glass block lantai kaca Sumber: Ion Glass

Cara pasang glass block untuk lantai merupakan salah satu langkah yang sangat solutif untuk menghasilkan sebuah inspirasi rumah yang sangat menarik.

Pasalnya, arsitek maupun desainer interior tidak pernah kehabisan kreativitas dalam merancang dekorasi pada sebuah bangunan.

Salah satu aplikasi yang tepat dan terlihat sangat modern adalah cara pasang glass block.

Hal tersebut diyakini dapat menghasilkan unsur estetika dan fungsional pada sisi bangunan, khususnya pada sisi lantai rumah dan bangunan.

Lantas, seperti apa cara pasang glass block untuk lantai dengan baik untuk sebuah rumah maupun bangunan publik? Simak pembahasannya bersama-sama!

Mengetahui kekurangan glass block kaca terlebih dahulu

Kekurangan glass block kaca Sumber : bangun-rumah.com

Harus diakui jika penggunaan kaca memang akan berpengaruh secara signifikan terhadap visibilitas ruang yang lebih baik.

Keluasan ruang dengan komposisi kaca yang banyak akan menghasilkan bentuk yang luas, sehingga kamu bisa lebih leluasa di dalam rumah.

Meski demikian, ada beberapa kekurangan glass block kaca yang harus kamu ketahui, terlebih kaca merupakan salah satu barang yang bersifat pecah belah.

Oleh sebab itu, cara pasang glass block kaca perlu kamu cermati dengan baik supaya kaca tersebut tidak membahayakan penghuni rumah.

Perlu kamu ketahui, tidak semua jenis kaca bisa kamu pilih dalam merancang cara pasang glass block untuk lantai rumah, sehingga hal ini harus dicermati dengan baik.

Tata letak glass block yang baik 

Tata letak glass block Sumber : aprovert.com

Pada dasarnya, tingkat kesulitan memasang lantai kaca ini tergolong tinggi. Perlu ketelitian, kecermatan, dan ketepatan pemilihan material lantai kaca. 

Tidak semua jenis kaca bisa kamu gunakan sebagai cara memasang lantai kaca, bahkan harus kamu sesuaikan dengan ketebalan kaca tersebut untuk menghasilkan faktor keamanan yang tinggi.

Adapun, jenis kaca yang bisa kamu gunakan adalah kaca jenis tempered dengan ketebalan minimal 20 milimeter yang bisa dipergunakan untuk memasang lantai kaca.

Tak hanya sekadar mengetahui jenis kaca yang sesuai untuk permukaan lantai, kamu pun juga harus mempercayakan kepada penyedia jasa pemasangan lantai kaca yang profesional.

Perlu kamu ingat, kaca untuk lantai berbeda dengan kaca dinding atau kaca atap. Ada dua jenis kaca lantai yang populer yaitu laminated glasses dan glass block.

Penggunaan laminated glass terbilang aman karena, ketika lantai pecah potongan kaca tetap berada di dalam pembungkusnya sehingga tetap aman.

Sedangkan jenis glass block, merupakan lantai yang memiliki permukaan berpasir berkat sandblasted finish sehingga tidak terlalu licin dan silau.

Penerapan pemasangan lantai kaca biasanya diaplikasikan pada lantai dua, lantai tiga, dan seterusnya. 

Itu sebabnya pemasangan lantai kaca hanya boleh dilakukan di ruangan-ruangan yang bersifat publik seperti balkon, ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur. 

Cara pemasangan lantai kaca   

Cara pemasangan lantai kaca Sumber : rumahku.com

Karena sifat kaca yang mudah pecah dan membahayakan maka cara pemasangan glass block sebagai bagian dari cara memasang lantai kaca pun harus diperhatikan secara mendalam.

Perlakuan khusus tersebut ditujukan supaya kaca dapat berfungsi dengan baik, khususnya sebagai cara pemasangan lantai kaca, sebagai contoh untuk anak tangga.

Langkah pertama sebagai cara pasang glass block lantai kaca bisa kamu lakukan adalah membuat rangka-rangka penahan kaca sekuat mungkin.

Rangka-rangka tersebut berfungsi untuk dapat menyangga beban yang berat maupun penggunaan rangka yang menyerupai bujur sangkar.

Selanjutnya, proses pemasangan lantai kaca harus dilakukan sekuat mungkin dengan panjang dan lebar kisi-kisi maupun ketebalan kaca .

Supaya pemasangan menghasilkan cara pasang glass block terbaik, panjang kisi-kisi permukaan kaca dan penumpu tidak lebih dari 60 cm.

Jenis rangka juga menjadi prioritas dalam cara pasang glass block untuk lantai, yakni dengan menggunakan besi atau stainless steel.

Setelah memilih rangka berkualitas baik, antara besi dan rangkanya pun harus diberi karet yang berfungsi untuk peredam getaran.

Penggunaan karet tersebut bertujuan untuk mengurangi  gesekan langsung dengan rangka besi untuk mencegah keretakan atau pecah benturan.

Tak hanya mengetahui jenis rangka dan pemilihan kaca berkualitas tinggi, ada baiknya kamu juga menggunakan pelengkap anti slip.

Anti slip dalam lantai kaca bisa dibuat dengan menempelkan isolasi bertekstur kasar pada permukaan anak tangga supaya tidak tergelincir.

Dengan demikian, cara pasang glass block untuk anak tangga rumah pun akan lebih aman untuk digunakan untuk berpijak, khususnya bagi orang dewasa maupun si kecil.

Demikian beberapa langkah yang bisa kamu lakukan sebagai cara pasang glass block untuk lantai kaca rumah.

Temukan inspirasi menarik seputar tips dan trik properti, selengkapnya di Rumah123

"Yuk, cari tahu berbagai inspirasi rumah idaman bersama Jatiasih Central City di sini selengkapnya."
Bagikan:
6812 kali