OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

6 Contoh Cerpen tentang Guru Terbaik yang Inspiratif dan Singkat

12 Oktober 2023 · 9 min read Author: Ilham Budhiman

cerpen tentang guru terbaik

Cerpen tentang guru terbaik merupakan salah satu topik yang sangat menarik untuk ditulis. Kalau kamu masih bingung bagaimana cara membuat cerita yang singkat dan menginspirasi, simak sama-sama sejumlah contohnya pada artikel ini, ya.

Cerpen adalah karya sastra berupa cerita pendek yang biasanya ditulis tidak lebih dari 10.000 kata.

Dalam menulis cerpen, ada sejumlah unsur yang mesti diperhatikan yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.

Nah, dari berbagai tema cerpen, cerpen pendidikan tentang guru jadi salah satu pembahasan yang menarik.

Selain mengapresiasi jasa guru di sekolah, cerpen tentang guru dapat memberikan inspirasi bagi para siswa.

Jika kamu tertarik menulis cerpen dengan tema tersebut, simak contohnya lengkap dengan judul cerpen tentang guru.

Berdasarkan pengalaman sebagian orang yang telah membacanya, cerpen di bawah ini sangat menarik sehingga cocok dijadikan referensi.

6 Cerpen tentang Guru Terbaik

1. Cerpen tentang Guru

cerpen tentang guru terbaik

Guru Terbaikku

Bu Ismaya adalah guru matematika terbaik di sekolahku. Dia memiliki cara unik dan tak biasa yang membuat pelajaran menjadi menarik dan mudah dipahami. Guru yang akrab disapa Bu Maya itu sangat sabar dan baik kepada murid-muridnya. Dia selalu bersedia membantu kami yang kesulitan dalam memahami mata pelajaran matematika.

Aku masih ingat ketika pertama kali masuk kelas Bu Maya. Aku sangat gugup, karena aku tahu bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. Namun, Bu Maya langsung membuatku merasa nyaman. Dia tersenyum dan terbuka kepada kami semua. Dia memperkenalkan dirinya dengan ramah.

Bu Maya memulai pelajaran dengan menjelaskan materi dengan jelas dan ringkas. Dia juga menggunakan berbagai macam metode pembelajaran yang unik seperti permainan, kuis, dan diskusi kelompok. Hal ini membuat pelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Ketika aku kesulitan mengerjakan soal, Bu Maya tidak langsung memberiku jawaban. Justru, dia membimbingku untuk menemukan jawabannya sendiri. Dia mengajarkanku cara berpikir kritis dan memecahkan masalah.

Bu Maya juga sangat peduli dengan kehidupan kami di luar sekolah. Dia sering menanyakan kabar kami dan memberikan kami nasihat yang baik. Dia juga mendorong kami untuk mengikuti berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler agar kami bisa mengembangkan potensi kami.

Aku sangat bersyukur bisa menjadi murid Bu Maya. Dia telah mengajarkanku banyak hal, tidak hanya tentang matematika, tetapi juga tentang kehidupan. Bu Maya adalah guru terbaik yang pernah aku temui.

Suatu hari, aku mengikuti lomba matematika tingkat kabupaten. Aku sangat gugup, karena aku tahu bahwa pesertanya pasti sangat hebat. Namun, aku teringat nasihat Bu Maya, agar aku selalu percaya diri dan pantang menyerah.

Ketika itu, aku mengerjakan soal-soal lomba dengan sebaik mungkin. Setelah lomba selesai, aku merasa puas dengan apa yang telah kulakukan. Beberapa hari kemudian, aku mendapat kabar bahwa aku memenangkan lomba tersebut. Aku sangat senang dan bangga!

Aku langsung pergi ke sekolah untuk menemui Bu Maya dan memberitahukan kabar gembira ini. Bu Maya tersenyum lebar dan memelukku. Dia berkata bahwa dirinya sangat bangga padaku.

Aku tahu bahwa aku tidak akan bisa mencapai prestasi ini tanpa bimbingan Bu Maya. Dia adalah guru terbaik yang atk pernah aku lupakan. Terima kasih Bu Maya….

2. Cerpen tentang Guru yang Sabar

Pak Budi Guru yang Sabar

Pak Budi adalah seorang guru yang sangat sabar. Dia mengajar kelas 6 di sebuah SD di desa terpencil. Murid-murid di kelasnya berasal dari berbagai latar belakang keluarga. Bahkan, ada beberapa murid yang memiliki kesulitan dalam belajar.

Selama mengajar, Pak Budi tidak pernah menyerah pada murid-muridnya. Dia selalu berusaha mencari cara yang terbaik untuk membantu mereka belajar. Dia juga sering memberikan motivasi kepada mereka untuk tidak mudah menyerah.

“Ingat, kejarlah ilmu sampai ke negeri China. Jangan mudah menyerah mengejar cita-cita,” ujar kata-kata Pak Budi yang selalu kuingat.

