Rumah tua yang sudah puluhan tahun tak dihuni bisa disulap menjadi hunian modern minimalis. Gak percaya? Ini dia buktinya!

rumah tua

Hunian sejak dulu memang memiliki ikatan emosional yang sangat tinggi bagi para keluarga.

Tak hanya ikatan emosional antara pasangan suami istri, namun juga bagi anak dan juga cucu sebagai tempat yang penuh kebersamaan. 

Umumnya, sebuah bangunan rumah tergolong sangat kokoh dengan rentang usia antara 10 sampai dengan 30 tahun.

Dengan rentang usia bangunan tersebut, wajar saja jika banyak sekali rumah tua di kota besar dalam kondisi yang selalu terawat.

Meski demikian, perawatan rumah tua pun harus menjadi perhatian penting supaya bangunan tersebut tetap dalam kondisi yang baik. 

Baru-baru ini ada sebuah rumah tua di Malaysia tepatnya di wilayah Bota, Perak ini bersolek menjadi sebuah rumah dua tingkat bernuansa art-deco yang sangat unik. 

Hasil transformasi dan renovasi rumah tua ini pun tergolong sangat mengejutkan banyak pihak, terlebih inspirasi desainnya yang amat sangat luar biasa. 

Ingin tahu inspirasi renovasi rumah tua yang sangat unik ini? Simak pembahasannya berikut ini. 

Sebelum renovasi rumah dilakukan, kondisi sangat tidak terawat

1. Rumah tua terbengkalai dan tidak terawat

rumah tua Sumber: Instagram.com/buatdesign

Sebelum terjadinya proses renovasi rumah secara besar-besaran, sepintas apa yang kita lihat selayaknya kondisi rumah yang amat sangat menyedihkan.

Menurut laman instagram @buatdesign, kondisi rumah dengan usia 30 tahunan ini tergolong sangat tidak terawat, mulai dari sisi bangunan luar rumah maupun bagian dalam interior rumah. 

2. Rumah tampak kusam dan tidak layak huni

rumah tua Sumber: Instagram.com/buatdesign

Dari sisi cat rumah hampir tidak ada hal yang bisa dipertahankan dengan baik, terlebih semua bagian tembok pun sudah luntur dan kusam. 

Tak hanya dari sisi cat rumah saja, rumah tua ini bahkan sudah terlihat ketinggalan zaman, sekalipun dari tetangga-tetangga rumah.

Meski demikian, sebenarnya gambaran rumah ini tergolong masih cukup kokoh namun renovasi rumah harus tetap dilakukan untuk menjaga nilai estetika rumah. 

Tak hanya dari sisi bangunan rumah, rumah dengan bentuk hook ini juga memiliki halaman yang sangat luas namun dalam kondisi yang tidak terawat.

Akibatnya, banyak sekali rumput liar yang terdapat pada halaman rumah dengan kondisi tidak terawat bahkan harus dirombak terlebih dahulu. 

Baca juga: Menyulap Rumah Subsidi Jadi Lapang dan Nyaman Ala Instagrammer @Rumanesia

3. Bagian dalam rumah yang kotor, namun bangunan tampak masih kokoh

rumah tua Sumber: Instagram.com/buatdesign

Saat memasuki interior rumah pun juga demikian, bahkan isi rumah pun dalam kondisi kosong dan tidak terawat.

Kondisi rumah ini pun dapat diasumsikan jika penghuni rumah pun sudah lama ditinggalkan, bahkan sangat terbengkalai.

Dapat disimpulkan jika kondisi rumah awal memang sudah selayaknya untuk direnovasi maupun dipugar kembali agar layak huni dan estetis. 

Hasil renovasi rumah tua yang sudah selesai dengan inspirasi yang sangat mengesankan 

1. Rumah minimalis monokrom

rumah tua Sumber: iproperty.com.my

Beberapa waktu berselang, tahapan demi tahapan renovasi rumah pun dilakukan untuk menjaga kualitas rumah yang lebih estetis dan layak huni. 

