Biro Arsitek Inggris, Zaha Hadid Architects dan Studio Arsitek Norwegia, A-Lab Berkolaborasi Mendesain Dua Stasiun Kereta Listrik di Oslo, Norwegia (Foto: Rumah123/Dezeen)

Dua stasiun kereta ini bakal terlihat keren nantinya. Bentuknya menyerupai pegunungan es. Arsitek yang mendesainnya memang terinspirasi dari pegunungan es Norwegia.

Studio arsitektur asal Inggris, Zaha Hadid Architects dan biro arsitektur dari Norwegia, A-Lab berkolaborasi mendesain dua stasiun metro atau kereta listrik di ibu kota Norwegia, Oslo.

Keduanya memenangkan sayembara mendesain stasiun kereta untuk dua dari enam stasiun. Desain stasiun memang terinspirasi dari es.

Baca juga: Kapan Ya Punya Stasiun Kereta Keren Kayak Gini?

Arsitek mendesain stasiun Fornebu Senter berbentuk seperti ngarai, lembah, dan pegunungan es. Ada beberapa bagian yang mengingatkan pada gunung dan ngarai.

Sementara pada stasiun Fornbuporten menampilkan permukaan bangunan yang bisa bersinar. Pengguna angkutan massal bisa merasakan pengalaman berbeda saat memasuki stasiun.

Ada beberapa bagian yang penuh lampu, salah satunya peron. Warna lampu tersebut berubah untuk menunjukkan waktu saat itu.

Baca juga:  Beda dengan Jakarta, Lahan Parkir Terbesar di Stasiun Kereta Ini Untuk Sepeda

Oslo semakin berkembang. Jumlah penduduknya bertambah lebih dari sejuta dalam beberapa tahun terakhir. Perkembangan ini membuat pemerintah memperbaiki jalur transportasi kereta listrik. Pembangunan stasiun ini dimulai pada 2020 dan selesai pada 2025.

“Fornebubanen akan menjadi jaringan transportasi baru yang penting bagi kota,” ujar Direktur Zaha Hadid Architects, Gianluca Racana kepada Dezeen. Sementara founder A-Lab, Geir Haaversen menyatakan, “Orang menunggu Fornebubanen untuk jangka waktu lama. Desain stasiun penting bagi pembangunan lokasi.”

Hmm, kira-kira ada nggak sih stasiun commuter line, MRT (mass rapid transit), atau LRT (light rapid transit) yang keren kayak gini?

Baca juga:  Desain Stasiun Kereta Ini Terinspirasi dari Koreografi Tari, Keren Kan?

Bagikan: 381 kali