Stasiun Kereta- Rumah123.com Biro Arsitek Asal Inggris, Foster + Partners Telah Selesai Membangun Empat Stasiun Kereta Cepat Haramain di Arab Saudi (Foto: Rumah123/Dezeen)

Arab Saudi memiliki empat stasiun baru untuk kereta cepat Haramain di Mekkah, Madinah, Jeddah, dan King Abdullah Economic City. Seperti apa ya desain stasiun ini?

Biro arsitek asal Inggris, Foster + Partners baru saja menyelesaikan pembangunan stasiun kereta cepat di empat kota. Stasiun ini merupakan bagian dari jaringan rel kereta cepat Haramain yang menjangkau jarak 450 kilometer.

Kereta cepat Haramain mulai dibangun sejak Maret 2009. Setiap rangkaian kereta bisa mengangkut 417 penumpang. Perjalanan antara Mekkah dengan Madinah bisa ditempuh dalam waktu 2 jam 20 menit saat kereta bisa melaju dengan kecepatan 200 kilometer per jam.

Baca juga: Kapan Ya Punya Stasiun Kereta Keren Kayak Gini?

Stasiun Kereta- Rumah123.com Foster + Partners Membangun Empat Stasiun di Mekkah, Madinah, Jeddah, dan King Abdullah Economic City (Foto: Rumah123/Dezeen)

Nantinya, kereta ini diharapkan bisa mengangkut 60 juta hingga 135 juta penumpang per tahun, 3-4 juta di antaranya merupakan jamaah haji dan umroh. Kereta cepat ini diharapkan bisa mengurangi kemacetan di jalan raya.

Foster + Partners mendesain empat stasiun ini dengan konsep desain yang sama. Hal ini dilakukan agar desain stasiun konsisten.

“Kami mendesain semua stasiun, hasilnya adalah pendekatan yang konsisten dan strategi pencarian intuitif melalui jaringan,” ujar Senior Partner Foster + Partners, Angus Campbell seperti dikutip oleh Dezeen.

Baca juga: Beda dengan Jakarta, Lahan Parkir Terbesar di Stasiun Kereta Ini Untuk Sepeda

Stasiun Kereta- Rumah123.com Kereta Cepat Haramain Akan Menghubungkan Empat Kota Dan Memiliki Rute Sepanjang 450 Kilometer (Foto: Rumah123/Dezeen)

Arsitek merancang stasiun dengan sistem modular. Stasiun memiliki atap yang fleksibel. Atap ini dinamakan struktur pohon.

Hal ini memang disengaja lantaran arsitek ingin semua stasiun dapat berkembang di masa depan sehingga kapasitas dapat ditambah. Saat ini, stasiun dapat menampung 20.000 penumpang per jam.

Atap juga dirancang dapat menahan panas terik matahari di gurun pasir. Arsitek memang membuat sejumlah lubang kecil. Hal ini bertujuan agar sinar matahari bisa masuk, namun masih bisa dibatasi.

Baca juga: Desain Stasiun Kereta Ini Terinspirasi dari Koreografi Tari, Keren Kan?

Stasiun Kereta- Rumah123.com Arsitek Mendesain Stasiun Dengan Lubang di Atap Supaya Sinar Matahari Masuk. Foster + Partners Juga Merancang Stasiun Tidak Panas Meski Berada di Gurun Pasir (Foto: Rumah123/Dezeen)

Arsitek mendesain semua stasiun ini memiliki temperatur yang nyaman tanpa menggunakan pendingin udara. Kipas angin besar dan alat penghasil kabut dipasang agar area ini tetap sejuk.

Setiap penumpang dibuat nyaman saat berada di stasiun. Ada perasaan yang menyenangkan saat bepergian dan berada di stasiun.

Bagi kamu yang berkesempatan untuk pergi haji atau umroh, jangan lupa untuk untuk mencoba kereta cepat Haramain dengan pemandangan gurun pasir di Arab Saudi.

Baca juga: Wah, Stasiun Kereta Ini Mirip Lanskap Gunung Es

Stasiun Kereta- Rumah123.com Penumpang Kereta Cepat Hanya Memerlukan 2 Jam 20 Menit untuk Perjalanan Mekkah-Madinah. Kereta Ini Dihadirkan Untuk Mempermudah Akses Jamaah Haji dan Umrah (Foto: Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 842 kali