jar of honey with honeycomb on wooden table Madu, makanan dan obat alami. Foto: Rumah123/iStock

Nyamuk seringkali hadir di rumah. Tentu saja kehadirannya tidak kita harapkan. Selain mengganggu kenyamanan penghuni rumah, kemungkinan juga menularkan virus DBD.

Kalau digigit nyamuk, tentu saja terasa gatal dan kta pun jadi sebal. Nah, bentol bekas gigitan nyamuk rasa gatalnya bisa dihilangkan dengan beberapa cara, semisal dengan memanfaatkan bahan-bahan alami berikut ini;

Madu

Madu terbukti ampuh mengurangi rasa gatal bekas gigitan nyamuk. Oleskan madu pada bagian kulit yang gatal. Diamkan dan dalam beberapa saat, gatal pun akan berkurang secara perlahan. Setelah gatal mereda, bersihkanlah dengan mengelapnya menggunakan air.

Baca juga; Suka Madu Harus Tahu Cara Menyimpannya

Es Batu

Dingin es batu ternyata bisa mengurangi peradangan dan membuat kulit mati rasa beberapa saat, sehingga kamu pun tak merasakan gatal maupun sakit akibat gigitan nyamuk.

Masukkan es batu ke dalam kantong plastik, letakkan kantong tersebut di atas kulit yang gatal untuk meredakannya.

Baking Soda

Selain dua bahan di atas, baking soda juga dapat meredakan rasa gatal. Campurkan baking soda dengan air, kocok hingga berbentuk pasta. Setelah larut, oleskan pada bagian kulit yang digigit nyamuk. Diamkan selama 10 menit, kemudia bersihkan. (Wit)

Bagikan:
1093 kali