OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

10 Contoh Cerpen Singkat 2 Paragraf Berbagai Tema yang Menarik, Bisa Menjadi Referensi untuk Membuatnya!

28 Februari 2024 · 5 min read Author: Insan Fazrul · Editor: M. Iqbal

Cerpen Singkat 2 Paragraf

cerpen singkat 2 paragraf | sumber: photopea.com

Cerpen singkat 2 paragraf banyak dicari untuk kebutuhan tugas sekolah. Berikut beberapa contoh cerpen tersebut yang bisa dijadikan rujukan!

Mengutip buku Mudah Menulis Cerita Pendek yang ditulis oleh Winda Noprina, cerita pendek atau cerpen adalah sebuah karya fiksi yang mempunyai sifat serbaringkas, baik dari isi maupun jumlah kata.

Sementara berdasarkan buku Cerpengram Metode Mudah dan Menyenangkan Menulis Cerpen Bagi Pemula karya Peng Kheng Sun, cerpen adalah cerita yang bisa selesai dibaca dalam waktu yang singkat.

Cerpen menjadi sebuah cerita yang bisa kamu ketahui dengan beberapa ciri-ciri.

Adapun ciri-ciri cerpen, antara lain, berfokus pada inti cerita, ringkas, jumlah katanya pendek, dan memiliki karakter yang terbatas.

Cerpen sendiri adalah salah satu teks fiksi yang kerap ditemukan dalam pelajaran sekolah.

Bahkan, beberapa dari kamu mungkin saja pernah mendapatkan tugas untuk membuat sebuah cerpen, misalnya saja yang terdiri dari 2 paragraf.

Meskipun hanya terdiri dari 2 paragraf, tetapi cerpen tetap menarik untuk dibaca dan memiliki pesan moral mendalam.

Nah, berikut beberapa contoh cerpen 2 paragraf singkat yang menginspirasi.

Contoh Cerpen Singkat 2 Paragraf

buku terbuka

sumber: freepik.com

1. Teks Cerpen Singkat 2 Paragraf Berjudul “Meraih Mimpi”

Doni tak pernah menyerah dengan mimpinya. Meski ia serbakekurangan, tetapi hal itu tak membuatnya malas belajar. Setelah sekolah, tak jarang ia membantu ibunya berjualan di pasar. Malam harinya, Doni mengerjakan PR sampai tuntas.

Mimpi Doni sederhana, ia hanya ingin bisa sekolah sampai perguruan tinggi. Kelak dengan sekolah tinggi, Doni berharap mampu membantu perekonomian keluarganya. Syukurlah, berkat usaha dan kepintarannya, Doni kerap mendapat beasiswa sekolah serta bantuan. Kini, ia hanya fokus untuk belajar untuk meraih masa depannya.

2. Cerpen Singkat 2 Paragraf dengan Judul “Saling Membantu”

Suatu hari, Azka dan Rara sedang bermain kejar-kejaran. Tiba-tiba, Azka terjatuh dan terluka di kakinya. Rara yang melihat kejadian itu langsung menghampiri Azka. Ia membantu Azka berdiri dan membersihkan lukanya.

Azka sangat berterima kasih kepada Rara karena telah menolongnya. Ia pun berjanji untuk selalu menjaga Rara. Rara pun berjanji untuk selalu bersama-sama dengan Azka. Walau sederhana, saling membantu merupakan contoh tindakan terpuji yang harus dilakukan.

3. Cerpen Singkat 2 Paragraf sebagai Referensi dengan Judul “Raja Putih dan Kelinci”

Di sebuah hutan, hiduplah seekor singa bernama Raja dan seekor rusa bernama Putih. Raja adalah singa yang kuat dan gagah, sedangkan Putih adalah rusa yang cantik dan baik hati. Suatu hari, Raja dan Putih sedang berjalan-jalan di hutan. Tiba-tiba, mereka melihat sekelompok serigala yang sedang mengejar seekor kelinci. Raja dan Putih pun segera membantu kelinci itu.

Raja dan Putih melawan serigala-serigala itu dengan gagah berani. Akhirnya, serigala-serigala itu pun kalah dan melarikan diri. Kelinci itu sangat berterima kasih kepada Raja dan Putih. Ia pun berjanji akan selalu bersahabat dengan mereka.

4. Cerpen Singkat 2 Paragraf dengan Judul “Liburan Bersama Keluarga”

Inilah cerita liburan aku bersama keluarga. Kala itu, liburan sekolah telah tiba. Aku dan keluargaku berencana untuk pergi ke pantai. Kami sangat bersemangat untuk menghabiskan waktu bersama di tempat yang indah. Sesampainya di pantai, kami segera berlari ke tepi pantai. Kami bermain air laut, membangun istana pasir, dan berjemur di bawah sinar matahari. Kami juga menikmati hidangan laut yang lezat di restoran dekat pantai.

