istana presiden- rumah123.com Istana Bogor Merupakan Salah Satu dari Enam Istana Kepresidenan di Jakarta. Istana Bogor Dibangun Pada Masa Pemerintahan Penjajah Hindia Belanda. Gubernur Jenderal Hindia Belanda Lebih Suka Tinggal di Bogor Lantaran Hawanya yang Sejuk (Foto: Rumah123/Getty Images)

Indonesia memiliki enam istana presiden. Lima di antaranya merupakan peninggalan Belanda, sedangkan satu istana dibangun setelah Indonesia merdeka.

Indonesia merayakan kemerdekaan ke-74 pada Sabtu, 17 Agustus 2019. Dalam momen kemerdekaan, yuk cari tahu mengenai enam istana presiden yang ada di Indonesia.

Pertama, Istana Merdeka. Masyarakat Indonesia pastinya mengenal istana ini meski mungkin tidak pernah ke Jakarta. Istana menjadi tempat pelaksanaan upacara hari kemerdekaan yang diisi oleh penaikan bendera Merah Putih oleh pasukan pengibar bendara pusaka (Paskibraka).

Baca juga: Gara-gara Hantu, Presiden Brasil Kabur dari Istana!

Pemerintah penjajah Hindia Belanda membangun istana pada 1873. Istana ini diresmikan pada 1879 pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Johan Wilhelm van Lansberge.

Istana ini menjadi kediaman sejumlah Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Istana ini juga sempat menjadi tempat tinggal penguasa Jepang saat menjajah Indonesia.

Bangunan ini juga menjadi saksi bisu penandatanganan pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda pada 27 Desember 1949. Wakil Indonesia saat itu adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Baca juga: Tunangan dengan Pangeran Harry, Aktris Meghan Markle Bersiap Pindah Ke Istana Kerajaan

Setelah Indonesia merdeka, istana ini menjadi kantor dan tempat tinggal presiden. Namun, tidak semua presiden tinggal di sini.

Presiden Soekarno, Abdurrahman Wahid, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Joko Widodo tinggal di istana ini. Soeharto, B.J. Habibie, dan Megawati Soekarnoputri memilih tinggal di kediaman pribadi. Sebenarnya, SBY juga sering tinggal di kediaman pribadinya.

Kedua, Istana Negara. Sebenarnya, Istana Merdeka ini masih satu kompleks dengan Istana Negara. Istana Negara selesai dibangun pada 1804.

Baca juga: Istana Kerajaan Belanda Diubah Jadi Hotel, Siapa Mau Menginap di Sini?

Awalnya, istana ini merupakan kediaman pengusaha Belanda. Kebetulan kawasan sekitarnya saat itu merupakan area elit yang menjadi kediaman para pejabat dan pengusaha Hindia Belanda.

Istana ini menjadi kediaman para gubernur jenderal lantaran istana di Lapangan Banteng belum selesai dibangun. Sejatinya, para gubernur jenderal dan keluarga lebih suka tinggal di Bogor lantaran udara yang sejuk.

Istana Presiden yang Nyaman untuk Para Gubernur Jenderal Hindia Belanda

Ketiga, Istana Bogor. Istana ini pernah menjadi kediaman 38 Gubernur Jenderal Hindia Belanda dan 1 Gubernur Jenderal Inggris dalam kurun waktu 1870 hingga 1942.

Istana ini selesai dibangun pada Agustus 1744. Namun, istana mengalami beberapa kali renovasi lantaran pernah rusak berat.

Keempat, Istana Cipanas. Istana ini dibangun pada 1740. Sebenarnya, bangunan ini merupakan rumah milik pengusaha Belanda. Kemudian bangunan ini menjadi rumah peristirahatan para gubernur jenderal.

Istana Bogor dan Istana Cipanas pernah menjadi tempat penyelenggaraan pernikahan dua putra Presiden SBY. Pada zaman dulu, kedua istana ini menjadi tempat peristirahatan para gubernur jenderal dan keluarganya lantaran sejuk. Orang Eropa memang tidak tahan dengan cuaca panas di Asia.

Satu-satunya Istana Presiden yang Dibangun Setelah Indonesia Merdeka

Kelima, Gedung Agung. Alih fungsi bangunan juga terjadi pada istana presiden di Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Gedung Agung. Awalnya, bangunan ini merupakan kantor residen atau setingkat bupati. Istana ini dibangun pada 1824.

Keenam, Istana Tampaksiring. Istana ini menjadi satu-satunya istana presiden yang dibangun setelah Indonesia merdeka. Namun, kalau ibu kota pindah ke Kalimantan, Indonesia akan memiliki istana baru dan menjadi istana kedua yang dibangun setelah Indonesia merdeka.

Istana ini terletak di Gianyar, Bali. Presiden Soekarno memprakarsai pembangunan istana ini. Istana ini selesai dibangun pada 1963.

Baca juga: Priyanka Chopra dan Nick Jonas Menikah di Istana Umaid Bhawan yang Megah

Bagikan: 911 kali