuk hunian jual sebesar 18,6 persen dan hunian sewa sebesar 4,6 persen.

Ini mengindikasikan bahwa KCJB memberikan pengaruh terhadap permintaan hunian di area Kota Bandung dan sekitarnya.

Wilayah di Kota Bandung yang Paling Diminati

popularitas properti di bandung

Properti di Bandung cenderung diminati generasi muda dan dewasa yang sudah lebih stabil secara finansial dan memiliki daya beli yang lebih tinggi dibandingkan segmen umur yang lebih muda (18–24 tahun).

Tercatat 29,9 persen peminat hunian di Bandung berasal dari rentang usia 25–34 tahun, 20,32 persen dari rentang usia 45–54 tahun, 20,10 persen dari rentang usia 18–24 tahun, dan 17,8 persen dari rentang usia 35–44 tahun.

Rumah123 mencatat ada lima wilayah di Kota Bandung yang paling tinggi peminat, yakni Sumur Bandung, Antapani, Buahbatu, Coblong, dan Arcamanik.

Dari lima wilayah tersebut, Sumur Bandung meraih popularitas tertinggi mencapai 10,7 persen karena berada di pusat Kota Bandung.

Popularitasnya disusul oleh Antapani (5,7 persen), Buahbatu (5,4 persen), Coblong (4,1 persen), dan Arcamanik (3,7 persen).

Sumur Bandung, Antapani, dan Buahbatu memiliki karakteristik preferensi yang mirip.

“Selain diperkuat oleh statusnya sebagai kota pendidikan dan pariwisata yang menarik minat investor maupun pendatang dari kota lain, pesatnya pengembangan transportasi massal seperti Kereta Cepat Jakarta–Bandung (KCJB) dan ruas-ruas jalan tol yang saling terintegrasi serta potensi ekonomi yang besar akan memperkuat prospek properti di Bandung dalam beberapa tahun mendatang,” tutur Firman.

Simak informasi lebih lengkapnya dengan mengunduh Flash Report Rumah123 edisi Januari 2024!

***

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, Property People.

Baca informasi menarik lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Ikuti juga Google News Rumah123 untuk mendapatkan update terbaru.

Apabila sedang mencari hunian, temukan rekomendasi terbaiknya di Rumah123 karena #SemuaAdaDisini.

Butuh diskusi soal rumah? Kunjungi Teras123 buat ngobrolin properti!


Tag: , , ,


alya

Content Writer

Berkarier di dunia kepenulisan sejak 2018 sebagai penulis lepas. Kini menjadi penulis di 99 Group dengan fokus seputar gaya hidup, properti, hingga teknologi. Gemar menulis puisi, memanah, dan mendaki gunung.
Selengkapnya