Liburan kali ini sangat mengesankan bagiku. Aku bisa menghabiskan waktu bersama keluargaku dan menikmati keindahan alam. Aku pun merasa sangat bahagia. Namun, menjelang pulang, hujan badai datang. Aku yang berencana kembali bermain ke pantai mengurungkan niatku. Aku pun hanya bisa diam di kamar melihat hujan tersebut reda.

5. Contoh Cerpen 2 Paragraf yang Menginspirasi Judul “Roda Kehidupan”

Rudi, seorang anak yatim piatu yang tinggal bersama kakeknya di desa terpencil, memiliki mimpi besar menjadi insinyur. Kehidupannya yang sederhana tak membuatnya patah semangat. Ia belajar dengan tekun dan bekerja keras membantu kakeknya.

Suatu hari, Rudi menemukan motor tua di bengkel tempatnya bekerja. Ia membelinya dengan uang tabungan dan memperbaikinya dengan penuh ide kreatif. Motor hasil karyanya menarik perhatian banyak orang, bahkan seorang pengusaha kaya dari kota. Pengusaha itu menawarkan Rudi pekerjaan di perusahaannya, membuka jalan bagi Rudi untuk mewujudkan mimpinya sebagai insinyur.

6. Cerita Singkat 2 Paragraf dengan Tema “Petualangan Menemukan Jati Diri”

Hari itu adalah hari terakhir sekolah bagi Rina, seorang remaja berusia enam belas tahun. Ia merasa campuran antara gembira dan sedih. Gembira karena liburan musim panas sudah tiba, sedih karena ia tidak tahu apa yang ingin ia lakukan selama liburan.

Suatu pagi, saat Rina sedang berjalan-jalan di sekitar desa, ia melihat selembar poster yang mengumumkan tentang sebuah jalur hiking yang belum terjamah di pegunungan terdekat. Mata Rina berbinar-binar saat membaca informasi tersebut. Akhirnya, Rina pun bertekad untuk mendaki gunung itu untuk menemukan petualangan baru.

7. Contoh Teks Cerpen 2 Paragraf Berjudul “Cemburu”

Pagi ini, Gusti menemani April yang gugup menjelang ujian seminar proposal. Gusti, dengan pengalamannya, terus menyemangati April hingga akhirnya ujian seminar pun dimulai. 90 menit berlalu, April keluar dari ruangan seminar dengan lega.

Gusti menyambutnya dengan senyuman dan acungan jempol. Namun, kebahagiaan April seketika sirna saat mereka bertemu dengan mantan pacar Gusti. Pandangan Gusti yang terpaku pada mantan kekasihnya membuat April merasakan sakit yang tak terdefinisi. Pertemuan tak terduga itu meninggalkan luka di hati April.

8. Cerita Fiksi Pendek 2 Paragraf Judul “Rindu kepada Seseorang”

Tiga tahun telah berlalu sejak kepergian Rian. Rasa kehilangan masih terasa perih, seperti luka yang tak kunjung sembuh. Laras memeluk erat foto Rian di dadanya, air mata membasahi pipinya. Angin berbisik di telinganya, membawa aroma laut yang menenangkan. Laras menarik napas panjang, mencoba tegar. Ia tahu, Rian tak ingin melihatnya bersedih.

Di ufuk barat, matahari terbenam dengan indah. Langit jingga bagaikan lukisan abstrak yang memancarkan kedamaian. Laras merasakan kedamaian itu meresap ke dalam jiwanya. Kini, Laras hanya fokus untuk melanjutkan hidupnya tanpa kehadiran Rian di sisinya.

9. Cerpen Singkat 2 Paragraf yang Menarik dengan Judul “Murid Baru”

cerita 2 paragraf

10. Contoh Cerita Pendek 2 Paragraf Judul “Merajut Asa”

cerpen 2 paragraf singkat

***

Itulah beberapa contoh cerpen singkat 2 paragraf.

Semoga bermanfaat, Property People.

Temukan cerpen dengan topik lainnya di artikel.rumah123.com.

Jika kamu sedang mencari hunian nyaman, cek selengkapnya dalam laman Rumah123, yuk!

Tak hanya menemukan beragam rumah terbaik saja, kamu juga bisa ngobrolin properti lewat Teras123 karena #SemuaAdaDisini!


Tag: , ,


insan

Content Writer

Sejak kuliah sudah aktif menulis di Pers Kampus. Usai lulus, Insan menjadi penulis lepas yang fokus dengan topik gaya hidup dan sepak bola. Kini, menulis di 99 Group dengan membahas properti, pendidikan, gaya hidup, hingga teknologi.
Selengkapnya