OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Lafal Lahaula Walakuata Illabillah Arab beserta Arti dan Keutamaannya

21 Agustus 2023 · 7 min read Author: Shafira Chairunnisa

Lahaulla Walakuata Illabillah arab

sumber: shutterstock

Tahukah kamu apa arti dan keutamaan dari tulisan lahaula walakuata illabillah Arab? Simak jawabannya di sini!

Kalimat lahaula walakuata illabillah merupakan kalimat yang cukup sering ditemukan dan disebutkan, terutama bagi umat Islam.

Namun, masih banyak orang yang belum paham dan tahu apa arti serta keutamaan dari kalimat ini.

Agar kamu jadi lebih paham dan mengerti, simak penjelasan bacaan tulisan lahaula walakuata illabillah di bawah ini!

Tulisan Lahaula Walakuata Illabillah Arab dan Artinya

lafal lahaula walakuata illabillah arab

lahaula walakuata illabillah arab atau lahaula walakuata illabillah

Pernakah kamu mendengar kalimat la haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim?

Ternyata kalimat lahaula walakuata illabillah merupakan salah satu amalan yang sering dikerjakan oleh para muslim.

Bacaan la haula wala quwwata illa billah ini dapat dibaca untuk menenangkan hati, terutama ketika seseorang sedang dalam kondisi tertekan.

Oleh karena itu, seorang muslim wajib untuk mengamalkan keutamaan ini.

Belum tahu apa tulisan lahaula walakuata illabillah Arab?

Berikut adalah tulisan Arab la haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim:

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ

Laa haula wala quwwata illa billah

Arti dari kalimat yang satu ini adalah: Tidak ada daya dan tidak ada pula kekuatan kecuali karena Allah.

Dalam buku Sapu Jagat Keberuntungan buatan Ahmad Mudzakir, tertulis bahwa umat Islam wajib membaca kalimat ini.

Membaca la haula wala quwwata illa billahil aliyyil adzim membuat muslim bisa memasrahkan segala urusan mereka kepada Allah Swt.

Dengan demikian, umat Islam diharapkan bisa mendapatkan ketenangan hati meski sedang dalam situasi tertekan.

Tak hanya itu, membaca lahaula walakuata illabillah juga bisa membuatmu mendapatkan pahala yang melimpah.

Hal ini tertuang dalam hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari yang berbunyi:

يَا عَبْدَ اللَّهِ بْنَ قَيْسٍ قُلْ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ . فَإِنَّهَا كَنْزٌ مِنْ كُنُوزِ الْجَنَّةِ

Artinya: “Wahai ‘Abdullah bin Qois, katakanlah ‘laa hawla wa laa quwwata illa billah’, karena ia merupakan simpanan pahala berharga di surga.” (HR Bukhari, no. 7386)

Selain itu, bacaan la haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim juga bisa digunakan sebagai pengganti surat pendek dalam salat.

Hal ini dipaparkan dalam buku berjudul 125 Masalah Salat buatan Muhammad Anis Sumaji.

Dalam buku tersebut, Rasulullah bersabda:

“Ucapkanlah subhanallah, alhamdulillah, la ilaha illallah, Allahu Akbar, dan la haula wala quwwata illa billahil aliyyil ‘ adzim.” (HR Abu Daud dan Ahmad)

Keutamaan Membaca Lahaula Walakuata Illabillah

keutamaan lahaula walakuata illabillah

tulisan arab lahaula walakuata illabillah atau arti lahaula walakuata illabillah

Selain mendapatkan ketenangan hati dan pahala, ada pula keutamaan membaca lahaula walakuata illabillah lainnya, seperti sebagai berikut:

1. Obat untuk 99 Macam Penyakit dan Kegelisahan

Rasulullah bersabda:

lahaula walakuata illabillah adalah obat dari sembilan puluh sembilan penyakit. Yang teringan adalah penyakit kegelisahan.” (HR Ibnu Abi ad-Dunya)

