OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

6 Cerpen tentang Liburan Singkat Namun Berkesan

17 Nopember 2023 · 9 min read Author: Kartika Ratnasari

Cerpen tentang Liburan Singkat

Butuh inspirasi untuk membuat cerpen tentang liburan yang singkat namun tetap berkesan? Ini sejumlah inspirasinya!

Cerpen tentang liburan adalah sebuah karya sastra yang mengangkat tema liburan atau perjalanan singkat.

Cerita ini dapat berfokus pada pengalaman pribadi penulis selama liburan atau menceritakan petualangan tokoh-tokoh dalam suasana liburan.

Pentingnya menulis cerpen tentang liburan sangat beragam, dengan beberapa alasan yang mencakup aspek hiburan dan inspirasi.

Tidak hanya memberikan kesenangan kepada pembaca tetapi juga menginspirasi mereka untuk merencanakan liburan mereka sendiri.

Selain itu, menulis tentang pengalaman liburan memungkinkan penulis untuk merenung dan mengabadikan kenangan indah, sambil berfungsi sebagai medium pembelajaran dan refleksi, baik bagi penulis maupun pembaca.

Cerpen tentang liburan juga mampu menghibur dan memberikan kesempatan kepada pembaca untuk sejenak melarikan diri dari rutinitas harian, menciptakan suasana santai dan mengurangi stres.

Struktur Cerpen tentang Liburan

Struktur cerpen tentang liburan secara umum melibatkan beberapa unsur dasar, yang dapat disusun sebagai berikut:

  1. Pendahuluan (Introduction): Memperkenalkan latar belakang cerita dan mungkin menggambarkan suasana awal sebelum liburan dimulai.
  2. Perkenalan Tokoh (Exposition): Mengenalkan tokoh-tokoh utama dan menggambarkan motivasi atau alasan mereka untuk liburan.
  3. Konflik (Conflict): Menunjukkan adanya hambatan atau tantangan selama liburan yang mungkin harus diatasi oleh tokoh-tokoh.
  4. Klimaks (Climax): Puncak cerita di mana konflik mencapai titik tertinggi, menciptakan ketegangan atau kejutan.
  5. Ketegangan Menurun (Falling Action): Menurunkan ketegangan setelah klimaks dan mempersiapkan pembaca untuk penyelesaian cerita.
  6. Penyelesaian (Resolution): Menyelesaikan cerita dengan memberikan penyelesaian terhadap konflik atau memberikan pesan penting.
  7. Penutup (Conclusion): Memberikan kesan terakhir kepada pembaca dan mungkin merangkum pelajaran atau kesan yang diambil dari pengalaman liburan.

Dengan mengikuti struktur ini, penulis dapat menciptakan cerita yang terorganisir dan memiliki alur yang mudah diikuti oleh pembaca.

Contoh Cerpen tentang Liburan

Berikut sejumlah contoh cerpen tentang liburan yang bisa dijadikan inspirasi:

Contoh Cerpen tentang Liburan Keluarga di Pantai

Hari libur sekolah tiba. Keluargaku memutuskan untuk berlibur ke pantai. Pantai adalah salah satu destinasi wisata favorit keluarga kami. Kami menyukai suasana pantai yang tenang dan menyegarkan.

Pada pagi hari, kami berangkat dari rumah menuju pantai. Perjalanan kami memakan waktu sekitar 2 jam. Sesampainya di pantai, kami langsung disambut oleh pemandangan yang indah. Hamparan pasir putih yang luas, air laut yang jernih, dan langit biru yang cerah.

Kami segera mendirikan tenda dan meletakkan barang-barang kami. Setelah itu, kami langsung berenang di laut. Air laut yang jernih membuat kami bisa melihat ikan-ikan kecil yang berenang di sekitar kami. Kami juga bermain pasir di pantai. Kami membangun istana pasir dan membuat lubang-lubang di pasir.

Sore hari, kami menikmati kuliner khas pantai, seperti seafood dan kelapa muda. Seafood yang kami beli masih segar dan rasanya sangat lezat. Kelapa mudanya juga sangat menyegarkan.

Malam hari, kami duduk-duduk di tepi pantai sambil menikmati pemandangan matahari terbenam. Pemandangan matahari terbenam di pantai sangat indah. Matahari tampak seperti bola api raksasa yang tenggelam di lautan.

Kami menghabiskan waktu liburan kami dengan penuh suka cita. Kami sangat menikmati kebersamaan kami sebagai keluarga. Liburan ke pantai kali ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Contoh Cerpen tentang Liburan Bersama Teman

Liburan Bersama Teman

Liburan sekolah tiba. Aku dan teman-temanku, Andi, Budi, dan Cici, memutuskan untuk berlibur bersama. Kami ingin menghabiskan waktu bersama dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan.