Suatu hari, ada seorang murid bernama Joni yang sangat sulit dalam belajar bahasa Inggris. Joni sering tidak mengerjakan tugas dan nilainya selalu jelek. Pak Budi sudah mencoba berbagai cara untuk membantunya, tetapi Joni tetap saja tidak menunjukkan kemajuan.

Kendati demikian, Pak Budi tidak putus asa. Dia terus membimbing Joni dengan sabar. Dia juga sering memberikan Joni tugas tambahan yang lebih mudah agar bisa menguasai materi bahasa Inggris secara bertahap.

“Selama kamu belajar dengan tekun, Insya Allah kamu bisa menyelesaikannya dengan baik,” kata Pak Budi pada Joni.

Akhirnya, setelah beberapa bulan berusaha, Joni mulai menunjukkan kemajuan. Dia mulai mengerjakan tugas dan nilainya pun membaik. Pak Budi sangat senang melihat kemajuan Joni. Dia terus memotivasi Joni untuk terus belajar dan berusaha.

Di akhir tahun ajaran, Joni berhasil mendapatkan nilai yang baik dalam pelajaran bahasa Inggris. Dia sangat senang dan berterima kasih kepada Pak Budi karena telah membantunya belajar.

Pak Budi adalah seorang guru yang sangat sabar dan telaten. Dia selalu berusaha yang terbaik untuk membantu murid-muridnya belajar.

Beberapa tahun setelah kelulusan, Joni melanjutkan studi ke luar negeri tepatnya di Manchester. Mendengar kabar Joni telah sukses, Pak Budi terharu dan bangga kepadanya.

3. Contoh Cerpen tentang Guru

cerpen tentang guru terbaik

Cerpen Guru yang Tulus

Nama saya Alena, seorang pelajar SMA di sebuah kota terpencil di Jawa Tengah. Saya memiliki seorang guru yang sangat tulus, namanya Bu Sri. Bu Sri adalah guru matematika di sekolah saya.

Bu Sri adalah guru yang sangat sabar dan telaten. Dia selalu berusaha membantu murid-muridnya yang kesulitan dalam belajar. Dia juga sangat peduli dengan kehidupan murid-muridnya di luar sekolah.

Suatu hari, saya sedang kesulitan dalam belajar matematika. Saya tidak mengerti materi yang diajarkan oleh Bu Sri. Saya pun memutuskan untuk menemui Bu Sri di ruang guru.

Bu Sri sangat senang melihat saya. Dia pun dengan sabar menjelaskan materi yang saya tidak mengerti. Dia juga terbuka untuk mengajarkan kelas tambahan pada saya dan teman-teman lain secara gratis untuk membantu saya memahami materi tersebut.

Saya sangat bersyukur bisa memiliki guru yang seperti Bu Sri. Dia telah mengajarkan saya banyak hal, tidak hanya tentang matematika, tetapi juga tentang kehidupan.

4. Cerpen tentang Guru Favorit

Pada suatu hari, di kelasku diadakan pemilihan suara mengenai guru terfavorit. Tujuannya untuk memberikan penghargaan dan apresiasi pada semua guru di sekolah.

Salah satu kandidatnya adalah guru bahasa Indonesia bernama Bu Ajeng. Dia merupakan guru muda dengan status honorer.

Selaku ketua kelas, saya meminta teman-teman menuliskan nama guru favorit. Hasilnya, nama Bu Ajeng keluar sebagai guru terfavorit.

Saya dan teman-teman ternyata kompak memilih Bu Ajeng sebagai guru favorit karena dia sangat ramah, baik, dan penuh kesabaran.

Meskipun berstatus honorer, Bu Ajeng tetap semangat dalam membimbing kami semua. Kami pun memberikan kado spesial pada Bu Ajeng berupa jam tangan cantik. Dia pun sangat senang menerima kado tersebut.

5. Cerpen Guru Pahlawanku

Nama saya Azka, seorang pelajar SMA di sebuah kota besar. Saya memiliki seorang guru yang sangat berjasa dalam hidup saya, namanya Pak Emier. Pak Emier adalah guru Fisika di sekolah saya.

Saya dulu adalah seorang anak yang sangat pemalu dan pendiam. Saya selalu kesulitan untuk bersosialisasi dengan teman-teman. Saya juga sering merasa minder dan tidak percaya diri.

Namun, semua itu berubah ketika saya bertemu Pak Emier. Pak Emier adalah guru yang sangat sabar dan ramah. Dia selalu berusaha membuat saya merasa nyaman dan diterima. Dia juga sering memberikan motivasi kepada saya untuk menjadi diri sendiri.

Suatu hari, saya diundang untuk mengikuti lomba Fisika tingkat nasional. Saya sangat senang, tetapi juga merasa sangat nervous. Saya takut mengecewakan Pak Emier.

