Tertarik untuk memulai investasi dengan reksadana? Simak dulu cara investasi reksadana untuk pemula berikut biar untung dan anti buntung!

cara investasi reksadana

Dari beragam jenis investasi untuk pemula yang bisa kamu coba, reksa dana jadi pilihan yang banyak digemari oleh kalangan milenial. 

Cara investasi reksadana yang praktis cukup dengan menggunakan aplikasi di smartphone serta besaran modalnya yang dibutuhkan mulai dari Rp100 ribuan menjadi dua di antara berbagai alasan popularitas reksa dana semakin menanjak. 

Cara Investasi Reksadana 

Buat kamu yang tertarik untuk mencoba peruntungan dengan reksa dana, simak dulu panduan investasi terbaik berikut! 

1. Beli Secara Online 

Pembelian reksa dana bisa dilakukan secara online melalui platform aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store dan Apple App Store.  

Seiring dengan berkembangnya minat masyarakat akan dunia investasi, tak jarang juga ditemukan aplikasi bodong yang mencoba menawarkan paket saham ini dan itu sehingga kamu perlu waspada. 

2. Aplikasi Reksadana 

Supaya tidak tertipu, gunakanlah aplikasi reksadana yang sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan adalah: 

- Bibit

- Tanamduit 

- Ipot Go 

- Bareksa

- Buka Reksa 

- Ajaib

Mulai Cara Investasi Reksadana 

Setelah mengunduh aplikasi reksadana, langkah berikutnya adalah dengan mendaftarkan dirimu terlebih dahulu. 

Informasi yang dibutuhkan ketika pertama mendaftar adalah nama lengkap, tanggal lahir, alamat, jumlah dana yang akan digunakan untuk berinvestasi, serta foto diri dan KTP untuk verifikasi. 

Dalam kurun waktu beberapa hari datamu akan diproses untuk mendapatkan nomor single investor identification (SID) untuk masuk dan bisa bertransaksi di pasar modal Indonesia.  

  • Profil Risiko Reksadana 

Ketika pertama kali melakukan pembuatan profil, beberapa aplikasi akan memintamu untuk mengisi sederet pertanyaan yang berguna untuk menentukan jenis investasi serta pembagian modal supaya bisa membantumu mendapatkan untung yang lebih maksimal.

Isilah dengan jujur pertanyaan yang diberikan seputar pengetahuan dan tujuanmu melakukan investasi, kecenderungan menghadapi kondisi pasar, dan lainnya. 

Dengan demikian, sistem aplikasi bisa dengan tepat memetakan dan memberikan rekomendasikan jenis investasi reksadana yang paling tepat untuk kamu pilih.

Profil risiko ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu investor konservatif, moderat, dan agresif.

Cara investasi reksadana untuk kalangan pemula tentu biasanya jatuh pada kategori konservatif yang cenderung menghindari risiko. 

  • Memilih Jenis Reksadana 

Setelah melakukan pendaftaran dan mengenali profil risiko, cara investasi reksadana berikutnya adalah memilih jenis reksa dana yang cocok untukmu. 

Hingga saat ini, sudah ada empat jenis reksadana yang bisa dibeli oleh masyarakat umum yaitu reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham. 

Secara berurutan reksa dana pasar uang paling ideal untuk investor pemula untuk tujuan uji coba dengan jangka waktu pendek sekitar satu tahun. 

Untuk tujuan investasi jangka menengah dan panjang sekitar 3-5 tahun bisa memilih reksadana pendapatan tetap atau campuran.

Sementara para investor yang sudah berpengalaman dan memiliki target jangka panjang lebih dari 5 tahun bisa memilih saham yang memiliki potensi keuntungan lebih maksimal.  

Jangan hanya belajar cara investasi reksadana, pelajari juga tips suksesnya!

Disiplin Berinvestasi 

Agar tujuanmu untuk berinvestasi bisa tercapai, disiplin menyisihkan uang dari gaji setiap bulan adalah wajib untuk kamu lakukan. 

Buatlah pembagian gaji sekian persen yang wajib kamu sisihkan langsung per bulan untuk dialokasikan ke investasi. 

Untungnya, sudah banyak fitur pengingat otomatis dari aplikasi reksadana yang dapat membantumu untuk langsung mengirimkan dana dalam jumlah tertentu setiap tanggal yang dipilih supaya bisa masuk ke rekening investasi. 

Strategi ini bisa membantumu untuk lebih cepat mencapai tujuan dalam berinvestasi. 

Banyak Baca dan Belajar 

Cara investasi reksadana yang terakhir adalah dengan rutin meningkatkan kapasitas pengetahuan akan dunia saham, pasar uang, dan serba-serbi terkait perinvestasian. 

Bisa dengan mengikuti kelas khusus maupun sesederhana mengikuti akun media sosial yang membahas topik tentang dunia investasi. 

Temukan beragam informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terbaru di Soho at Podomoro City Apartment!

Bagikan:
1057 kali