universitas terbaik di indonesia- rumah123.com Ilustrasi Mahasiswa dan Mahasiswi. Ada Enam Universitas Terbaik di Indonesia Yang Masuk Daftar Perguruan Tinggi Terbaik di Dunia. Potensi Bisnis Properti di Kawasan Pendidikan Masih Menjanjikan (Foto: Rumah123/Getty Images)

Enam universitas terbaik di Indonesia berhasil masuk peringkat The Times Higher Education. Seperti apa peluang bisnis properti di kawasan pendidikan?

The Times Higher Education kembali merilis Peringkat Universitas Dunia 2020. Daftar ini memasukkan hampir 1.400 universitas di 92 negara.

Jumlah universitas yang masuk peringkat bertambah dibandingkan pada 2018 lalu. Pada 2018, ada 1.250 perguruan tinggi.

Baca juga: BI: KPR Masih Menjadi Pilihan Utama Masyarakat dalam Membeli Properti

Situs berita online Kompas.com mengutip bahwa penilaian universitas terbaik ini berdasarkan 13 indikator kinerja. Semua ini meliputi empat hal utama yaitu pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional.

University of Oxford dari Inggris menempati posisi pertama untuk empat tahun beruntun. Beberapa perguruan tinggi terkemuka dari Amerika Serikat seperti Stanford, Harvard, dan Yale masuk dalam sepuluh besar.

Dua universitas China yaitu Tsinghua dan Peking berada di posisi 23 dan 24. Sejumlah perguruan tinggi China berhasil memperluas pengaruh dan kehadiran mereka di level dua.

Enam Universitas Terbaik di Indonesia

Ada enam universitas Indonesia yang masuk dalam daftar The Times Higher Education yaitu Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Universitas Indonesia atau UI menjadi satu-satunya perguruan tinggi Indonesia masuk daftar 601-800. Sisanya masuk dalam daftar 1000+.

UI yang memiliki kampus di Jakarta dan Depok memang menjadi favorit banyak pelajar. Kampus yang identik dengan jaket kuning ini memiliki banyak lulusan yang kemudian menjadi pejabat pemerintah, pengusaha, dan lainnya.

Baca juga: Transjakarta Akan Beroperasi di Kampus UI Mulai Agustus 2019

Institut Teknologi Bandung alias ITB adalah kampus teknik terbaik di Indonesia. Mendiang BJ Habibie adalah salah satu alumnus ITB. Alumnus ITB ternama lainnya adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Institut Pertanian Bogor atau IPB. Perguruan tinggi ini memiliki kekhususan di bidang pertanian. Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono meraih gelar S-3 dari IPB.

Universitas Brawijaya dikenal dengan nama UB, dulu dikenal dengan nama Unibraw. Pada 2019, universitas ini memiliki jumlah peminat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang terbanyak di Indonesia. Jumlah peminat mencapai 55.871 calon mahasiswa.

Baca juga: Apartemen Mahasiswa Rp200-400 Jutaan Dekat Kampus IPB, Bagusnya Emang Apa?

Universitas Gadjah Mada ngetop dengan singkatan UGM. Presiden Joko Widodo merupakan alumnus UGM. Begitu juga dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Terakhir ada Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya alias ITS. Seperti halnya ITB, ITS adalah segelintir institut terbaik khusus untuk bidang teknik.

Potensi Bisnis Properti di Kawasan Pendidikan

Ada tiga kawasan yang memiliki potensi penyewa paling tinggi yaitu kawasan pendidikan, kawasan bisnis, dan kawasan industri. Sekitar kampus UI, ITB, IPB, UB, UGM, dan ITS pastinya penuh dengan penyewaan kos atau rumah. Sekarang malah sudah beralih ke apartemen.

Selain itu, kampus UI, ITB, IPB, UB, UGM, dan ITS juga biasanya berdekatan dengan kampus universitas negeri dan swasta lainnya. Potensi bisnis properti pun terbilang besar.

Selain itu, bisnis properti lainnya yang punya peluang lainnya adalah kios dan ruko (rumah toko). Kalau ada kampus, biasanya ada bisnis rumah makan, laundry, foto kopi, dan lainnya.

Banyak mahasiswa dan mahasiswi merupakan pendatang. Mereka membutuhkan tempat tinggal, tempat makan, tempat nongkrong, tempat cuci pakaian, tempat foto kopi, dan masih banyak lagi. Jadi bagi kamu yang berencana untuk investasi properti, banyak opsi yang bisa dipilih.

Baca juga: Dikelilingi Kampus Ternama, Investasi di Apartemen Mahasiswi ini Bakal Untung Deh!

Bagikan: 782 kali