erick thohir- rumah123.com Ilustrasi Tanah. Menteri BUMN Erick Thohir Memiliki Kekayaan Rp2,316 Triliun. Dia Juga Mempunyai Aset Berupa Tanah dan Bangunan di Sejumlah Daerah di Indonesia Senilai Rp242,54 Miliar (Foto: Rumah123/REA Adobe Experience Manager)

Para menteri telah menyerahkan laporan harta kekayaan negara. Berapa sih jumlah aset tanah dan properti milik Menteri BUMN Erick Thohir?

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah memastikan bahwa para menteri yang masuk dalam Kabinet Indonesia Maju sudah memberikan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN).

Salah satunya adalah Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Erick Thohir. Laman berita online Kompas.com mengutip harta kekayaan milik Erick dari situs elhkpn.kpk.go.id.

Baca juga: Rumah Baru Barack Obama Bertetangga dengan Pejabat AS dan Korps Diplomatik

Konglomerat muda ini memang memiliki harta sebanyak Rp2,316 triliun. Erick lebih tajir dibandingkan bos sekaligus pendiri Gojek Nadiem Makarim yang hanya memiliki kekayaan Rp1,2 triliun. Nadiem menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Kompas.com menyitir bahwa Erick memiliki 30 bidang tanah yang tersebar di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi), Badung (Bali), hingga Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Total aset dan properti ini mencapai Rp242,54 miliar.

Aset Properti Erick Thohir Didominasi Tanah dan Bangunan

Erick memiliki aset properti yang didominasi oleh tanah dan bangunan. Ada tanah yang merupakan hibah tanpa akta dan juga berstatus hibah dengan akta.

Luasnya juga bervariasi. Ada yang memiliki luas di bawah 100 meter, ada juga yang lebih dari 3.000 meter persegi. Harganya juga beragam. Ada yang berharga ratusan juta hingga puluhan miliar rupiah.

Aset tanah tersebut tersebar di Kota Depok, Bekasi, Tangerang, Bogor, dan Jakarta. Erick juga memiliki aset tanah di Pasuruan, Jawa Timur. Aset tanah lainnya di Badung dan Manggarai Barat.

Baca juga: Perpaduan Desain Barat dan Timur dalam Rumah Menlu AS

Sementara untuk aset rumah, Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin ini mempunyai sejumlah rumah di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.

Erick Thohir Pernah Memiliki Sejumlah Klub Olahraga

Sebelum terjun ke dunia politik, Erick merupakan pengusaha. Dia memiliki sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang media seperti surat kabar, radio, dan televisi.

Erick aktif dalam dunia olahraga seperti basket dan sepak bola. Dia memiliki klub di dalam dan luar negeri. Dia pernah menjadi Ketua Umum PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia), Presiden SEABA atau Asosiasi Bola Basket Seluruh Asia Tenggara, Ketua Kontingen Indonesia untuk Olimpiade 2012 London di Inggris.

Dia juga menjadi Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 Jakarta-Palembang dan Ketua Umum KOI (Komite Olimpiade Indonesia).

Baca juga: Saat Kecil, Bos Google Sundar Pichai Tidak Punya Kulkas di Rumah dan Tidur di Lantai

Erick memiliki saham di klub bola basket Satria Muda dan juga klub sepak bola Persib Bandung. Kemudian melebarkan sayapnya ke luar negeri.

Dia sempat memiliki saham klub bola basket ternama asal Amerika Serikat Philadelphia 76ers. Lantas dia memiliki klub sepak bola Amerika Serikat DC United hingga 2018.

Pada Oktober 2013, Erick membeli saham klub sepak bola asal Italia, Inter Milan. Dia bersama sejumlah rekannya membeli klub elit. Dia menjadi Presiden Direktur Inter Milan. Namun, Erick menjual sejumlah sahamnya pada Juni 2016.

Erick juga menjadi anggota dewan direktur klub sepak bola berskala kecil asal Inggris, Oxford United. Klub ini bermain di Divisi III Liga Inggris.

Baca juga: Sudah Tahu Kalau Indonesia Punya 6 Istana Presiden?

Bagikan:
3797 kali