Ilustrasi Kabel Listrik (Foto: Rumah123/News.com.au)

Peringatan untuk selalu mengecek instalasi rumah kamu ya gaes. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan hampir setiap hari terjadi kebakaran di ibu kota.

Anies selalu mendapatkan laporan insiden kebakaran secara rutin. Kejadian kebakaran di Jakarta umumnya disebabkan oleh aliran listrik.

Untuk itu, dia mengimbau warga untuk memeriksa instalasi listrik. Hal ini tentunya bisa mencegah insiden kebakaran.

Baca juga: Pelapis Dinding Apartemen Bisa Jadi Penyebab Kebakaran?

“Aliran listrik yang paling sering menjadi sumber kebakaran. Kami semua mengimbau kepada masyarakat, perhatikan jalur-jalur listrik, jangan sampai ada beban yang mengakibatkan panas dan panas mengakibatkan pada api,” ujar Gubernur DKI seperti dikutip oleh Kompas.com.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selalu merespon insiden kebakaran dengan cepat. Petugas pemadam kebakaran mendatangi lokasi bersama petugas kesehatan, petugas keamanan, dan juga petugas dari Dinas Sosial.

Penyebab kebakaran di Jakarta memang banyak berasal dari korsleting listrik. Untuk itu, kamu melakukan tindakan preventif.

Baca juga: Berada di Kawasan Rawan Kebakaran, Eksterior Rumah Ini Dirancang Anti-Api

Kamu harus memanggil ahli listrik, kalau perlu yang bersertifikasi untuk mengecek instalasi listrik di dalam rumah kamu. Instalasi listrik di atas plafon rumah tentu harus mendapatkan perhatian.

Mungkin ada kabel yang perlu diganti karena digigit oleh tikus atau menjadi sarang semut. Mungkin juga ada bagian atap yang bocor sehingga rembesan air masuk ke rumah dan mengenai instalasi listrik.

Hal ini berbahaya karena bisa mengakibatkan korsleting. Nah, kamu perlu mengecek secara rutin. Lebih baik melakukan pencegahan kan?

Baca juga: Rumah Terancam Terbakar, Kim Kardashian dan Kanye West Sewa Pemadam Kebakaran

Bagikan: 648 kali