Kereta- Rumah123.com Dua Perusahaan Jepang, Kawasaki dan Hitachi Bekerja Sama Untuk Mengembangkan Kereta Peluru Tercepat di Dunia. Kereta Ini Dijadwalkan Beroperasi Pada 2030 Mendatang (Foto: Rumah123/NBC News/AP/Getty Images)

Jepang mulai memperkenalkan generasi terbaru kereta peluru. Kereta bernama Alfa X ini memiliki kecepatan maksimum hingga 400 kilometer per jam.

Dua perusahaan industri raksasa asal Jepang, Kawasaki dan Hitachi bekerja sama untuk mengembangkan kereta peluru ini, Rangkaian kereta peluru ini memiliki sepuluh gerbong.

Gerbong kereta peluru ini memiliki garis hijau muda, sementara seluruh gerbong bercat perak. Namun, yang paling tentu saja adalah hidung dari kereta yang memiliki panjang 22 meter.

Baca juga: Kapan Ya Penumpang Kereta di Indonesia Pakai Tiket Microchip Seperti di Swedia?

Situs desain Designboom melansir bahwa kecepatan Alfa X telah melewati rekor dunia untuk kereta peluru yang telah beroperasi di Jepang dan Prancis. Kereta peluru ini bisa mencapai kecepatan maksimum 321 kilometer per jam.

Namun situs CN Traveler pernah mengutip bahwa kereta tercepat yang pernah tercatat adalah Shanghai Maglev di China dengan kecepatan 429 kilometer per jam.

Moncong kereta peluru yang aerodinamis ini yang didesain menjadi panjang ini bisa mengatasi kecepatan tinggi, mengurangi tekanan, dan suara ketika melintasi terowongan.

Baca juga: Desain Stasiun Kereta Ini Terinspirasi dari Koreografi Tari, Keren Kan?

Produsen tidak hanya memiliki prototipe kereta peluru dengan moncong sepanjang 22 meter, tetapi juga dengan hidung sepanjang 15 meter.

Telegraph melansir bahwa Kawasaki dan Hitachi telah menganalisa tingkat tekanan dan suara berisik di antara dua moncong ketika memasuki terowongan sebelum memutuskan desain mana yang lebih cocok.

Kereta peluru Alfa X ini memiliki sejumlah fitur canggih termasuk sensor getaran dan suhu. Peralatan khusus juga dipasang dalam kereta untuk mengurangi dampak dari getaran jika terjadi gempa.

Baca juga: Wah, Stasiun Kereta Ini Mirip Lanskap Gunung Es

Alfa X memiliki sejumlah rem. Selain rem konvensional, kereta peluru ini memiliki rem angin pada atap dan juga menggunakan piringan magnet dekat rel untuk mengurangi kecepatan.

Kereta peluru ini mulai di uji coba pada awal Mei 2019. Uji coba dilakukan antara kota Aomori dan Sendai, Jepang pada malam hari. Tes akan dilakukan selama tiga tahun. Rencananya, kereta ini akan mulai beroperasi pada 2030 mendatang.

Hmm, kapan ya Indonesia punya kereta peluru seperti ini? Kalau ada kereta dengan kecepatan 300-400 kilometer per jam, enak tuh kalau mudik ke Surabaya, kamu bisa sampai dalam waktu kurang lebih dua jam saja. Jarak Jakarta-Surabaya sekitar 785 kilometer.

Baca juga: Yuk, Lihat Empat Stasiun Baru Kereta Cepat Haramain di Arab Saudi

Bagikan: 3201 kali