OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan

09 Nopember 2023 · 13 min read Author: Kartika Ratnasari

teks laporan hasil observasi lingkungan

Sumber: Istockphotos.com

Property People ingin tahu contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan rumah? Baca yuk pembahasannya di sini.

Teks laporan hasil observasi adalah ungkapan bahasa yang memberikan informasi secara umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung.

Dalam teks laporan hasil observasi informasi harus disampaikan secara fakta dan bukan menurut opini penulis.

Biasanya, teks observasi memiliki kandungan isi yang informatif, komunikatif dan objektif.

Adapun struktur teks laporan hasil observasi terdiri dari pernyataan umum, kalimat deskripsi dan kesimpulan.

Nah, agar Property People semakin paham, berikut ini contoh teks observasi yang telah dihimpun dari berbagai sumber.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan

teks laporan hasil observasi tentang kebersihan kompleks perumahan

Sumber: Griajkt08.wordpress.com

1. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Lingkungan Rumah

Inilah contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan rumah.

Pernyataan Umum :

Kebersihan lingkungan merupakan aspek yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia.

Dengan kebersihan lingkungan dapat menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Deskripsi :

Kondisi kebersihan lingkungan di perumahan cendana sangat baik. Selokan terpelihara dengan baik dan tidak tersumbat.

Tempat pembuangan sampah pun sudah ada di tiap depan rumah warga.

Tempat pembuangan sampah berupa Tong besar atau drum kondisinya juga terawat, sehingga tidak menimbulkan bau yang kurang sedap.

Petugas kebersihan mengambil sampah setiap tiga hari sekali.

Selain itu, setiap satu bulan sekali warga Perumahan Cendana melakukan kerja bakti membersihkan selokan dan rumput-rumput liar di sekitar perumahan.

Kesimpulan :

Kebersihan lingkungan tidak sulit untuk diterapkan, apabila kita membiasakan pola hidup bersih dan sehat.

Budaya hidup yang bersih dan sehat akan mendatangkan banyak manfaat bagi manusia.

Kita dapat menjalankan aktivitas hidup yang sehat, produktif dan pada gilirannya menggapai kesuksesan.

2. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Desa

Inilah contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungna desa.

Pernyataan Umum :

Kehijauan alam adalah suatu tanda kesuburan tanah.

Selain indah dipandang mata, kehijauan alam yang ditandai dengan masih lestarinya tanaman-tanaman juga dapat menambah produksi gas oksigen untuk lingkungan.

Dengan demikian, udara desa menjadi bersih dan segar.

Deskripsi :

Kondisi kehijauan alam di Desa Subur Makmur agak memprihatinkan.

Meskipun belum masuk dalam wilayah kota, sudah banyak gedung ruko tempat warga berdagang yang pembangunannya mengambil lahan hijau.

Hal tersebut menyebabkan udara menjadi lebih padas.

Kurangnya pohon-pohon rindang juga turut menjadi faktor menurunnya kualitas udara dan lingkungan di desa tersebut.

Sudah jarang ditemui taman-taman hijau yang dulu menjadi area bermain anak-anak.

Lahan tersebut kini sudah berganti pasar.

Kurangnya kesadaran para pedagang serta warga untuk menjaga kebersihan juga memperparah kondisi.

Kesimpulan :

Kehijauan alam lingkungan dapat membantu mengurangi efek rumah kaca.

Dampak dari kehijauan lingkungan juga banyak bagi kemaslahatan umat manusia di bumi, terutama kebebasan dan kesegaran paru-paru kita dalam menghirup udara dari luar.

Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kehijauan alam, yaitu mengurangi sampah rumah tangga, dan mendaur ulang sampah.

Selain itu, menghemat penggunaan air, melakukan penghijauan dengan menanam pohon, mengurangi penggunaan kantong plastik yang sulit didaur ulang dan menciptakan kesadaran diri untuk menjaga kehijauan alam.

3. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Lingkungan Alam

Inilah contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan alam.

Sisa lahan di depan rumah kami manfaatkan sebagai sarana membangun kolam ikan permanen. Demi keindahan visual dan penyeimbang ekosistem kolam, kami juga memberikan sentuhan tanaman hias pada area pinggir kolam.

Deskripsi:

Kami memanfaatkan lahan sisa pada bagian depan tempat tinggal sebanyak 3 meter untuk membuat kolam ikan. Luas lahan tersebut merupakan sisa dari pembangunan hunian yang kami tempati.

Terdapat banyak ikan dengan berbagai ukuran dan jenis. Mulai dari ikan mas, koi, cupang, dan masih banyak lagi lainnya. Warna-warni sirip juga menjadi pilihan untuk mempercantik tampilan kolam.

Ukuran ikan paling pendek sekitar 5 cm sementara paling panjang bisa mencapai 25 cm. Ragam ukuran ini semakin jelas ketika semua ikan berenang dari satu sisi ke sisi lainnya.

Kesimpulannya adalah:

Kamu akan menemukan banyak ukuran serta jenis ikan ketika melihat kolam di rumah kami. Warna-warni siripnya menjadi keindahan visual yang tidak terbantahkan. Manfaat melihat ikan-ikan adalah sebagai bentuk relaksasi setelah penat seharian bekerja.

4. Contoh Laporan Hasil Pengamatan di Lingkungan Rumah

Berikut ini contoh laporan hasil pengamatan di lingkungan rumah.

Lokasi tempat tinggal saya di Banjarnegara. Dari kecil area rumah selalu ramai kendaraan karena merupakan jalur penghubung antara kabupaten dengan kota. Banyak sekali kendaraan lalu lalang dan menyebabkan debu di mana-mana.

Hanya sedikit rumah ada di sekitar kami, jumlahnya ada 70 rumah. Sebagian disewakan menjadi kontrakan maupun kosan untuk menambah penghasilan.

Berada di pinggir jalan besar, lingkungan tempat tinggal kami cenderung banyak debu dan gersang. Apalagi minimnya pohon sekitar tempat tinggal, membuat udara semakin terasa penat setiap siang hari.

Namun, di luar itu semua kami telaten menjaga kebersihan lingkungan sehingga tidak terdapat sampah mengendap yang menyebabkan banjir atau aroma tidak sedap. Demikian LHO tentang tempat tinggal kami di Banjarnegara.

Apa kesimpulan yang dapat kamu petik dari contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan rumah di atas? Tidak harus mengambil contoh di Banjarnegara, beberapa wilayah juga dapat menjadi contoh serupa jika lingkungannya di pinggir jalan.

5. Contoh Laporan Hasil Observasi di Rumah

Berikut ini contoh laporan hasil observasi di rumah.

Kamu dapat mempelajari teks di bawah ini sebagai referensi. Semakin banyak referensi tentu semakin banyak pengetahuan dimiliki.

Rumah Sehat di Jalan Mawar Melati

1. Pelapor : Niluh Sapta Utami
2. Objek observasi : Lingkungan Rumah
3. Waktu Pengamatan : Minggu, 18 Juni 2000
4. Tempat Pengamatan : Jalan Mawar Melati Puncak Gunung
5. Tujuan Pengamatan : Mengetahui kebersihan lingkungan, terutama area jalannya

Hasil Pengamatan :

Sebagai hunian, rumah bukan hanya digunakan untuk tidur, namun juga sebagai tempat berlindung dari panas serta hujan. Semakin nyaman dan kokoh rumah maka semakin aman serta nyaman para penghuninya.

Kondisi rumah di Jalan Mawar Melati cukup memenuhi kriteria rumah sehat. Apotik hidup berupa tanaman pada area depan dan belakang menjadi sarana pertukaran udara secara alami.

Kondisi pencahayaan sinar matahari yang masuk ke rumah juga sehat dan bisa digunakan sebagai sarana berjemur ketika pagi hari. Selain itu, pemilik rumah beruntung sebab mendapatkan sumber air bersih, bening, serta tidak berbau menyengat.

Pemilik rumah Jalan Mawar Melati sudah cukup keuntungan banyak oleh kondisi lingkungannya. Ditambah lagi ketelatenan dalam mengurus rumah menambah rasa aman serta nyaman seluruh anggota keluarga

Simpulan dari contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan adalah:

Hunian yang mewah dan mahal tidak menjamin menjadi tempat tinggal layak serta sehat untuk seluruh anggota keluarga. Hal paling penting setelah menempati hunian adalah menjaga kebersihan lingkungannya.

Setelah lingkungan rumah secara telaten dijaga maka para penghuni bisa merasakan aman serta nyaman. Kunci kenyamanan serta keamanan mengacu pada penghuni rumahnya sebagai pelaku utama.

6. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan Sekolah

Berikut adalah contoh teks laporan hasil observasi lingkungan dari jurnal berjudul Pembelajaran Menulis Laporan Hasil Observasi Lingkungan dengan Model 4ME ciptaan Sutrisno, J., Faizah, H., & Auzar.

Laporan hasil observasi ini dapat dibuat dengan menggunakan model pembelajaran 4Me yang menggabungkan pembelajaran kooperatif dan problem-based learning.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan Sekolah

Pernyataan Umum:

Lingkungan sekolah merupakan lingkungan yang sangat penting bagi peserta didik dalam menunjang proses pembelajaran. Oleh karena itu, kami melakukan observasi terhadap lingkungan sekolah untuk mengetahui kondisi lingkungan yang ada di sekitar sekolah.

Deskripsi:

Kami melakukan observasi terhadap lingkungan sekolah pada hari Senin, 8 November 2023. Kami memulai observasi dari hal yang paling besar hingga hal yang paling kecil. Kami mengamati kondisi lingkungan sekitar sekolah, seperti kondisi jalan, trotoar, taman, dan bangunan di sekitar sekolah. Kami juga mengamati kondisi lingkungan di dalam sekolah, seperti kondisi kelas, toilet, dan ruang guru.

Pernyataan Penutup:

Berdasarkan hasil observasi yang kami lakukan, kami menyimpulkan bahwa kondisi lingkungan di sekitar sekolah cukup baik dan terawat dengan baik. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki, seperti kondisi trotoar yang rusak dan toilet yang perlu dibersihkan secara rutin.

Rekomendasi:

Berdasarkan hasil observasi yang kami lakukan, kami merekomendasikan agar pihak sekolah melakukan perbaikan pada kondisi trotoar yang rusak dan melakukan pembersihan secara rutin pada toilet. Selain itu, kami juga merekomendasikan agar pihak sekolah melakukan penghijauan di sekitar sekolah untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman bagi peserta didik.

7. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan Taman

LAPORAN HASIL OBSERVASI LINGKUNGAN

Tanggal Observasi: 2 November 2023

Tempat Observasi: Taman Kota Indah

I. Pendahuluan

Observasi lingkungan adalah kegiatan yang dilakukan untuk memahami kondisi dan perubahan yang terjadi di sekitar kita. Tujuan dari observasi ini adalah untuk mengumpulkan data tentang lingkungan dan mengevaluasi dampak manusia terhadap ekosistem. Pada tanggal 9 November 2023, kami melakukan observasi di Taman Kota Indah untuk mengevaluasi kondisi lingkungan di area tersebut.

II. Metode

Metode yang digunakan dalam observasi ini adalah pengamatan langsung. Kami berkumpul di Taman Kota Indah pada pukul 08.00 pagi dan membagi tugas untuk mengamati berbagai aspek lingkungan, termasuk flora, fauna, dan dampak manusia. Setiap pengamat membawa kamera untuk mendokumentasikan temuan mereka.

III. Hasil Observasi

A. Flora

1. Kami mengamati berbagai jenis tanaman di taman ini, termasuk pohon-pohon besar, semak-semak, dan bunga-bunga. Sebagian besar tanaman terlihat sehat dan dalam kondisi baik.

2. Ada beberapa pohon yang terlihat kurang sehat dan mengalami penyakit. Beberapa daun pohon terlihat menguning, dan perlu dilakukan perawatan lebih lanjut.

B. Fauna

1. Kami melihat beragam jenis burung, termasuk burung merpati, burung gereja, dan burung pipit. Hal ini menunjukkan keberagaman hayati di taman ini.

2. Sayangnya, kami juga melihat beberapa tumpukan sampah di sekitar tempat duduk dan area bermain anak-anak. Sampah ini dapat menjadi ancaman bagi fauna setempat dan perlu segera dibersihkan.

C. Dampak Manusia

1. Beberapa pengunjung taman tidak mematuhi aturan dan membuang sampah sembarangan. Kami mengamati bahwa beberapa tempat sampah penuh, dan sampah berserakan di sekitar area taman.

2. Beberapa fasilitas seperti bangku taman dan toilet umum membutuhkan perbaikan. Kebersihan fasilitas tersebut juga perlu ditingkatkan.

