Pidato tentang Lingkungan Featured Image

Simak beberapa contoh pidato tentang lingkungan dan alam yang bisa jadi pesan terbaik dalam menjaga kehidupan berkelanjutan!

Alam dan lingkungan merupakan tempat yang sangat penting untuk kehidupan manusia.

Tak heran bila topik ini selalu menjadi topik penting untuk berbagai kalangan mulai dari anak sekolah hingga masyarakat umum.

Namun perlu diingat, menjaga kebersihan dan tata kelola lingkungan tak hanya untuk anak sekolah saja, tetapi juga perlu dilakukan oleh seluruh kalangan termasuk pekerja.

Nah, kalau kamu sedang mencari contoh pidato tentang lingkungan dan alam untuk berbagai keperluan, kamu ada di tempat yang tepat.

Simak contoh pidato tentang lingkungan dan alam selengkapnya di bawah ini.

Contoh Pidato tentang Lingkungan dan Alam

1. Pidato tentang Lingkungan Alam Kehidupan 

Pidato tentang Lingkungan Musim peralihan

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Swt karena berkat rahmat dan hidayahnya kita dapat berkumpul dalam menambah ilmu di tempat yang penuh berkah ini untuk membawa kita dari kegelapan menuju puncak kemuliaan.

Pada kesempatan ini izinkan saya memberikan pidato tentang lingkungan dalam menjaga kelestariannya. 

Untuk diketahui, bahwa aktivitas kita sangat bergantung pada alam karena ia memberikan kehidupan, pekerjaan dan kesehatan.

Kita menggantungkan sepenuhnya semua aktivitas pada alam ini sehingga perlu dilestarikan supaya dapat dinikmati oleh anak dan cucu kita.

Marilah sama-sama menjaga dari hal yang kecil, mulai dari buang sampah pada tempatnya.

Memungut sampah berserakan, mendaur ulang sampah yang bisa difungsikan kembali serta tidak menebang pohon sembarangan.

Saudara sekalian, di musim peralihan dari musim hujan menuju musim kemarau juga jadi perhatian dalam menghadapi berbagai infeksi tropis, tak terkecuali demam berdarah sehingga kebersihan perlu dijaga dengan baik.

Cara jitu menghadapi penyakit tersebut dengan menguras, membilas dan menutup sumber jentik nyamuk yang bisa dilakukan di rumah, sekolah dan lingkungan.

Untuk itu, marilah bersama-sama untuk menjaga lingkungan alami ini dengan baik dan ikhlas agar lingkungan ini dapat dinikmati oleh anak cucu kita supaya tetap sehat.

Akhir kata Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.  

2. Contoh Pidato tentang Lingkungan dan Pelestariannya

Pidato tentang Lingkungan dan Cara Melestarikannya

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato tentang lingkungan dan pelestarian alam.

Pelestarian lingkungan alam sangat penting karena lingkungan hidup merupakan tempat bernaung manusia yang bergantung pada alam sekitar.

Ada banyak upaya yang dilakukan berbagai pihak untuk melestarikan lingkungan alam baik dari masyarakat maupun pemerintah yang bisa dilakukan sebagai upaya terbaik antara lain: 

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menanam pohon merupakan salah satu bentuk pelestarian lingkungan yang sedang banyak digalakkan akhir-akhir ini.

Sebagaimana yang kita ketahui, pohon memberikan manfaat yang besar bagi kita seperti membuat lingkungan lebih indah, membuat udara lebih bersih dan masih banyak lagi.

Selanjutnya, selain dapat menyehatkan tubuh kita, bersepeda juga merupakan wujud nyata cinta terhadap lingkungan sekitar sebagai cara mengurangi bahaya gas buang untuk mencegah pemanasan global.

Contoh upaya melestarikan lingkungan tersebut bisa dapat diupayakan sehingga kita harus menyadari betapa pentingnya kelestarian lingkungan hidup yang bergantung pada sekitar sebagai tanggung jawab bersama.