Kami memutuskan untuk berlibur ke gunung. Kami menyukai suasana gunung yang sejuk dan asri.

Pada pagi hari, kami berangkat dari rumah menuju gunung. Perjalanan kami memakan waktu sekitar 3 jam. Sesampainya di gunung, kami langsung disambut oleh udara yang sejuk dan pemandangan yang indah.

Kami segera mendirikan tenda dan meletakkan barang-barang kami. Setelah itu, kami langsung menjelajahi gunung. Kami berjalan-jalan di hutan, mendaki gunung, dan melihat-lihat air terjun.

Sore hari, kami menikmati kuliner khas gunung, seperti sate kelinci dan jagung bakar. Sate kelincinya sangat lezat dan jagung bakarnya sangat hangat.

Malam hari, kami duduk-duduk di sekitar api unggun sambil bercerita. Kami bercerita tentang pengalaman kami masing-masing. Kami juga bernyanyi bersama dan tertawa bersama.

Kami menghabiskan waktu liburan kami dengan penuh suka cita. Kami sangat menikmati kebersamaan kami sebagai teman. Liburan ke gunung kali ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Pada hari terakhir liburan, kami harus kembali ke rumah. Kami semua merasa sedih karena liburan kami telah berakhir. Namun, kami tetap bersyukur karena telah memiliki kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman tercinta.

Liburan bersama teman menjadi momen yang berharga untuk kami. Kami dapat menghabiskan waktu bersama orang-orang yang kami cintai dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan.

Peristiwa Menarik

Pada suatu hari, kami sedang berjalan-jalan di hutan ketika tiba-tiba kami melihat seekor ular. Ular tersebut sangat besar dan berwarna hitam. Kami semua merasa takut. Namun, Andi dengan berani mendekati ular tersebut dan mengusirnya.

Peristiwa ini membuat kami semua merasa kagum dan bangga kepada Andi. Kami tahu bahwa Andi adalah teman yang berani dan tangguh.

Pesan Moral

Liburan bersama teman adalah momen yang berharga untuk menciptakan kenangan yang tak terlupakan. Kita dapat menghabiskan waktu bersama orang-orang yang kita cintai dan melakukan hal-hal yang kita sukai.

Contoh Cerpen tentang Liburan ke Kebun Binatang

Liburan ke Kebun Binatang

Liburan sekolah tiba. Aku dan keluargaku memutuskan untuk berlibur ke kebun binatang. Aku sangat senang karena aku menyukai hewan-hewan.

Pada pagi hari, kami berangkat dari rumah menuju kebun binatang. Perjalanan kami memakan waktu sekitar 1 jam. Sesampainya di kebun binatang, kami langsung disambut oleh pemandangan yang indah. Hamparan rumput yang luas, pepohonan yang rindang, dan berbagai macam hewan yang berkeliaran.

Kami segera membeli tiket masuk dan masuk ke dalam kebun binatang. Kami berjalan-jalan di sepanjang jalan setapak sambil melihat-lihat hewan-hewan yang ada di sana. Kami melihat berbagai macam hewan, seperti gajah, harimau, singa, zebra, jerapah, dan masih banyak lagi.

Aku sangat senang melihat hewan-hewan tersebut. Aku merasa seperti berada di hutan belantara. Aku juga belajar banyak hal tentang hewan-hewan tersebut.

Pada siang hari, kami beristirahat di sebuah gazebo. Kami makan siang dan minum jus. Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan kami.

Kami mengunjungi berbagai macam wahana yang ada di kebun binatang. Kami naik kereta keliling, melihat pertunjukan satwa, dan memberi makan hewan-hewan.

Sore hari, kami pulang ke rumah. Kami semua merasa puas dan senang karena telah berlibur ke kebun binatang.

Contoh Cerpen tentang Liburan ke Rumah Nenek

Rumah Nenek yang Kusayangi

Pagi itu, aku terbangun dengan perasaan yang sangat gembira. Hari ini adalah hari pertama liburan sekolah. Aku akan menghabiskan liburan kali ini di rumah nenek.

Aku sudah lama tidak bertemu dengan nenek. Aku sangat merindukannya. Aku membayangkan akan bermain bersama nenek, bercerita tentang banyak hal, dan makan makanan enak yang dibuat oleh nenek.

Liburan sekolah tiba. Aku dan keluargaku memutuskan untuk berlibur ke rumah nenek. Aku sangat senang karena aku bisa menghabiskan waktu bersama nenek.

Nenek tinggal di desa yang sangat asri. Di sana, aku bisa bermain di sawah, berenang di sungai, dan memetik buah-buahan langsung dari pohonnya.

