OK
Panduan

Pertumbuhan Harga Rumah di Makassar Turun, Ini Perbandingannya dengan Kota Lain!

03 Juni 2024 · 4 min read Author: Ilham Budhiman · Editor: M. Iqbal

kota makassar

harga rumah di makassar | sumber: shutterstock.com

Laporan Flash Report Rumah123 mencatat bahwa harga rumah di sebagian wilayah di Indonesia mengalami kenaikan. Namun, di antara kota lainnya, harga rumah di Makassar mengalami penurunan tipis secara kuartal dan tahunan.

Berdasarkan Indeks Harga Rumah Seken Rumah123 dalam Flash Report edisi Mei 2024, harga tahunan rumah sejak April 2023 hingga April 2024 mengalami kenaikan tipis sebesar 0,5 persen.

Sementara itu, harga rumah di Indonesia secara keseluruhan tercatat naik 0,3 persen pada bulan April 2024.

Adapun, sebanyak sembilan dari 13 kota dalam indeks mengalami kenaikan harga dengan pertumbuhan tahunan tertinggi terjadi di Denpasar dengan kenaikan mencapai 17 persen dan Bogor sebesar 7,4 persen.

Hanya saja, Kota Makassar mengalami penurunan dalam Indeks Perubahan Harga tahunan, yakni sebesar -2,5 persen secara tahunan dan sebesar -4,6 persen secara bulanan.

Simak perbandingannya di bawah ini!

Indeks Perubahan Harga Rumah di Makassar

Sumber: Flash Report Rumah123

Pada Flash Report edisi Februari 2024, Indeks Perubahan Harga rumah di Kota Makassar mencapai 6,7 persen secara tahunan dan sebesar 4,2 persen secara bulanan.

Namun, dalam Flash Report edisi April 2024, Indeks Perubahan Harga di Kota Makassar pada bulan Maret turun 0,8 persen secara tahunan dan naik 1 persen secara bulanan.

Pada Flash Report edisi Mei 2024, data Rumah123 mencatat bahwa Indeks Perubahan Harga rumah di Makassar turun 2,5 persen secara tahunan dan 4,6 persen secara bulanan.

Sementara itu, secara year-on-year, seluruh kawasan di Jabodetabek mencatatkan kenaikan harga rumah, yakni Jakarta 1 persen, Tangerang 2 persen, Depok 2 persen, Bogor 7,4 persen, dan Bekasi 1 persen.

Untuk kota besar lainnya di Pulau Jawa, secara year-on-year, Kota Semarang naik 3,9 persen dan Surakarta 2,1 persen.

Pertumbuhan IHK dan RPI di Kota Makassar

Sumber: Flash Report Rumah123

Berdasarkan data Flash Report edisi Mei 2024, pada bulan April 2024, inflasi IHK (Indeks Harga Konsumen) tercatat sebesar 3,00 persen (year-on-year), sedangkan secara month-on-month, inflasi tercatat 0,25 persen.

“Bulan ini IHK kembali berada di atas RPI (resale price index). RPI lebih rendah 1,0 persen dibandingkan IHK bulan April 2024.” tulis laporan Flash Report Rumah123.

Kota yang mencatatkan pertumbuhan RPI di atas inflasi tahunan di area Jabodetabek adalah Bogor, yakni sebesar 4,2 persen.

Sementara itu, kota lain di Pulau Jawa yang mencatatkan pertumbuhan RPI lebih tinggi di atas inflasi
adalah Semarang sebesar 0,9 persen dan Denpasar 12,9 persen.

Untuk Makassar, RPI mengalami penurunan sebesar 4,7 persen.

Kota Makassar Cocok untuk Investasi Properti

Meskipun ada penurunan, jika melihat data awal tahun 2024, Kota Makassar mengalami pertumbuhan harga hunian tahunan tertinggi sebesar 3,6 persen.

“Sepanjang tahun 2023, tiga kota di luar Pulau Jawa, mencakup Denpasar, Makassar, dan Medan ini mencatatkan pertumbuhan harga tahunan yang tinggi di hampir setiap bulannya. Tren pertumbuhan harga tahunan ketiga kota besar ini pun juga konsisten berada di atas inflasi tahunan,” ujar Associate VP Marketing 99 Group Indonesia, Firman Pamungkas Putra dikutip laporan Flash Report Rumah123 edisi Januari 2024.

Menurut Firman, Kota Makassar menawarkan peluang investasi menarik karena sepanjang tahun 2023 lalu, Makassar mengalami pertumbuhan tahunan di level 1,3 persen (September 2023) hingga 10,7 persen (Agustus 2023).

Kota Makassar mencatatkan pertumbuhan tahunan tertinggi dibandingkan dengan kota-kota lainnya pada bulan Februari hingga Juni, Agustus dan Oktober pada 2023 silam.

“Di tahun 2024 dan ke depannya, kota-kota ini dapat menjadi peluang pasar properti bagi para penjual maupun pengembang serta investasi yang potensial bagi investor,” tuturnya.

Lokasi Populer Pencari Properti

Secara umum, pada periode Januari—April 2024, pertumbuhan permintaan hunian berkisar antara 51,3 persen (Januari) hingga 117,3 persen (April).

Dari sisi popularitas, Tangerang masih konsisten menjadi kota terpopuler dengan 15,1 persen dari total listing enquiries rumah.

Lokasi terpopuler berikutnya adalah Jakarta Selatan sebesar 10,8 persen dan Jakarta Barat mencapai 9,7 persen.

Secara month-on-month, kota dengan kenaikan popularitas di area Jabodetabek adalah Depok dengan kenaikan sebesar 0,6 persen, Tangerang Selatan 0,5 persen, dan Bekasi 0,4 persen.

Di kota besar lainnya di Pulau Jawa, secara month-on-month, kota dengan kenaikan popularitas terbesar adalah Bandung dengan kenaikan sebesar 0,3 persen, diikuti oleh Malang 0,2 persen, dan Surabaya 0,1 persen.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait harga rumah terkini di Indonesia, unduh Flash Report Rumah123 Edisi Mei 2024 sekarang juga!

***

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, ya.

Cek artikel menarik lainny  hanya di artikel.rumah123.com.

Kalau kamu ingin ngobrolin properti kunjungi ke Teras123.

Tak lupa, kunjungi Rumah123 untuk menemukan hunian impian karena #SemuaAdaDisini.


Tag: , ,


Ilham Budhiman

Lulusan Sastra Daerah Unpad yang pernah berkarier sebagai wartawan sejak 2017 dengan fokus liputan properti, infrastruktur, hukum, logistik, dan transportasi. Saat ini, fokus sebagai penulis artikel di 99 Group.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA