denah rumah- rumah123.com Biro Arsitek Asal Vietnam, K59 Atelier Mendesain Sebuah Rumah Sempit di Ho Chi Minh City. Hunian Ini Berada di Antara Gang Sempit (Foto: Rumah123/Dezeen)

Tidak usah bingung kalau memiliki lahan terbatas, ada desain dan denah rumah kecil yang bisa menjadi inspirasi. Saatnya berpikir kreatif dalam mengolah lahan sempit.

Lahan terbatas menjadi masalah di banyak kota besar dunia. Begitu juga dengan salah satu negara Asia Tenggara, Vietnam.

Ho Chi Minh City menjelma menjadi kota dengan jumlah penduduk terbanyak di Vietnam yan mencapai 8,4 juta jiwa. Jumlahnya mengalahkan ibu kota Vietnam, Hanoi yang berpenduduk 7,7 juta jiwa.

Baca juga: 4 Desain Rumah Kecil untuk Generasi Milenial

Perkembangan Ho Chi Minh City mirip dengan sederetan kota di Asia termasuk Jakarta. Kota berkembang tidak teratur sehingga perkampungan padat bermunculan.

Rumah yang akan diulas ini berada di perkampungan padat penduduk di Ho Chi Minh City. Posisinya diapit oleh dua gang kecil.

Biro arsitek asal Vietnam, K59 Atelier yang mendesain bangunan ini. Sebenarnya, bangunan ini menjadi rumah sekaligus kantor bagi firma tersebut.

denah rumah- rumah123.com Bagian Depan dan Bagian Belakang Rumah Diapit Gang Kecil. Arsitek Mendesain Dua Akses Pintu Pada Rumah (Foto: Rumah123/Deezen)

Denah Rumah Disesuaikan dengan Lingkungan Sekitar

Situs desain dan arsitektur Dezeen tidak mengungkapkan berapa lebar dan panjang rumah serta luas lahan. Namun, dari sejumlah foto memang terlihat kalau rumah ini memang berada di lahan sempit.

Bangunan rumah ini terdiri dari empat lantai. Rumah ini memiliki tiga kamar tidur serta sejumlah fasilitas lainnya.

Hunian ini mempunyai ruang duduk atau ruang tamu, kamar mandi, ruang sembahyang, ruang mencuci, dan taman. Pada bagian atap, ada tempat penyimpanan air dan pemanas air yang memanfaatkan sinar matahari.

Baca juga: Desain Rumah Pohon Modular Ini Mirip Karakter Animasi Minions

Arsitek membagi ruangan dengan memanfaatkan ruang terbuka atau void dan ruang komunal. Desain ini dirancang untuk menyelaraskan lingkungan sekitar. Arsitek tidak ingin menutup akses keduanya dengan rumah.

K59 Atelier merancang sebuah terobosan untuk bangunan yang sudah ada di kawasan ini dengan konsep terbuka pada lantai dasar. Jadi penghuni bisa mengakses dua gang yang berada di depan dan belakang rumah.

“Kami memilih adaptasi dan perubahan sendiri dibandingkan menolak apa yang terjadi di sekitar. Bukaan dan ruang terbuka menjadi metode yang kami gunakan untuk menghubungkan dan memisahkan ruangan,” ujar K59 Atelier kepada Dezeen.

“Hunian ini terbagi dalam dua bagian oleh satu atrium besar. Lantai dasar merupakam area kosong yang memudahkan orang untuk lalu lalang di kedua gang, begitu juga dengan udara,” lanjut K59 Atelier.

denah rumah- rumah123.com Arsitek Menggunakan Material Batu Bata, Beton, dan Kayu dalam Mendesain Rumah Ini. Hunian Ini Berdesain Industrial (Foto: Rumah123/Dezeen)

Desain Rumah Bergaya Industrial

K59 Atelier merancang hunian ini dengan gaya industrial. Desain ini bisa terlihat dari hunian yang terbuka dan tanpa finishing.

Arsitek mengaplikasikan beton ekspos, batu bata ekspos, dan tangga kayu. Batu bata ekspos dicat dengan warna senada dengan beton ekspos. Hasilnya rumah dan kantor ini memang memiliki rasa gaya industrial.

Ruang terbuka memang sengaja dihadirkan sehingga rumah terlihat lebih lega. Bukaan ini memisahkan ruang sembahyang dengan ruang tidur, ruang kerja/kantor dengan ruang tidur, dan taman dengan ruang tidur.

denah rumah- rumah123.com Bagian Dalam Rumah Ada Void dan Taman. Arsitek Ingin Menyiasati Hunian yang Berada di Lahan Sempit (Foto: Rumah123/Dezeen)

Desain Rumah Hadirkan Taman dalam Hunian

Arsitek juga memasukkan sejumlah taman di dalam dan juga luar rumah. Taman kecil ini menciptakan area pemisah antara rumah dengan jalan. Selain itu, ada juga pohon besar di dalam rumah yang tumbuh melalui ruang terbuka.

“Hidup di kawasan yang padat dan udara yang penuh asap, tidak berarti kita memutuskan menutup pintu. Hal berlawanan, kita membutuhkan fleksilibilitas dan kemurahan hati dalam merancang,” kata K59 Atelier lagi.

K59 Atelier juga memasang batu bata berlubang dan batang logam untuk menjadi filter udara dan juga sinar matahari. Struktur ini membantu bangunan untuk bernafas. Arsitek ingin metode ini bisa menghubungkan orang, alam, dan masyarakat.

denah rumah- rumah123.com Denah Rumah Sempit yang Dirancang oleh Biro Arsitek K59 Atelier. Hunian Ini Memiliki Empat Lantai (Foto: Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 1033 kali