Tampak dari mulai bagian depan rumah terlihat jika desain rumah tua ini menjadi jauh lebih baik, bahkan selayaknya rumah baru dengan aksen monokrom yang simpel namun berkelas. 

Baca juga: Inspirasi Denah Rumah Minimalis Type 36 dengan 3 Kamar

2. Aksen kotak yang tegas

rumah tua Sumber: Instagram.com/buatdesign

Inspirasi rumah dengan desain modern minimalis ini pasti membuat banyak orang merasa takjub dan terpesona.

Mengingat aksen-aksen mengotak yang tegas terlihat dari segala sisinya.

Selain desain rumah yang terlihat sempurna, seluruh bagian dan attention to detail pun diperhatikan dengan baik agar tata ruang rumah dapat terisi dengan penuh. 

2. Desain nterior rumah serba putih dan mewah

rumah tua Sumber: Instagram.com/buatdesign

Eksterior rumah yang sangat unik juga berlanjut ke dalam interior rumah, pada bagian dalam rumah terasa jika inspirasi rumah minimalis menjadi tema utama di sini.

Penggunaan aksen furnitur-furnitur unik dengan perpaduan coklat dan kayu menghasilkan suasana rumah yang hangat dan nyaman. 

Tak hanya dari sisi eksterior dan interior rumah, pencahayaan dan sirkulasi udara juga diperhatikan sangat baik supaya udara luar dapat keluar masuk dengan mudah.

2. Hunian penuh jendela minimalis

rumah tua Sumber: Instagram.com/buatdesign

Untuk menghasilkan sirkulasi udara yang baik, rumah ini dilengkapi dengan banyak jendela yang berukuran besar dan bisa dibuka dengan mudah.

3. Dipenuhi tanaman hias

rumah tua Sumber: iproperty.com.my

Sirkulasi udara di rumah yang sangat baik pun juga ditunjang dengan banyaknya jumlah ruang terbuka yang ditanami oleh tanaman hias yang estetis. 

Rumah yang unik ini tidak hanya sekadar hasil renovasi rumah yang sangat indah, namun banyak hal-hal teknis dan detail yang diperhatikan dengan sangat baik.

Jika ditelaah dengan baik, inspirasi rumah ini pun bisa menjadi contoh untuk sebuah hunian di negara-negara tropis. 

Menghitung biaya jasa bongkar rumah untuk membuat rumah seperti ini

Untuk membangun rumah seperti inspirasi rumah minimalis diatas, rumah tua yang lama pun pastinya harus dibongkar terlebih dahulu, sekalipun harus dirobohkan. 

Meski demikian, pondasi rumah kerap diperhatikan oleh seorang arsitek apabila ingin membangun rumah dengan kondisi yang lebih baik lagi. 

Lantas, jika ingin membuat inspirasi rumah diatas bermodalkan bangunan tua, berapakah biaya jasa bongkar rumah yang harus dipersiapkan? 

Umumnya, biaya jasa bongkar rumah tua dalam satuan per m2 dalam kisaran mulai dari Rp35 ribu sampai dengan Rp60 ribu per m2. 

Selain dalam bentuk harga tersebut, penyedia jasa bongkar rumah pun juga mempunyai opsi borongan dimana semua puing-puing rumah lama pun juga bisa mereka beli. 

Jika kamu memilih opsi tersebut, estimasi harganya antara Rp5 juta sampai dengan Rp20 jutaan. 

Harga yang tertera diatas dapat mengalami penyesuaian sewaktu-waktu. 

Dapat disimpulkan jika sebuah rumah tua dapat direnovasi maupun dirombak ulang menjadi hunian yang baru, dengan suasana yang lebih kekinian.

Inspirasi rumah diatas pun bisa menjadi contoh untuk kamu yang sedang berencana membangun ulang rumah. 

Yuk, cari tahu inspirasi menarik dan unik seputar rumah, selengkapnya di artikel.rumah123.com.

Bagikan:
8319 kali