IV. Saran

Berdasarkan hasil observasi kami, kami merekomendasikan beberapa tindakan yang perlu dilakukan untuk menjaga dan memperbaiki lingkungan Taman Kota Indah:

1. Melakukan pemeliharaan rutin untuk tanaman yang kurang sehat dan pembersihan area taman dari sampah secara teratur.

2. Edukasi pengunjung taman tentang pentingnya menjaga kebersihan dan merawat lingkungan. Mungkin bisa menyediakan tempat sampah yang lebih banyak dan jelas.

3. Perbaiki fasilitas umum seperti bangku taman dan toilet, serta tingkatkan kebersihan fasilitas tersebut.

V. Kesimpulan

Observasi lingkungan adalah langkah penting untuk memahami kondisi lingkungan dan dampak aktivitas manusia. Dengan tindakan yang tepat, kita dapat menjaga keindahan Taman Kota Indah dan menjaga ekosistem yang ada di sana. Semua warga diharapkan dapat berperan aktif dalam melestarikan lingkungan ini.

Dibuat oleh:

Dasiyah Moeria

Madiun, 6 November 2023

8. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan Pantai dan Laut

Tanggal Observasi: 15 Februari 2023

Tempat Observasi: Pantai Pasir Indah

I. Pendahuluan

Observasi lingkungan adalah metode yang penting dalam memahami perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar kita. Pada tanggal 15 Februari 2023, kami melakukan observasi di Pantai Pasir Indah untuk mengevaluasi kondisi lingkungan di pantai ini dan dampak aktivitas manusia terhadap ekosistem pesisir.

II. Metode

Metode yang digunakan dalam observasi ini adalah survei lapangan. Kami datang ke Pantai Pasir Indah pada pukul 09.00 pagi dan membagi tugas untuk mengamati berbagai aspek lingkungan, termasuk keberagaman biota laut, kondisi sampah, dan dampak aktivitas manusia. Kami juga mengambil sampel air laut untuk analisis kualitas air.

III. Hasil Observasi

A. Keberagaman Biota Laut

1. Kami mengamati berbagai jenis biota laut, seperti kerang, terumbu karang, dan ikan. Terumbu karang di pantai ini terlihat indah dan berwarna-warni, menunjukkan keberagaman ekosistem laut.

2. Sayangnya, kami juga melihat beberapa jenis sampah plastik yang terdampar di pantai. Sampah ini dapat membahayakan biota laut jika tidak segera diatasi.

B. Dampak Manusia

1. Aktivitas manusia di pantai ini terlihat cukup tinggi. Kami melihat banyak pengunjung yang berenang, berjemur, dan bermain di pantai. Aktivitas ini mungkin memiliki dampak terhadap ekosistem pantai.

2. Terdapat beberapa tempat sampah di pantai, namun fasilitas pengelolaan sampah seperti tempat sampah terlihat terbatas. Pengunjung seharusnya lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan pantai ini.

C. Kualitas Air

1. Kami mengambil sampel air laut untuk analisis kualitas air. Hasil awal menunjukkan tingkat polusi yang rendah, dan air laut tampak jernih.

2. Meskipun demikian, perlu dilakukan pemantauan kualitas air secara berkala untuk memastikan tidak ada peningkatan polusi.

IV. Saran

Berdasarkan hasil observasi kami, kami merekomendasikan beberapa tindakan yang perlu dilakukan untuk menjaga dan memperbaiki lingkungan Pantai Pasir Indah:

1. Penyuluhan kepada pengunjung tentang pentingnya menjaga kebersihan pantai dan pemahaman tentang ekosistem laut yang sensitif.

2. Penambahan fasilitas tempat sampah dan pengelolaan sampah yang lebih baik di pantai.

3. Pemantauan kualitas air laut secara berkala untuk memastikan tidak ada peningkatan polusi.

V. Kesimpulan

Observasi lingkungan di Pantai Pasir Indah memberikan pemahaman lebih dalam tentang kondisi ekosistem pantai dan dampak aktivitas manusia. Dengan tindakan yang tepat, kita dapat menjaga keberagaman biota laut dan keindahan pantai ini. Semua pihak, termasuk pengunjung pantai, diharapkan dapat berperan aktif dalam melestarikan lingkungan ini.

