Liebian International Building Memiliki Air Terjun Setinggi 108 M (Rumah123/Dezeen)

Sebuah gedung pencakar langit di China menjadi viral. Bangunan ini memiliki air terjun buatan pada bagian fasadnya.

Bangunan ini bernama Liebian International Building yang berlokasi di Guiyang, China bagian Barat Daya. Gedung ini memiliki tinggi 121 m, sementara air terjun mempunyai tinggi 108 m.

Baca juga: Untuk Masuk ke Rumah Ini Harus Lewat Hutan dan Jembatan, Pasti Ga Percaya!

Situs arsitektur dan desain Dezeen menyatakan kalau air terjun ini menjadi salah satu air terjun buatan terbesar di dunia dan juga tertinggi. Hal ini terkait dengan tinggi bangunan.

Perusahaan pengembang asal China, Ludi Industry Group membangun gedung ini. Bangunan ini merupakan mixed use.

Baca juga:  Hutan Rahasia Tersembunyi di Antara Bangunan Beton

Nantinya, gedung ini berisi perkantoran, hotel, dan juga pusat perbelanjaan. Kantor dan hotel berada di menara pencakar langit, sementara pusat perbelanjaan berada di area podium.

“Guiyang adalah kota yang berada di dekat pegunungan, dengan pohon yang banyak, seperti sebuah hutan,” ujar Direktur Ludi Industry Group, Chen Xiamao kepada Dezeen.

Baca juga:  Wow Dahsyat, Rumah Ini Dijual dengan Bonus Water Park!

“Arsitek ingin membuat bangunan yang bisa menciptakan suasana air dan pepohonan, walaupun dikelilingi oleh gedung pencakar langit,” ujar Xiamao.

Media Inggris The Independent melansir kalau biaya operasional air terjun ini berkisar 90 pound (Rp1,6 juta) per jam. Sayangnya, air terjun ini hanya dioperasikan selama enam jam saja. Ada empat pompa yang difungsikan untuk mengambil air dari tanah. Selain itu, air terjun juga memanfaatkan air hujan.

Baca juga: Desainer Interior Ini Dapatkan Ide dari Bertualang ke Alam Liar, Mau Ikut?

Untuk Mengoperasikan Air Terjun di Liebian International Building Ini Memerlukan Empat Pompa Air (Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 1534 kali