Aku sudah lama tidak pulang ke rumah nenek. Aku sangat kangen dengan suasana desa yang tenang dan sejuk. Aku juga kangen dengan makanan-makanan khas desa yang lezat.

Pada hari pertama liburan, aku langsung berangkat ke rumah nenek. Perjalanannya memakan waktu sekitar 2 jam. Sesampainya di rumah nenek, aku langsung disambut dengan pelukan hangat dari nenek.

Kami menghabiskan waktu bersama nenek dengan penuh suka cita. Kami bercerita, bermain, dan makan bersama. Aku juga membantu nenek mengerjakan pekerjaan rumah.

Sore hari, nenek mengajakku berjalan-jalan di kebun belakang. Di kebun belakang, aku melihat berbagai macam bunga yang indah. Aku juga melihat beberapa hewan peliharaan nenek, seperti ayam, bebek, dan kucing.

Malam hari, nenek memasakkan makanan kesukaanku. Kami makan malam bersama dan bercerita tentang banyak hal. Aku sangat senang bisa menghabiskan waktu bersama nenek.

Keesokan harinya, kami harus kembali ke rumah. Aku merasa sedih karena liburanku telah berakhir. Namun, aku juga senang karena aku bisa menghabiskan waktu bersama nenek.

Liburan ke rumah nenek menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagiku. Aku dapat menghabiskan waktu bersama orang yang aku cintai dan menciptakan kenangan yang indah.

Contoh Cerpen tentang Liburan di Rumah

Liburan di Rumah

Pagi itu, aku terbangun dengan perasaan yang sangat santai. Hari ini adalah hari pertama liburan sekolah. Aku tidak perlu bangun pagi untuk pergi ke sekolah. Aku bisa tidur sepuas-puasnya.

Aku langsung bangun dari tempat tidur dan membuka jendela kamar. Udara pagi yang segar langsung masuk ke dalam kamar. Aku menghirup udara tersebut dengan dalam-dalam. Aku merasa sangat bahagia.

Setelah itu, aku mandi dan berpakaian. Aku turun ke bawah untuk sarapan. Di meja makan, aku melihat ayah dan ibu sedang menyiapkan sarapan.

“Selamat pagi, Nak,” sapa ibu. “Liburanmu menyenangkan, ya?”

“Iya, Bu,” jawabku. “Aku sangat senang bisa liburan di rumah.”

Setelah sarapan, aku membantu ibu membereskan meja makan. Setelah itu, aku bermain di halaman belakang rumah.

Aku bermain ayunan, jungkat-jungkit, dan sepeda. Aku juga bermain petak umpet dengan adik-adikku. Kami bermain dengan sangat gembira.

Sore hari, ayah mengajakku ke taman bermain. Kami bermain roller coaster, bianglala, dan kora-kora. Kami sangat menikmati liburan kami.

Malam hari, ibu memasakkan makanan kesukaanku. Kami makan malam bersama dan bercerita tentang banyak hal. Aku sangat senang bisa menghabiskan waktu bersama keluarga.

Liburan di rumah memang tidak semeriah liburan ke luar kota. Namun, aku tetap merasa senang. Aku bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dan melakukan hal-hal yang aku sukai.

Peristiwa Menarik

Pada suatu hari, aku dan adik-adikku sedang bermain di halaman belakang rumah ketika tiba-tiba kami melihat seekor kucing yang sedang kelaparan. Kami langsung memberinya makan. Kucing tersebut sangat senang. Dia menjilati tangan kami dengan penuh kasih sayang.

Kami sangat senang bisa membantu kucing tersebut. Kami merasa bahwa kami telah melakukan hal yang baik.

Pesan Moral

Liburan di rumah juga bisa menjadi hal yang menyenangkan. Kita bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dan melakukan hal-hal yang kita sukai.

Contoh Cerpen tentang Liburan di Rumah

Liburan Bersama Hewan Peliharaan

Cerpen tentang Liburan Singkat Namun Berkesan

***

Semoga informasi ini bermanfaat untukmu! Temukan artikel menarik lainnya di artikel.rumah123.com.

Jika kamu sedang mencari hunian di sekitar Bogor, Adhi City Sentul bisa menjadi opsi menarik.

Dapatkan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan properti Anda, karena Rumah123.com selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Kartika Ratnasari

Content Editor

Kartika Ratnasari adalah seorang Content Editor untuk Berita 99 dan Artikel Rumah123. Ia telah berkecimpung di dunia penulisan sejak tahun 2016. Lulusan Komunikasi UI ini sering menulis di bidang properti, keuangan, dan lifestyle.
Selengkapnya