Pak Emier tahu bahwa saya sedang merasa nervous. Dia pun mengajak saya untuk berlatih bersama. Dia juga memberikan nasihat dan motivasi agar saya bisa tampil dengan baik.

Dengan bimbingan Pak Emier, saya berhasil tampil dengan baik di lomba Fisika tersebut. Saya bahkan berhasil meraih juara pertama!

Saya sangat bersyukur bisa memiliki guru yang seperti Pak Emier. Dia telah mengubah hidup saya menjadi lebih baik. Dia telah mengajarkan saya untuk menjadi orang yang percaya diri dan berani mengejar cita-cita.

Pak Emier adalah pahlawanku. Dia telah menjadi inspirasi bagi saya untuk menjadi orang yang lebih baik. Saya akan selalu mengingat jasa-jasanya.

6. Cerpen Guru Inspiratif

cerpen tentang guru terbaik

Guru yang Menginspirasi

Di sebuah sekolah kecil di desa terpencil, ada seorang guru bernama Ibu Nunung. Ibu Nunung adalah guru yang selalu ceria dan penuh semangat. Walaupun dia sudah mengajar selama puluhan tahun, semangat untuk mendidik anak-anak di desa terpencil itu tak pernah pudar.

Setiap hari, Ibu Nunung datang ke sekolah dengan bersepeda sambil tersenyum cerah di wajahnya. Dia selalu siap untuk mengajar dan membimbing murid-muridnya. Tak hanya itu, dia juga selalu mendengarkan cerita dan masalah para muridnya dengan penuh perhatian. Murid-muridnya merasa nyaman berbicara padanya, dan mereka menganggapnya sebagai teman sekaligus guru.

Salah satu murid favorit Ibu Nunung adalah seorang anak bernama Riko. Riko adalah anak yang pendiam dan sering kali merasa kurang percaya diri. Namun, Ibu Nunung selalu mendukungnya. Dia memberikan kata-kata semangat dan dorongan kepada Riko setiap hari.

“Kamu bisa melakukannya, Riko,” kata Ibu Nunung.

“Percayalah pada dirimu sendiri.”

Ibu Nunung juga sering mengadakan kegiatan ekstrakurikuler untuk murid-muridnya. Dia mengajar mereka tentang seni, musik tradisional, dan berbagai keterampilan lainnya. Melalui kegiatan-kegiatan ini, Ibu Nunung membantu murid-muridnya menemukan bakat dan minat mereka sendiri.

Suatu hari, Riko tiba-tiba menghadap Ibu Nunung dengan senyum besar di wajahnya.

“Ibu Nunung,” katanya, “saya ingin bermain biola. Apakah Ibu bisa mengajar saya?”

Tentu saja, Ibu Nunung sangat senang mendengarnya. Dia segera memulai pelajaran biola dengan Riko. Ibu Nunung tidak hanya mengajar teknik-teknik dasar bermain biola, tetapi juga mengajarkan Riko tentang kesabaran dan ketekunan.

“Semua hal memerlukan waktu, Riko,” kata Ibu Nunung.

“Yang penting adalah tidak pernah menyerah.”

Beberapa bulan kemudian, Riko tampil dalam konser sekolah. Dia memainkan biola dengan indah dan penuh semangat. Ibu Nunung duduk di barisan depan dengan mata berkaca-kaca karena merasa bangga dengan prestasi muridnya.

Cerita tentang Ibu Nunung yang menginspirasi tidak hanya terbatas pada Riko. Setiap murid di sekolah itu merasa beruntung memiliki seorang guru seperti Ibu Nunung. Dia tidak hanya mengajar mereka pelajaran, tetapi juga mengajar mereka tentang nilai-nilai seperti kepercayaan diri, kesabaran, dan ketekunan.

Ibu Nunung adalah contoh guru yang tidak hanya memberikan pengetahuan kepada murid-muridnya, tetapi juga memberikan inspirasi dan dorongan untuk meraih impian mereka. Dia adalah pahlawan dalam dunia pendidikan yang selalu berusaha membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi para siswanya.

***

Semoga menginspirasi, Property People.

Baca artikel menarik lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Ikuti juga Google News Rumah123 untuk mendapatkan berita tips atau properti terkini.

Tak lupa, kini cari rumah dengan mudah bisa melalui www.rumah123.com.

Dapatkan hunian dengan harga terjangkau di berbagai daerah.

Kami selalu #AdaBuatKamu untuk memberikan rekomendasi rumah terbaik!

**gambar cover: shutterstock


Tag: , ,


Ilham Budhiman

Lulusan Sastra Daerah Unpad yang pernah berkarier sebagai wartawan sejak 2017 dengan fokus liputan properti, infrastruktur, hukum, logistik, dan transportasi. Saat ini, fokus sebagai penulis artikel di 99 Group.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA