OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

12 Contoh Cerpen Pendidikan yang Menginspirasi dan Penuh Nilai, Sangat Memotivasi!

15 Februari 2024 · 11 min read Author: Nik Nik Fadlah · Editor: M. Iqbal

contoh cerpen pendidikan singkat

Ingin membuat cerita tentang pendidikan singkat? Cek berbagai contoh cerpen pendidikan inspiratif dalam artikel ini, yuk!

Cerpen menjadi salah satu karya sastra paling populer saat ini.

Tak hanya digemari oleh remaja saja, cerita pendek ini juga berhasil memikat orang dewasa.

Sama halnya seperti karya sastra pada umumnya, cerpen ditulis dengan tujuan tertentu.

Adapun tujuan cerpen yaitu sebagai sarana hiburan, kritik sosial, hingga ekspresi diri.

Saat ini, kebanyakan cerpen memiliki kisah seputar cinta atau pengalaman pribadi.

Namun, pada kenyataannya, cerpen dapat ditulis dengan tema lain yang penuh pesan moral, seperti halnya cerpen pendidikan. 

Cerpen pendidikan sendiri berisi mengenai kisah penuh nasihat yang mampu mengajarkan hal baik kepada pembacanya. 

Nah, jika kamu ingin membaca cerpen pendidikan, berikut kami sajikan berbagai contohnya!

Pengertian Cerpen

Dilansir dari buku Belajar Menulis Cerpen karangan dari Edyar RM cerita pendek atau cerpen adalah salah satu karya sastra berbentuk prosa.

Berbeda dengan cerita novel yang memaparkan kisah tokoh dengan sangat lengkap, cerpen hanya mengisahkan kehidupan tokoh secara singkat.

Selain itu, cerpen juga memiliki jumlah kata terbatas, biasanya kurang dari 10.000.

Meskipun ceritanya singkat, cerpen mampu meninggalkan kesan mendalam pada perasaan pembaca.

Contoh Cerpen Pendidikan Singkat Terbaik

Setelah mengetahui pengertian dari cerpen, berikut sejumlah contoh cerpen tentang pendidikan yang penuh makna dan pesan moral.

1. Contoh Cerpen tentang Pendidikan: Meraih Impian

Di bawah ini contoh cerpen pendidikan SMP yang bisa menjadi inspirasi.

Di sebuah desa kecil nan asri, terdapat sebuah sekolah dasar bernama SMP Mutiara Harapan. Sekolah ini berdiri dengan sederhana, namun di dalamnya tersimpan semangat belajar yang tak terkira.

Di antara para siswanya, terdapat seorang anak bernama Budi, yang memiliki tekad kuat untuk meraih mimpinya.

Budi adalah anak yang sederhana dan berasal dari keluarga yang kurang mampu. Namun, keterbatasan ekonomi tidak pernah menjadi penghalang baginya untuk mengejar ilmu.

Setiap pagi, ia selalu bangun lebih awal untuk membantu orang tuanya sebelum berangkat ke sekolah.

Budi sangat menyukai pelajaran matematika. Ia selalu antusias dalam mengikuti setiap penjelasan guru dan selalu mengerjakan tugas dengan tekun.

Meskipun ia tidak memiliki banyak sumber belajar, ia selalu mencari cara untuk menambah pengetahuannya.

Suatu hari, diadakan olimpiade matematika tingkat kabupaten. Budi sangat ingin mengikuti olimpiade tersebut, namun ia ragu dengan kemampuannya.

Teman-temannya pun banyak yang tidak percaya bahwa ia bisa bersaing dengan siswa dari sekolah lain yang memiliki fasilitas dan sumber belajar yang lebih lengkap.

Namun, guru matematika Budi, Pak Amir, selalu menyemangati dan memberikan dukungan kepada Budi. Pak Amir yakin bahwa Budi memiliki potensi yang besar dan dapat membanggakan sekolah.

Dengan tekad yang kuat, Budi akhirnya memutuskan untuk mengikuti olimpiade matematika tersebut. Ia berlatih setiap hari, tidak hanya di sekolah tetapi juga di rumah.

Ia juga memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca buku-buku matematika dan mengerjakan soal-soal latihan.

Saat olimpiade tiba, Budi merasa sangat gugup. Ia melihat banyak siswa lain yang terlihat lebih pintar dan percaya diri. Tetapi, ia mengingat nasihat Pak Amir dan berusaha untuk tetap tenang.

Budi mengerjakan setiap soal dengan penuh konsentrasi dan tekun. Ia tidak menyerah meskipun beberapa soal terasa sulit baginya.

Setelah menyelesaikan semua soal, ia merasa lega dan berharap agar ia bisa mendapatkan hasil yang baik.

Beberapa hari kemudian, pengumuman hasil olimpiade pun diumumkan. Budi merasa sangat terkejut dan tidak percaya ketika mendengar namanya disebut sebagai pemenang olimpiade matematika tingkat kabupaten.

Kemenangan Budi membawa kebanggaan bagi SMP Mutiara Harapan. Ia membuktikan bahwa dengan tekad dan kerja keras, siapa pun bisa meraih mimpi mereka.

2. Cerpen Pendidikan Singkat: Akibat Sombong

Di bawah ini contoh cerpen singkat tentang pendidikan yang penuh pesan.

Andi adalah siswa SMP yang sombong dan angkuh. Ia selalu membanggakan diri atas kepintaran dan kekayaannya, sering merendahkan teman-temannya yang dianggap kurang mampu.

Suatu hari, Andi mendapatkan nilai lebih rendah dari Rama, teman yang selama ini ia anggap kurang pintar. Andi tidak terima dan menuduh guru matematika telah salah memberikan nilai.

Keesokan harinya, Andi membuat ulah di kelas dan mengganggu guru matematika. Guru matematika tersebut menegur Andi di depan seluruh kelas. Andi merasa malu dan marah, lalu bolos sekolah selama beberapa hari.

Suatu hari, Andi dinasihati oleh guru bimbingan konseling. Guru tersebut mengatakan bahwa kesombongan adalah sifat yang buruk dan dapat menghancurkan persahabatan serta masa depan seseorang.

Andi menyadari kesalahannya dan bertekad untuk mengubah sikapnya. Ia mulai belajar dengan lebih giat dan tidak lagi bersikap sombong.

Andi berhasil memperbaiki nilai-nilainya dan menjadi salah satu siswa yang berprestasi di kelasnya. Ia juga mendapatkan banyak teman baru dan menjadi lebih dicintai oleh teman-temannya.

Cerita ini mengajarkan kita untuk selalu bersikap rendah hati.

3. Cerpen Bertema Pendidikan yang Bermakna: Kemiskinan Tak Jadi Penghalang

Berikut cerita tentang pendidikan dengan tema menggapai impian.

Di sebuah desa kecil di Jawa Tengah, hiduplah seorang anak perempuan bernama Rara. Rara berasal dari keluarga yang sangat miskin.

Ayahnya hanya seorang petani penggarap yang penghasilannya tidak seberapa. Ibunya hanya seorang ibu rumah tangga yang membantu ayahnya di sawah.

Meskipun hidup dalam kemiskinan, Rara adalah seorang anak yang cerdas dan bersemangat. Ia selalu bercita-cita untuk menjadi dokter agar bisa membantu orang-orang yang membutuhkan.

Rara selalu belajar dengan giat. Ia sering membantu ayahnya di sawah setelah pulang sekolah. Ia juga sering membantu ibunya di rumah.

Rara tidak pernah mengeluh dengan keadaannya. Ia selalu percaya bahwa dengan kerja keras, ia bisa meraih impiannya.

Suatu hari, Rara lulus dari SMA dengan nilai yang sangat memuaskan. Ia diterima di salah satu universitas terbaik di Indonesia.

Rara sangat bahagia. Ia akhirnya bisa mewujudkan impiannya untuk menjadi dokter.

Rara harus meninggalkan kampung halamannya untuk kuliah di Jakarta. Ia harus tinggal di asrama dan bekerja paruh waktu untuk membiayai kuliahnya.

Meskipun begitu, Rara tidak pernah menyerah. Ia selalu belajar dengan giat dan bekerja dengan tekun.

Setelah lulus dari kuliah, Rara langsung bekerja di sebuah rumah sakit. Ia bekerja dengan sangat rajin dan penuh dedikasi. Rara selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada pasien-pasiennya.

Rara akhirnya berhasil meraih impiannya. Ia menjadi seorang dokter yang sukses. Ia tidak pernah lupa dengan kampung halamannya. Ia selalu membantu orang-orang yang membutuhkan di kampungnya.

Kisah Rara membuktikan bahwa kemiskinan bukanlah halangan untuk meraih impian. Dengan kerja keras dan tekad yang kuat, siapa pun bisa meraih apa pun yang diinginkan.

4. Cerpen Pendidikan Singkat: Hiduplah Indonesia Raya

Berikut teks cerpen singkat pendidikan di sekolah.

Hani, seorang anak jalanan, bermimpi untuk mengikuti upacara kemerdekaan. Ia pun meminjam uang kepada kakaknya untuk membeli baju seragam SMP bekas di pasar.

Namun, baju tersebut hilang pada keesokan harinya. Ia pun menangis karena impiannya untuk mengikuti upacara kemerdekaan sudah kandas.

Pada hari upacara kemerdekaan, Hani terbangun dengan sedih karena bajunya hilang.

Ia pun memutuskan untuk kembali bekerja mengumpulkan barang rongsokan sambil menunggu upacara kemerdekaan dimulai.

Tiba-tiba, kakak Hani datang membawa baju seragam SMP yang baru. Ia ternyata telah menemukan baju yang hilang milik Hani dan membelikan baju baru yang lebih bagus.

Hani sangat senang dan segera memakai baju baru tersebut. Ia pun berlari sekencang-kencangnya menuju lapangan upacara.

Hani berhasil mengikuti upacara kemerdekaan dan merasa sangat bahagia. Ia tidak akan pernah melupakan momen bersejarah ini sepanjang hidupnya.

5. Contoh Cerpen Pendidikan Sekolah: Filosofi dan Filsafat

Di bawah ini contoh cerpen pendidikan singkat yang bisa kamu baca.

Di sebuah sekolah menengah atas, terdapat seorang siswa bernama Restu yang dikenal sebagai siswa yang cerdas dan suka berpikir.

Restu selalu bertanya tentang makna hidup, hakikat manusia, dan berbagai pertanyaan filosofis lainnya.

Suatu hari, Restu sedang duduk di taman sekolah sambil membaca buku filsafat. Tiba-tiba, ia melihat seorang kakek tua sedang duduk di bangku taman sambil membaca koran.

Restu pun menghampiri kakek tersebut dan mengajaknya mengobrol.

Restu menceritakan tentang ketertarikannya pada filsafat dan berbagai pertanyaan filosofis yang sering ia pikirkan.

Kakek tua tersebut mendengarkan dengan sabar dan kemudian memberikan beberapa jawaban atas pertanyaan Restu.

Kakek tua tersebut mengatakan bahwa filsafat adalah sebuah cara untuk memahami kehidupan dan dunia di sekitar kita.

Filsafat dapat membantu kita untuk berpikir kritis dan rasional, serta untuk menemukan makna hidup.

Restu sangat senang bisa mengobrol dengan kakek tua tersebut. Ia merasa bahwa kakek tua tersebut telah membuka wawasannya tentang filsafat.

Restu bertekad untuk terus belajar tentang filsafat agar ia bisa memahami kehidupan dan dunia di sekitarnya dengan lebih baik.

6. Contoh Cerpen Pendidikan untuk Literasi: Pendidikan yang Kutunggu

Berikut cerpen tema pendidikan mengenai harapan untuk menggapai keinginan.

Gilang, itulah nama panggilanku dan aku adalah satu dari sekian banyak anak yang tak bisa merasakan apa arti bersekolah.

Usiaku sekarang 10 tahun dan aku masih kelas 2 SD. Kata teman-temanku, seharusnya aku sudah duduk di kelas 4 atau 5 SD.

Akan tetapi, karena keadaan ekonomi yang tidak mendukung, aku harus mencari rezeki agar bisa memenuhi kebutuhan hidupku dan adikku yang masih berusia 5 tahun.

Aku dan adik tinggal di rumah berukuran 4×4 meter yang juga merupakan milik orang lain. Orang tua kami sudah lama meninggal dunia karena kecelakaan.

Secercah harapan akhirnya kudapatkan di tahun ketiga, aku dan adikku mendapatkan pembiayaan sekolah sampai lulus SMA dari lembaga pendidikan pemerintah.

Sejak saat itulah aku dan adikku mendapat banyak ilmu pengetahuan bermanfaat.

7. Cerpen Singkat tentang Pendidikan Sekolah: Si Kecil yang Gigih

Di bawah ini cerpen bertema pendidikan mengenai keinginan kuat untuk menggapai cita-cita.

Di sebuah desa terpencil, hiduplah seorang anak bernama Bunga. Ia berasal dari keluarga kurang mampu, namun bunga memiliki sifat gigih dan terus berusaha untuk mencapai cita-citanya.

Setiap hari, Bunga membantu ibunya berjualan di pasar. Ia juga menyempatkan diri untuk belajar di perpustakaan desa. Bunga sangat menyukai buku dan ia selalu bermimpi untuk menjadi seorang guru.

Pada suatu hari, Bunga mengikuti lomba pidato di sekolahnya. Ia menceritakan tentang mimpinya menjadi seorang guru. Ia pun berhasil memenangkan lomba tersebut.

Kemenangan Bunga ini memotivasi dirinya untuk belajar lebih giat lagi. Ia ingin mewujudkan mimpinya menjadi seorang guru.

Bunga lulus SMA dengan nilai yang memuaskan dan ia melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi.

Sesuai dengan keinginannya, Bunga pun kuliah di jurusan pendidikan guru sekolah dasar.

Setelah lulus kuliah, Bunga mengikuti tes seleksi guru PNS. Ia berhasil lulus tes tersebut dan ia ditempatkan di sebuah sekolah dasar di desanya. Bunga sangat senang dan bersyukur atas kesempatan ini.

Bunga mengajar dengan penuh semangat dan kasih sayang. Ia ingin menularkan ilmu pengetahuannya kepada anak-anak didiknya. Bunga juga ingin memotivasi anak-anak didiknya untuk selalu menggapai cita-citanya.

8. Cerpen tentang Pendidikan Pendek: Jendela Peluang

Berikut cerita pendidikan singkat tema mendapatkan beasiswa.

Budi adalah anak yang cerdas, namun ia berasal dari keluarga yang kurang mampu. Oleh karena itu, Budi tidak bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Setiap hari, Budi membantu sang Ayah untuk berjualan koran. Meski begitu, ia selalu rajin belajar di setiap kesempatan.

Pada suatu hari, Budi membaca buku tentang beasiswa untuk melanjutkan sekolah. Budi sangat tertarik dengan beasiswa tersebut, namun ia tidak yakin apakah dirinya bisa mendapatkannya.

Budi memutuskan untuk mencoba mendaftar beasiswa tersebut. Ia belajar dengan giat siang dan malam. Budi juga meminta bantuan kepada gurunya di perpustakaan desa untuk membimbingnya.

Setelah beberapa bulan, Budi mengikuti tes beasiswa tersebut. Hasilnya, Budi dinyatakan lulus dan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan sekolah ke jenjang SMA. Budi sangat senang dan bersyukur atas kesempatan ini.

Budi memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Ia belajar dengan giat dan tekun. Ia juga aktif mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Berkat kerja kerasnya, Budi berhasil lulus SMA dengan nilai yang memuaskan.

9. Judul Cerpen Pendidikan Anak Sekolah: Impian Bulan Menggapai Bintang

Berikut contoh cerpen literasi atau cerita pendidikan sekolah tentang meraih cita-cita.

contoh cerpen sekolah impian bulan menggapai bintang

10. Teks Cerpen Pendidikan Moral: Mimpi Risma

Berikut contoh cerpen sekolah yang bisa memotivasi.

cerpen tema pendidikan yang berkesan

11. Contoh Cerpen Singkat tentang Sekolah: Beasiswa ke Turki

Berikut cerpen tema pendidikan yang bisa menjadi referensi bahan renungan.

contoh cerpen pendidikan yang menarik

12. Cerpen Pendidikan yang Memotivasi: Persiapan Ujian

Berikut contoh teks cerpen pendidikan moral yang berkesan.

cerpen literasi tentang pendidikan

Tips Menulis Cerpen

Lalu, bagaimana cara menulis cerpen yang baik agar pembaca tertarik?

Menurut buku Cerpengram Metode Mudah & Menyenangkan Menulis Cerpen Bagi Pemula, cerpen dibuat tidak hanya sekadar untuk menarik pembaca saja, tetapi juga harus menyajikan pesan moral.

Nah, berikut beberapa cara menulis cerpen yang baik berdasarkan buku tersebut.

  • Tentukan nama dan profil tokoh terlebih dahulu.
  • Buatlah paragraf pembuka yang menarik.
  • Buat narasi yang mampu meningkatkan keingintahuan pembaca.
  • Pastikan kalimat penutup mampu memusakan hasrat pembaca.

***

Itulah berbagai cerpen tema pendidikan yang penuh motivasi dan pesan moral.

Ingin mengetahui informasi lainnya seputar gaya hidup hingga kabar properti? Simak selengkapnya di artikel.rumah123.com, ya!

Jangan lupa juga untuk mengikuti Google News kami agar tak ketinggalan berita terbaru.

Yuk, segera wujudkan kemudahan untuk memiliki rumah impian bersama Rumah123 dan dapatkan informasi terkait pengajuan KPR dengan mudah karena #SemuaADAdiSini!


Tag: , ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya