Mortgage application concept with house keys and calculator Ilustrasi: Rumah123/iStock

Untuk pekerja informal yang tidak memiliki penghasilan tetap setiap bulannya, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) berencana menawarkan kredit perumahan mikro.

Menurut Direktur Utama BTN, Maryono, selama ini BTN lebih fokus pada pekerja formal dan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Akan tetapi, skema yang ditawarkan untuk kredit jenis ini akan berbeda dengan KPR umumnya.

“Ini masih dirancang, kami akan kerja sama dengan PNM dan lembaga lainnya, karena mereka kan memiliki nasabah yang banyak, dari nasabah tersebut pasti butuh rumah, kami beri. Makanya kami sesuaikan dengan kemampuan,” ujarnya menjelaskan seperti dikutip dari Okezone.

Baca juga: BTN Permudah KPR, Genjot Program Sejuta Rumah

Maryono juga mengungkapkan, tujuan dari rencana tersebut adalah untuk mendukung program sejuta rumah yang telah dirancang oleh presiden Joko Widodo.

Ia juga menjelaskan bahwa perseroan menargetkan dapat menyalurkan pembiayaan rumah hingga 570 ribu unit. Tahun lalu, pembiayaan yang disalurkan mencapai 470 ribu unit rumah.

"BTN akan tetap konsisten dalam pembiayaan perumahan, baik KPR nonsubsidi maupun subsidi. BTN terus melakukan pendekatan kepada pengembang untuk mempercepat permintaan KPR yang terus meningkat," kata Maryono.

Bagikan: 1866 kali