Stasiun Kereta yang Didesain Oleh Brooks + Scarpa (Rumah123/Dezeen)

Angle Lake Transit Station and Plaza memiliki tampilan baru. Fasad baru berupa lapisan aluminium berwarna biru yang terinspirasi dari pertunjukan tari.

Stasiun kereta ini berada di Seattle, Amerika Serikat. Stasiun ini menghubungkan bandara Seattle dengan pusat kota dan juga University of Washington.

Baca juga: Luar Biasa! Stasiun Kereta Ini Terintegrasi dengan Moda Transportasi Massal Lainnya

Biro arsitek asal Amerika Serikat, Brooks + Scarpa mendesain stasiun ini. Firma ini memiliki kantor di Los Angeles dan Fort Lauderdale, keduanya di Amerika Serikat.

Angle Lake Transit Station and Plaza memiliki luas 37.161 meter persegi. Stasiun ini berada di atas lahan seluas 2,8 hektare.

Baca juga: Hmm, Mau Tahu Arsitek yang Piawai Mendesain Stasiun dan Jaringan Kereta?

Brooks + Scarpa menutupi stasiun ini dengan fasad baru setinggi tujuh lantai yang berupa potongan 7.500 panel aluminium. Bentuknya seperti kurva.

Desain ini terinspirasi dari koreografer tari, William Forsythe. Dia dikenal suka menggunakan teknologi dan matematika untuk menciptakan kreasi seni tari yang megah.

Baca juga: Kapan Ya Punya Stasiun Kereta Keren Kayak Gini?

“Terinspirasi dari Tarian Geometri karya William Forsythe yang suka berimprovisasi. Para pemain menggerakkan tubuh dengan menyelaraskan gaya saat menekuk, menyatu, atau saat sendiri,” ujar Brooks + Scarpa seperti dikutip oleh situs arsitektur dan desain Dezeen.

Biro arsitek menggunakan panel yang telah dibuat secara custom agar mudah saat dibuat dan juga dipasang. Fasad ini dipasang dalam tempo tiga minggu tanpa menggunakan crane atau peralatan khusus lainnya. Benar-benar efisien kan?

Baca juga: Beda dengan Jakarta, Lahan Parkir Terbesar di Stasiun Kereta Ini Untuk Sepeda

Tidak hanya itu, bangunan ini juga mendapatkan sertifikat LEED Gold dari US Green Building Council. Brooks + Scarpa memang menggunakan material ramah lingkungan.

Stasiun ini sendiri memiliki lima lantai di atas tanah dan dua lantai di bawah tanah. Fasilitas yang ada di dalamnya termasuk parkir sepeda, loker untuk pengunjung, area komersial, parkir mobil, dan juga stasiun pengisian baterai bagi kendaraan listrik.

Baca juga: Integrasi Bus, Kereta, dan Sepeda, Ini Baru Sistem Transportasi Oke!

Selain itu, ada plaza untuk berkumpul. Plaza ini dapat digunakan untuk beragam acara komunitas seperti festival atau pasar bagi para petani.

Hmm, mudah-mudahan kalau ada stasiun commuter line, stasiun LRT (light rapid transit), atau MRT (mass rapid transit) di Indonesia ada yang seperti stasiun Angle Lake Transit Station and Plaza ini ya?

Baca juga: Kapan Ya Penumpang Kereta di Indonesia Pakai Tiket Microchip Seperti di Swedia?

Kamu bisa lebih sering menggunakan transportasi umum dan juga lebih sering selfie kan untuk dipamerkan di media sosial kamu?

Stasiun Kereta yang Didesain oleh Brooks + Scarpa (Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 458 kali