Dibuat oleh:

Rukayah

Kudus, 19 Februari 2023

9. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan Kota

LAPORAN HASIL OBSERVASI LINGKUNGAN

Tanggal Observasi: 5 Mei 2023
Lokasi Observasi: Jalan Raya Kota Sentosa, Kota Baru

I. Pendahuluan

Observasi lingkungan perkotaan penting untuk memahami perubahan lingkungan yang terjadi akibat pertumbuhan kota dan aktivitas manusia. Pada tanggal 5 Mei 2023, kami melakukan observasi di Jalan Raya Kota Sentosa, yang merupakan pusat aktivitas perkotaan di Kota Baru.

II. Metode

Metode yang kami gunakan adalah observasi visual dan wawancara. Kami mengamati berbagai aspek lingkungan, seperti lalu lintas, kondisi trotoar, kualitas udara, dan penggunaan lahan. Kami juga melakukan wawancara singkat dengan beberapa warga setempat.

III. Hasil Observasi

A. Lalu Lintas

1. Lalu lintas di Jalan Raya Kota Sentosa cukup padat, terutama selama jam sibuk. Kemacetan lalu lintas sering terjadi, yang mungkin disebabkan oleh peningkatan jumlah kendaraan pribadi.

2. Kendaraan umum seperti bus dan angkutan umum jarang terlihat, dan penggunaan kendaraan pribadi lebih dominan. Hal ini berpotensi meningkatkan polusi udara dan kemacetan lalu lintas.

B. Kualitas Udara

1. Kami mencatat tingkat polusi udara yang cukup tinggi di beberapa titik di sepanjang Jalan Raya Kota Sentosa. Asap kendaraan dan industri adalah penyebabnya.

2. Dalam wawancara dengan warga setempat, beberapa di antaranya mengeluhkan masalah pernapasan yang mungkin terkait dengan polusi udara.

C. Penggunaan Lahan

1. Kami mengamati bahwa sebagian besar lahan di sekitar Jalan Raya Kota Sentosa digunakan untuk bangunan komersial dan perumahan. Ruang terbuka hijau sangat terbatas.

2. Beberapa lahan kosong terlihat tidak terawat dan mungkin berpotensi menjadi tempat pembuangan sampah ilegal.

IV. Saran

Berdasarkan hasil observasi kami, kami merekomendasikan beberapa tindakan yang perlu dilakukan untuk memperbaiki lingkungan perkotaan di Jalan Raya Kota Sentosa:

1. Mendorong penggunaan transportasi umum dengan meningkatkan aksesibilitas dan kualitas layanan transportasi umum.

2. Peningkatan kesadaran tentang pentingnya menjaga kualitas udara dengan mengurangi polusi dari kendaraan dan industri.

3. Menggalakkan penghijauan kota dengan menambah ruang terbuka hijau, taman kota, dan pelestarian pohon di kawasan perkotaan.

V. Kesimpulan

Observasi lingkungan di Jalan Raya Kota Sentosa mengungkapkan tantangan dan masalah yang dihadapi oleh lingkungan perkotaan. Dengan tindakan yang tepat, kita dapat meningkatkan kualitas hidup warga kota dan melestarikan lingkungan. Semua pihak, termasuk pemerintah, warga kota, dan pengusaha, diharapkan dapat berperan aktif dalam upaya ini.

Dibuat oleh:
Keenan
Jakarta, 8 Mei 2023

10. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan Hutan Kota

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan HUTAN

Sumber: Rumah123.com

Daftar Pustaka:

  1. Sutrisno, J., Faizah, H., & Auzar. (2023). Pembelajaran Menulis Laporan Hasil Observasi Lingkungan dengan Model 4ME. Journal on Education, 5(2), 2061-2070.

***

Nah, demikianlah contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan rumah.

Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan berguna untuk kamu, ya!

Baca juga ulasan artikel gaya hidup, kabar properti hingga inspirasi desain, hanya di artikel.rumah123.com.

Jangan lupa, untuk melihat berbagai pembahasan mata pelajaran sekolah lainnya di Google News Rumah123.com.

 


Tag: ,


Kartika Ratnasari

Content Editor

Kartika Ratnasari adalah seorang Content Editor untuk Berita 99 dan Artikel Rumah123. Ia telah berkecimpung di dunia penulisan sejak tahun 2016. Lulusan Komunikasi UI ini sering menulis di bidang properti, keuangan, dan lifestyle.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA