Pandemi Covid-19 mengajarkan kita untuk giat berinvestasi. Buat para pemula, ini dia jenis investasi yang modal kecil yang menguntungkan!

jenis investasi

Ketidakpastian ekonomi di tengah pandemi COVID-19 ini bikin geger satu dunia, dari ufuk barat sampai ujung timur. 

Banyak yang mengeluh gajinya turun, pendapatan bisnis yang merosot tajam, bahkan malangnya sampai diputus sama si bos, alias kena lay off

Satu hal yang kemudian jadi pelajaran penting adalah dengan mengenal berbagai jenis investasi untuk jadi sumber pendapatan guna memastikan masa depan yang lebih cerah. 

Banyak yang bilang kalau belajar investasi itu sulit dan akhirnya tak sedikit yang memutuskan untuk tidak mencoba karena bingung harus mulai dari mana. 

Beruntungnya kamu sudah ada di tempat yang tepat, karena di sini kami bakal kasih tahu pilihan jenis investasi biar cuan terus mengalir. 

Jenis Investasi Terbaik yang Dapat Kamu Coba di 2020 

Berbagai jenis investasi punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhanmu. 

Apa saja investasi terbaik yang cocok untuk kamu lakukan di tahun 2020 ini? 

Mari dibaca dengan khidmat!

Reksadana

Siapa yang belum tahu apa itu reksadana? 

Pada dasarnya reksadana adalah sebuah wadah pengumpulan modal dan dana investasi dari masyarakat untuk kemudian dikelola oleh Manajer Investasi. 

Investasi reksadana terdiri dari reksadana pasar uang, reksadana saham, dan reksadana campuran. 

Tren jenis investasi reksadana adalah favorit generasi milenial atau pemula yang baru di dunia investasi karena resikonya lebih kecil serta tidak memerlukan modal besar.

Harga reksadana dari beberapa platform terbilang super terjangkau, ada yang bahkan bisa dimulai cukup dengan Rp10.000 saja. 

Baca juga: Koleksi 5 Motor Retro Klasik Termurah Ini di Rumah, Bisa untuk Investasi!

Saham 

Semakin tinggi risiko, maka semakin besar pulang return atau potensi penghasilan yang bisa didapatkan, beginilah pesona utama yang ditawarkan oleh jenis investasi saham. 

Jika kamu tertarik untuk mencoba terjun ke dunia saham maka harus mau meluangkan waktu lebih untuk mempelajari seluk-beluknya dengan seksama serta aktif mengikuti kegiatan tukar informasi guna mendapat update terbaru. 

Apalagi sekarang cara membeli saham sudah dipermudah melalui sistem online yang diakses kapanpun dengan proses yang lebih sederhana.  

Emas

Popularitas emas sebagai jenis investasi yang tak lekang oleh masa masih menggiurkan hingga saat ini. 

Meski kerap mengalami fluktuasi harga, nilai jual emas terbilang cukup stabil dan transaksinya yang sangat mudah dilakukan. 

Terlebih di era digital yang mana kamu bisa memulai menabung emas secara online lewat berbagai platform yang tersedia. 

Cukup memakai ponsel seluler kesayangan, kamu sudah bisa menabung emas online tanpa khawatir di mana harus menyimpannya. 

Tabungan Berjangka 

Produk investasi lainnya yang layak kamu jadikan sebagai investasi masa depan adalah melalui tabungan berjangka.

Masih bingung dengan apa itu tabungan berjangka? 

Tabungan berjangka adalah produk perbankan berupa simpanan khusus oleh nasabah yang memiliki tenor atau batas penyimpanan di bank selama kurun waktu tertentu seperti 12-24 bulan untuk mendapatkan bunga yang sudah ditetapkan. 

Uang yang sudah disimpan di tabungan berjangka tidak dapat diambil sepeser pun hingga jatuh tempo yang sudah disepakati bersama dengan hasil perhitungan bunga yang bisa diterima nasabah.  

Hampir setiap bank menyediakan tabungan berjangka dengan besaran bunga yang berbeda-beda. 

Barang-Barang Branded

Tahukah kamu jika harga tas branded seperti Channel atau Louis Vuitton selalu mengalami peningkatan dalam kurun waktu tertentu? 

Jenis investasi yang kerap dipilih oleh para sosialitas ini adalah dengan membeli barang-barang branded yang memiliki harga jual tinggi, jumlah terbatas, serta punya pangsa pasar yang terbatas. 

Contohnya saja harga sepeda Brompton edisi khusus yang dikeluarkan tahun 2016 di kisaran 40 juta bisa menyentuh angka hingga 100 juta atau dua kalinya jika diperjual belikan sekarang. 

Untuk menggeluti investasi ini memang diperlukan pengalaman yang cukup serta minat tinggi terhadap barang dan pasar untuk mendapatkan nilai jual yang menguntungkan.  

Peer-to-Peer Lending

Punya uang berlebih dan belum punya rencana mau diapakan? 

Dapatkan keuntungan berlipat dengan mencoba jenis investasi peer-to-peer lending

Model investasi ini pada dasarnya adalah pengumpulan dana dalam suatu wadah penyalur yang nantinya akan digunakan untuk keperluan bisnis atau usaha yang membutuhkan. 

Peer-to-peer lending menawarkan bunga yang kompetitif dengan mengacu pada besaran dana dari pemilik modal. 

Baca juga: Untuk Investasi, Lebih Baik Tanah Kavling atau Rumah Jadi?

Investasi Properti 

Bukan rahasia umum lagi kalau jenis investasi properti merupakan salah satu yang paling menggiurkan karena nilainya yang terus meningkat setiap tahun. 

Tidak tentunya mengingat lahan yang semakin terbatas, namun kebutuhan akan tempat tinggal terus melonjak, bahkan di tengah krisis ekonomi yang terjadi kini. 

Kamu dapat memilih berbagai jenis properti seperti rumah atau apartemen yang bisa dimiliki melalui sistem KPR lewat berbagai bank. 

Jika kamu tertarik untuk menjatuhkan pilihan ke investasi properti, pastikan untuk selalu update informasi terbaru di artikel.rumah123.com!

Semoga bermanfaat!

Bagikan:
4456 kali