Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Tidur yang nyenyak dan berkualitas tentunya akan membuat kamu segar saat memulai hari baru keesokan harinya. Sakit dan banyak pikiran kerap menjadi penyebab tidur menjadi kurang nyenyak.

Beberapa hal di bawah ini mungkin bisa kamu periksa apakah memengaruhi kualitas tidurmu.

Baca juga: Kamar Tematik Lebih Menarik, Mau?

Kondisi Kamar

Kamar yang kotor dan berantakan memang kerap membuat kita tak dapat leluasa berada di dalam kamar. Kenyamanan pun jadi berkurang. Agar kamu lebih betah, bersihkan dan rapikan kamarmu, jangan biarkan ada barang-barang yang berserakan dan membuat rumahmu terkesan berantakan.

Suhu Kamar

Suhu panas membuat tidur terasa gerah dan menjadi kurang nyaman. Sebaliknya, suhu yang terlalu dingin  juga akan membuat kamu kedinginan dan mengganggu tidur. Maka itu, aturlah suhu dengan suhu ruang yang sejuk.

Apabila kamu menggunakan kipas angin, aturlah agar tidak langsung mengenai tubuhmu. Anginnya bisa memberi dampak tak baik bagi kesehatan.

Baca juga: Tidur Tambah Nyaman dan Nyenyak kalau Sepreinya Terawat

Seprai dan Selimut

Pemilihan bahan untuk seprai dan selimut juga berpengaruh pada kenyamaan tidur. Pilihlah bahan yang lembut dan sejuk.

Kamu dapat menggunakan bahan katun, wol , atau sutera. Sebaiknya kamu tidak menggunakan kain polister dan satin sintetis karena kurang nyaman untuk tidur.

Bantal dan guling

Pilihlah bantal yang pas. Pilihlah yang tidak terlalu tipis maupun tebal agar lebih terasa nyaman di leher dan punggung. (Wit)

Bagikan:
1200 kali