Demikian pidato tentang lingkungan ini saya sampaikan, semoga bermanfaat dan akhir kata saya ucapkan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

3. Pidato tentang Lingkungan dan Bahaya Sampah di Sekolah

Pidato tentang Lingkungan dan Memilah Sampah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Teman-teman yang saya kasihi, lingkungan hidup merupakan tempat bagi semua orang sehingga kebersihannya perlu dijaga supaya dapat hidup dengan nyaman.

Cara yang tepat untuk diketahui adalah menjaga kebersihan mulai dari hal-hal yang kecil mulai dari membuang sampah plastik minuman hingga kertas di berbagai tempat. 

Namun, minimnya kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya sebagai wujud menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Selain membuang sampah, kita juga bisa membersihkan kelas bersama kemudian menggolongkan berbagai jenis sampah yang terdiri dari: 

1. Sampah basah yang mudah terurai dan membusuk seperti sisa makanan dan sayuran.

2. Sampah kering seperti kertas, kardus, plastik, tekstil, karet, kaca dan kaleng.

3. Sampah B3 (Bahan Berbahaya* Beracun) yaitu sampah beracun dan reaktif yang sangat membahayakan kesehatan dan kehidupan organisme seperti baterai, cat, pestisida, sampah rumah sakit dan lain-lain.

Saat ini kita harus disadarkan untuk menjaga kebersihan lingkungan kita, karena akibat dari kurangnya menjaga kebersihan bisa menjadi sebuah bencana seperti banjir dan wabah penyakit.

Oleh sebab itu, harus timbul kesadaran diri dari setiap pribadi kita untuk menjaga kebersihan lingkungan kita agar kelak tidak ada bencana yang menimpa kehidupan akibat kurangnya kesadaran karena kebersihan lingkungan.

Dalam pidato tentang lingkungan ini saya juga ingin menyampaikan pesan bahwa “Kebersihan sebagian dari Iman”, sehingga teman-teman peduli dan penting untuk menjaga kebersihan.

Sekian pidato dari saya, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

4. Pidato tentang Lingkungan di Perkantoran 

Pidato tentang Lingkungan di kantor

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dalam kesempatan ini izinkan saya membahas pidato tentang lingkungan yang bertujuan supaya kita semakin sadar bahwa menjaga lingkungan sangat penting.

Kita bisa menjadi orang yang beriman di kantor, karena kebersihan merupakan sebagian dari iman. 

Bicara tentang kebersihan, sangat penting diterapkan dalam kantor agar bekerja semakin konsentrasi, semangat, nyaman dan aman.

Ini juga berhubungan dengan adanya surat edaran Pemerintah dalam menjaga lingkungan kantor.

Saya ingin menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan menjaga kebersihan lingkungan kantor.

Mulai pada Minggu mendatang, kita akan melaksanakan kegiatan Jumat bersih-bersih yang diadakan secara rutin dalam rangka membersihkan seluruh kantor, sehingga seluruh staff dan manajer divisi harus berkontribusi melaksanakan kegiatan ini. 

Aktivitas yang dilakukan dalam menjalankan kegiatan ini seperti membersihkan meja kerja, ruang kerja, ruang rapat sampai lapangan parkir.

Selain untuk membersihkan lingkungan ,kegiatan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan rasa tanggung jawab, mempererat hubungan serta meningkatkan solidaritas pekerja supaya tidak buang sampah sembarangan. 

Semoga pidato tentang lingkungan yang saya bawakan ini bisa membuka pikiran kita semua agar menjaga lingkungan kantor dengan baik.

Akhir kata, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Itulah beberapa kompilasi contoh pidato tentang lingkungan yang baik untuk dijadikan pesan penuh makna.

Temukan berbagai inspirasi menarik seputar gaya hidup dan keluarga modern, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Kamu bisa wujudkan hunian idaman seperti Summarecon Mutiara Makassar , hanya di Rumah123.com yang pastinya #AdaBuatKamu!

Bagikan:
202 kali