2. Mendapat Ampunan Allah

Hadis Tirmidzi dan Ahmad menuliskan:

Rasulullah bersabda: “Tiada seorang pun di muka bumi ini yang mengucapkan Laa Ilaaha Illa Allah, Allahu Akbar, dan lahaula walakuata illabillah, melainkan diampuni segala kesalahannya kendati banyaknya seperti buih di lautan.” (HR Imam Ahmad dan Tirmidzi)

3. Memperoleh Sepuluh Kebaikan

Rasulullah bersabda:

“Barang siapa membaca lafal lahaula walakuata illabillah sebanyak sepuluh kali di pagi dan sore hari, Allah menuliskan sepuluh kebaikan untuknya, melebur sepuluh kejelekan darinya, menjadikan sepuluh pelayan baginya, dan melindunginya dari godaan setan.” (HR An-Nasai)

4. Tidak Terkena Kekafiran

Menurut Ibnu Abi Dunya, Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang mengucapkan lahaula walakuata illabillah sebanyak seratus kali dalam sehari, maka ia tidak akan ditimpa kekafiran selamanya.” (HR An-Nasai)

5. Doa Selalu Dikabulkan

Rasulullah bersabda:

“Bahwa tidak ada seorang pun hamba yang telah mengucapkan dengan ikhlas, seraya hati dan lisan membenarkannya, maka pintu-pitu langit terbuka untuknya sehingga Allah akan melihat kepada orang yang mengamalkannya, dan telah menjadi hak baginya, bahwa Allah akan memberi segala permohonan doanya.” (HR An-Nasai)

Waktu Mengucapkan Lahaula Walakuata Illabillah

Doa la haula walakuata illabillah biasanya diucapkan ketika seseorang mengalami suatu hal yang tidak bisa mereka atasi.

Selain dibaca ketika ditimpa suatu masalah, doa ini juga dapat dibacakan ketika:

Malam Hari

Kalimat Laa haula wala quwwata illa billah sebaiknya dibacakan ketika malam hari.

Ubadah ibn al-Samit berkata: “Rasulullah (damai dan berkah Allah besertanya) mengatakan: ‘Siapa pun yang berbalik di malam hari dan mengatakan La ilaha ill-Allah wahdahu la shareeka lah, lahul-mulku wa lahu ‘l-hamd wa huwa’ ala kulli shay’in qadeer. Al-hamdu-lillah wa subhaan-Allah wa la ilaha ill-Allah wa Allahu akbar, wa La hawla wa la quwwata illa Billah.

Segala puji bagi Allah, kemuliaan bagi Allah, tidak ada tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar. Tidak ada kekuatan dan tidak ada kekuatan kecuali dengan Allah), lalu dia berkata, Allahummagh firli (Ya Allah, ampuni aku), atau dia berdoa, doanya akan dikabulkan. Jika dia berwudu dan salat, maka salatnya diterima.” (HR al-Bukhari, 1086)

Ketika Azan

Berikutnya, kalimat ini juga dapat diucapkan ketika azan, yakni setelah muadzin mengatakan hayya ‘ala’s-salaah (marilah kita salat) atau hayya ‘ala’l falah (datanglah untuk kemenangan).

Hafs bin ‘Asim ibn ‘Umar ibn al-Khattab meriwayatkan dari ayahnya bahwa kakeknya ‘Umar ibn al-Khattab berkata: “Rasulullah saw. mengatakan: ‘Ketika muadhdhinin mengatakan “Allahu akbar, Allahu akbar (Allah Maha Besar),” dan salah satu dari kalian berkata, “Allahu akbar, Allahu akbar”; lalu dia berkata, “Ashhadu an la ilaha illa Allah (aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah” dan kamu mengatakan “Ashhadu an la ilaha illa Allah

Lalu dia berkata, “Ashhadu anna Muhammadan Rasool Allah (aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah” dan kamu berkata, “Ashhadu anna Muhammadan Rasool Allah”; lalu dia berkata, “Hayya ‘ala’s-salah (marilah sholat)” dan kamu berkata, “La hawla wa la quwwata illa Billah”; lalu dia berkata, “Hayya ‘ala’l-falah (sukses)” dan kamu berkata, “La hawla wa la quwwata illa Billah”; lalu dia berkata “Allahu akbar, Allahu akbar,” dan kamu berkata, “Allahu akbar, Allahu akbar”; lalu dia mengucapkan “La ilaha illa Allah” dan kamu berkata, “La ilaha illa Allah” – jika dia mengatakan itu dari hati, dia akan masuk surga.’” (HR Muslim dalam Shahihnya, 578, dan oleh Abu Dawud dalam Sunan-nya, 443)

Ketika Meninggalkan Rumah

Anas ibn Malik berkata: “Rasulullah saw. mengatakan: ‘Barangsiapa mengatakan yaitu, ketika dia meninggalkan rumahnya “Bismillah, tawwakaltu ‘ala Allah, La hawla wa la quwwata illa Billah (Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, dan tidak ada kekuatan dan tidak ada kekuatan kecuali dengan Allah),” itu akan dikatakan kepadanya, “Kamu dijaga dan dilindungi,” dan setan akan pergi dia sendiri.’” (HR al-Tirmidzi dalam Sunan-nya, 3348)

Setelah Berdoa

Abu’l-Zubayr berkata: “Ibn al-Zubayr biasa mengatakan segera setelah setiap salat, ketika dia mengucapkan salam, ‘La ilaha ill-Allah wahdahu laa shareeka lah, lahu’l-mulk wa lahu’l-hamd wa huwa ‘ala kulli shay’in qadeer. La hawla wa la quwwata illa Billah wa la na’budu illa iyyah. Lahu’l-ni’mah wa lahu’l-fadl wa lahu’l-thana’ al-hasan. La ilaha ill-Allah mukhliseena lahu’l-deena wa hukum kariha’l-kaafiroon.

Yang artinya Tiada tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya dan segala puji bagi-Nya, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu Tidak ada daya dan upaya kecuali dengan Allah, dan kami tidak menyembah selain Dia. Dari Dia (sendiri) datang semua berkat dan nikmat, dan semua pujian yang baik karena Dia. Tidak ada tuhan selain Allah dan kami menyembah kami murni untuk-Nya (saja) betapapun orang-orang kafir membencinya).’ Dia berkata: ‘Rasulullah saw. biasa mengucapkan kata-kata ini segera setelah setiap salat.’” (HR Muslim).

FAQ tentang Lahaula Walakuata Illabillah

Lahaula Walakuata Illabillah apa artinya?

Makna kalimat lahaula walakuata illabillah, adalah tiada daya dan upaya kecuali dengan Allah, adalah pengakuan seseorang bahwa ia tidak dapat berbuat apa-apa tanpa pertolongan dan pertolongan Allah.

La haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim itu doa apa?

Lafal La haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim biasanya dibacakan sebagai doa agar dapat bertemu jodoh atau doa untuk menenangkan hati.

Apa khasiat lahaula Walakuata Illabillah?

Doa ini memiliki khasiat yakni membuat umat Muslim lebih mendekatkan diri kepada-Nya atas masalah atau musibah yang sedang dihadapi.

***

Simak artikel informatif lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Ikuti Google News Rumah123 untuk mendapatkan informasi paling up to date.

Apakah kamu sedang mencari rumah yang sesuai kriteria?

Tenang, temukan rekomendasinya di Rumah123.com.

Kini mencari rumah jadi lebih mudah karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , , ,


Shafira Chairunnisa

Content Writer

Lulusan Hubungan Internasional di Universitas Katolik Parahyangan dan pernah bekerja sebagai jurnalis di media nasional. Sekarang fokus menulis tentang properti, gaya hidup, desain, dan politik luar negeri. Senang bermain game di waktu senggang.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA